Blog

Tips Membuat Kemasan Yang Menarik, Kunci Pembeli Tertarik!

Tips Membuat Kemasan Yang Menarik

Tips Membuat Kemasan Yang Menarik, Kunci Pembeli Tertarik! – Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan termasuk dalam dunia bisnis, seperti pembuatan kemasan produk. Kemasan produk yang dulu hanya digunakan untuk melindungi produk yang dijual, saat ini telah berubah perannya dalam menentukan kelayakan produk yang dijual. Berikut adalah beberapa tips membuat kemasan yang menarik.

Apa Itu Kemasan Produk?

Secara umum kemasan produk dapat diartikan sebagai kemasan (cover) yang memiliki fungsi untuk mencegah atau meminimalisir kerusakan pada produk yang dikemas. Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa pengertian kemasan produk adalah bahan pengemas produk yang memiliki fungsi menyimpan, melindungi, mengidentifikasi bahkan mempromosikan produk.

Fungsi Kemasan Produk

Oleh karena itu, sebelum memahami tips membuat kemasan yang menarik, perlu dipahami terlebih dahulu fungsi dari kemasan produk itu sendiri. Berikut fungsi yang dimaksud:

1. Perlindungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama kemasan produk adalah untuk melindungi produk. Kemasan produk harus dapat menjaga keamanan produk dan melindunginya dari lingkungan luar. Kemasan tidak hanya melindungi produk dari kerusakan seperti terjatuh, tetapi juga melindungi produk dari hujan, sinar matahari, kotoran dan debu.

2. Penyimpanan

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah untuk menjaga isi kemasan selama penyimpanan. Untuk itu, kita perlu membuat kemasan yang melindungi produk dari debu, kotoran, dan lainnya selama penyimpanan.

3. Pendistribusian

Kemasan memiliki dampak besar pada efisiensi dan kecepatan distribusi produk. Fungsi kemasan produk ini membutuhkan pengemasan yang sederhana, efisien, mudah diangkat, dipindahkan, dan disimpan.

4. Penjualan

Saat membuat kemasan produk harus menjadi alat untuk promosi produk. Pada poin ini, kamu sebaiknya memberikan identitas visual pada produk kamu, misalnya dengan membuat desain kemasan yang menggambarkan usaha kamu.

5. Promosi

Promosi merek melalui kemasan produk merupakan fungsi penting dari kemasan. Kemasan harus dapat mempengaruhi keputusan pembelian secara positif. Kamu dapat mempromosikan produk kamu dengan warna, logo, ikon, dan deskripsi yang menarik untuk memengaruhi keputusan pembelian pelanggan kamu.

6. Informasi

Kemasan juga berfungsi untuk memasukkan berbagai informasi dan detail khusus produk. Kemasan produk yang baik harus dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan kamu. Informasi umum tentang kemasan meliputi ciri umum produk, bahan yang terkandung, nama dan alamat produsen, berat bersih, bahkan harga jual.

7. Identifikasi produk

Kemasan membantu mengidentifikasi produk yang artinya kemasan harus dapat membedakan produk dari produk pesaing. Kemasan juga merupakan identitas produk. Kemasan yang berbeda membuat produk lebih mudah diidentifikasi karena kemasan produk meningkatkan identitas dan citra produk itu sendiri. Nah, tentunya untuk meningkatkan brand image, kamu perlu memahami cara membuat kemasan produk yang bagus.

8. Kenyamanan

Kemasan membantu memberikan kemudahan kepada pengguna. Dalam hal pengemasan produk, produk harus mudah dibawa, dipindahkan, atau disimpan.

9. Jaminan

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa konsumen menerima kualitas produk yang mereka inginkan. Pengemasan produk harus memastikan bahwa produk dalam keadaan baik dan dapat digunakan atau dikonsumsi sesuai dengan harapan konsumen.

Baca Juga : 7 Contoh Kemasan Unik yang Dapat Menarik Calon Pembeli

Tips Membuat Kemasan Yang Menarik

Fungsi asli kemasan produk saat ini tidak hanya untuk melindungi produk, tetapi juga digunakan sebagai alat pemasaran untuk membangun citra merek dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha, kamu perlu mengetahui tips membuat kemasan yang menarik. Berikut beberapa tips membuat kemasan yang menarik untuk meningkatkan penjualan.

1. Perhatikan etika dan estetika

Tips membuat kemasan yang menarik tidak ada aturan baku untuk pembuatan kemasan produk. Etika dalam membuat kemasan juga dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat di wilayah tersebut. Oleh karena itu, dalam membuat kemasan produk harus disesuaikan dengan segmen pasar agar tidak menimbulkan kontroversi.

Estetika pengemasan erat kaitannya dengan keindahan dan kecantikan. Estetika disini dapat diekspresikan dalam bentuk citra visual yang dapat dibangun melalui pilihan bentuk kemasan, pilihan warna, desain grafis, penggunaan font, cara pengemasan, dan lain-lain. Kemasan yang menarik menjadikan kualitas dan citra produk lebih menarik dan optimal.

2. Harga ekonomis

Tips membuat kemasan yang menarik selanjutnya dengan memperhatikan biaya kemasan. Kemasan produk yang ekonomis diperlukan untuk memungkinkan perhitungan biaya produksi yang lebih baik saat memilih bahan, sehingga biaya tidak melebihi proporsi pendapatan.

Kamu dapat menggunakan Kemasan Makanan dan Paper Cup dari irppapercup.com untuk segala kebutuhan bisnis kamu. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menentukan model kemasan produk supaya bisa menekan biaya.

3. Kemasan ramah lingkungan

Tips membuat kemasan yang menarik berikutnya adalah menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Aspek lingkungan juga sangat penting dalam produksi kemasan produk. Hal ini sejalan dengan meningkatnya polusi yang disebabkan oleh kemasan yang diproduksi, seperti sampah yang sulit terurai. Untuk mendukung kebersihan dan kesehatan lingkungan, gunakan kemasan ramah lingkungan yang umumnya dapat didaur ulang atau digunakan kembali.

4. Gunakan kemasan yang berwarna

Tips membuat kemasan yang menarik dan sangat penting yaitu pemilihan desain. Desain kemasan produk perlu dibuat menarik dan unik dengan pilihan warna yang cerah dan variatif. Langkah awalnya dengan memperhatikan kemasan para pesaing kamu.

Identifikasi warna yang biasa mereka gunakan dan cari warna lain yang dapat membedakan produk kamu dengan produk mereka. Warna-warna cerah biasanya terlihat lebih menonjol di etalase toko atau di rak toko sehingga membuatnya terlihat cerah dan berbeda.

5. Tambahkan informasi penting dengan font yang unik dan menarik

Setelah kamu menentukan warna kemasan produk, kamu perlu memikirkan informasi apa yang ingin kamu sertakan pada kemasan produk. Karena informasi ini juga sangat penting bagi konsumen. Pastikan informasi kamu singkat dan padat, serta gunakan font yang unik dan menarik untuk membantu konsumen memahami informasi kamu tanpa mengabaikan keunikannya.

Baca Juga : Contoh Kemasan Ayam Bakar, Persiapkan Desain Untuk Bersaing Dipasaran

6. Gunakan gambar yang menarik

Saat ini, banyak orang lebih mudah memahami pesan brand yang menekankan visual. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan gambar yang menarik pada kemasan produk. Gambar pada kemasan produk tidak harus berupa gambar yang berhubungan langsung dengan produk. Kamu bisa menggunakan gambar kartun atau gambar lucu lainnya yang secara tidak langsung mewakili produk.

7. Tambahkan informasi legalitas

Khusus untuk produk makanan dan minuman, konsumen biasanya lebih tertarik untuk membeli produk setelah legalitas produk diakui. Tambahkan data legalitas dari pemerintah saat pembuatan kemasan produk untuk meningkatkan keaslian produk. Data tersebut berupa logo halal, legalitas BPOM, dinas kesehatan, dll.

Itulah beberapa seputar informasi tentang kemasan produk dan tips membuat kemasan yang menarik. Jika kamu memiliki produk makanan dan minuman untuk dijual, terutama produk UMKM, jangan lupa untuk mengingat semua detail informasi di atas!

Related Posts

Tinggalkan Balasan