Blog

9 Jenis Minuman Kopi Kekinian

Jenis Minuman Kopi

9 Jenis Minuman Kopi Kekinian – Saat ini semakin banyak orang yang beralih ke bisnis kedai kopi terutama yang memiliki modal terbatas. Landasan terpenting untuk memulai bisnis kedai kopi adalah menggunakan kemasan berkualitas dengan membuat desain kekinian untuk menarik calon konsumen. Kamu bisa mendapatkan beragam perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan usaha kedai kopi hanya di Irppapercup.com

Jenis Jenis Minuman Kopi Berdasarkan Tekniknya

Sebagai seorang barista, penting untuk mengetahui jenis minuman kopi yang biasa disajikan di kedai kopi. Secara umum, kedai kopi kini menawarkan dua jenis minuman kopi yaitu kopi hitam yang diseduh tanpa tambahan susu atau pemanis.

Satunya lagi adalah kopi espresso yang disajikan dengan susu, kental manis, atau syrup untuk penambah rasa. Pada artikel kali ini, kamu akan mempelajari jenis-jenis minuman kopi dengan teknik seduhnya.

1. Jenis Minuman Kopi dengan Teknik Manual Brew

Manual brew atau penyeduhan manual dikenal lebih dulu dalam dunia seduh kopi. Teknik ini tidak menggunakan bahan tambahan apapun dan hanya menggunakan air panas sebagai pelarut bubuk kopi.

Teknik manual brew terbagi menjadi dua bagian yaitu immersion (bubuk kopi yang dibiarkan bersentuhan langsung dengan air panas selama beberapa menit). Cara lain menikmati kopi dengan teknik manual brew adalah pour over atau teknik yang membatasi waktu kontak antara bubuk kopi dengan air panas.

Barista harus bisa mengekstrak bubuk kopi dengan alat yang tepat agar bisa membuat kopi yang nikmat. Setiap pelatihan online atau offline yang kamu hadiri memiliki kelas tentang cara menggunakan alat seperti V60, Siphon, dan Chemex.

2. Jenis Minuman Kopi Dengan Mesin/Espresso Based

Sebagai pemilik kedai kopi, wajar jika ingin membuat kopi yang bisa dinikmati banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara menggunakan mesin pembuat kopi. Seduhan yang pada umumnya disebut espresso based, ditambahkan berbagai macam sirup dan pemanis untuk menciptakan menu kekinian.

Jenis Jenis Minuman Kopi yang Wajib Di Ketahui

Beberapa jenis minuman kopi yang diseduh dari mesin kopi dikelompokkan dengan rapi ke dalam artikel ini, berikut beberapa jenis minuman kopi yang perlu diketahui baik oleh barista pemula maupun pemilik kedai kopi.

1. Espresso

Jenis minuman kopi espresso sering dijadikan sebagai aneka olahan minuman kopi, dan banyak orang yang meminumnya secara langsung. Jenis minuman kopi ini memiliki tekstur yang kental, berwarna hitam pekat dan rasanya pahit.

2. Cappuccino

Jenis minuman kopi cappuccino menggunakan campuran espresso dan susu. Kamu perlu mengetahui rasio perbandingan espresso dengan susu untuk mengubah rasa dan namanya menjadi cafe latte, flat white, dan lain-lain.

3. Iced Coffee

Jenis minuman kopi yang satu ini paling banyak ditemukan di kedai kopi kekinian, biasanya dibuat berbahan dasar espresso, dengan tambahan sirup atau pemanis buatan lainnya dan ditambahkan es untuk menambah kenikmatan. Tersedia berbagai menu untuk jenis minuman kopi ini, bahkan kamu bisa membuat menu sendiri dan menjadikannya signature kedai kopi kamu.

4. Latte

Jenis minuman kopi latte sangat populer seperti americano dan sejenisnya. Jenis minuman kopi ini biasanya terdapat ciri khas dengan busa yang sedikit. Perpaduan antara espresso dan steamed milk membuat jenis minuman kopi ini sangat nikmat untuk dinikmati.

5. Americano

Jenis minuman kopi americano sangat mirip dengan kopi hitam yang terdiri dari espresso dan air panas. Sangat mudah untuk membuatnya sama seperti membuat kopi hitam. Cara membuat jenis minuman kopi ini bisa dilakukan di rumah dan hanya membutuhkan bahan sederhana saja.

Baca Juga : Contoh Kemasan Tahu Crispy

6. Black Coffee

Setiap orang pasti pernah mencoba jenis minuman kopi ini. Kopi hitam atau black coffee merupakan kopi yang biasa dikonsumsi oleh banyak kalangan, baik remaja maupun orang dewasa. Ciri khas dari black coffe adalah memiliki rasa yang pahit, cara membuatnya juga sangat mudah dengan air panas dan bubuk kopi.

7. Macchiato

Macchiato merupakan jenis minuman kopi dengan busa yang lebih sedikit diatasnya, mirip dengan latte perbedaannya terletak pada jumlah busanya.

8. Cortado

Jenis minuman kopi cortado merupakan kombinasi antara espresso dan steamed milk. Adanya campuran steamed milk membantu mengurangi rasa asam pada cortado.

9. Flat White

Bagi kebanyakan orang, mendengar jenis minuman kopi ini mungkin cukup asing. Kopi flat white merupakan perpaduan antara cappucino tanpa foam dan taburan cokelat yang berasal dari Australia dan Selandia Baru.

Baca Juga : Kemasan Paper Bowl, Populer dan Banyak Digunakan

Nah, itu tadi beberapa jenis minuman kopi kekinian yang perlu kamu ketahui sebagai pengetahuan dasar untuk menjadi seorang barista atau ingin membuka kedai kopi kekinian. Yuk dapatkan beragam perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan usaha kedai kopi hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan