Blog

Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik dan Cara Menentukan Desain

Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik

Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik dan Cara Menentukan Desain – Saat ini banyak sekali contoh kemasan minuman yang menarik dan juga sangat modern. Desain kemasan yang unik memang menjadi strategi untuk menarik lebih banyak konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan bisnis minuman semakin ketat.

Kemasan merupakan unsur pendukung yang paling efektif dalam pemasaran produk minuman. Keingintahuan konsumen secara alami dipicu oleh kemasan minuman yang menarik. Ada tipe konsumen yang tidak peduli dengan rasa atau kualitas minumannya.

Sebagian besar bisnis minuman masih dalam skala rumahan ataupun menengah. Salah satu pemicunya yaitu situasi pandemi. Beberapa orang bahkan mencoba dengan membuka usaha minuman di rumah yang menjual jus, kopi, boba, dan lainnya.

Jika kamu juga sedang memulai bisnis minuman serupa, sebaiknya pelajari juga cara mengemas produk tersebut. Tidak hanya lebih efisien bagi konsumen, tetapi setidaknya meningkatkan value dan nilai jual dari produk kamu. Berikut beberapa tips dan contoh kemasan minuman yang menarik. Siapa tahu berguna atau bisa menjadi referensi untuk bisnis kamu.

Cara Menentukan Desain Kemasan Produk Minuman

Desain produk minuman sebenarnya sedikit berbeda dengan makanan. Produk minuman bersifat sederhana. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kemasan minuman. Berikut cara menentukan desain kemasan produk minuman dan contoh kemasan minuman yang menarik.

1. Simpel

Contoh kemasan minuman yang menarik adalah dengan membuat desain yang simpel. Hindari desain yang rumit dan terlalu banyak teks. Pada dasarnya kemasan minuman biasanya lebih sederhana. Keunggulan produk minuman terletak pada bentuk produk itu sendiri. Kemasan yang terlalu berlebihan akan mengurangi penampilan produk minuman tersebut. Pertahankan desain sesimpel mungkin agar konsumen tidak perlu membaca banyak informasi agar bisa fokus pada satu hal.

2. Mudah Terbaca

Contoh kemasan minuman yang menarik selanjutnya adalah mudah terbaca. Pastikan desain dan label kemasan kamu dapat dibaca. Hanya butuh 4-5 detik bagi konsumen untuk melihat seluruh kemasan. Selebihnya konsumen tidak terlalu memperhatikan detail kemasan dan langsung mengonsumsi minuman. Hindari memilih font yang sulit dibaca. Kurangi penggunaan ornamen dan ilustrasi yang kurang relevan dengan branding produk minuman.

3. Tampilkan Logo Brand

Salah satu contoh kemasan minuman yang menarik adalah dengan menampilkan logo brand. Logo brand sudah cukup untuk mewakili value dari minuman yang kamu jual. Tidak memerlukan banyak desain yang rumit, dengan begitu konsumen akan lebih tertarik untuk membeli ketika mereka sudah familiar dengan logo brand tersebut.

4. Sesuaikan Desain dengan Target Pasar

Kebutuhan konsumen anak muda jelas berbeda dengan kebutuhan orang tua. Salah satu triknya adalah menawarkan apa yang disukai atau yang sedang tren pada saat itu. Misalnya, anak muda zaman sekarang menyukai kutipan pendek yang berhubungan dengan kehidupan mereka. Jadi cobalah membuat copywriting pada kemasan untuk membuat produk lebih menarik di mata konsumen.

Baca Juga : Desain Kemasan Produk Donat, Pahami Sebelum Membuat Desain!

Jenis Kemasan Minuman

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui jenis kemasan minuman apa saja yang biasanya beredar di pasaran. Wadah minuman dibagi menjadi dua jenis, gelas kertas dan gelas plastik. Berikut penjelasannya.

1. Paper Cup

Produk yang menggunakan paper cup yaitu minuman dingin dan minuman panas. Desain kemasan paper cup lebih beragam dibandingkan dengan plastic cup. Kemasan paper cup lebih ringan, nyaman, dan mudah dibawa konsumen ke mana saja. Karena tidak transparan, konsumen tidak bisa langsung melihat isi produk.

2. Plastic Cup

Karena sifatnya yang transparan, warna dan bentuk minumannya bisa terlihat dari luar. Produk minuman yang menggunakan kemasan plastik antara lain kopi, teh, boba dan lain-lain. Terdapat dua kegunaan gelas plastik. Yang pertama adalah model lid cup yang menggunakan sealer untuk menutup minuman. Yang kedua adalah model penutup manual yang sering terlihat di kedai-kedai minuman.

Inspirasi Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik

Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik - 2

Kemasan paper cup dan plastic cup dapat dibuat dengan desain yang sama. Perbedaannya ada pada pemilihan warna. Kemasan ini menjadi referensi untuk desain minimalis. Contoh kemasan minuman yang menarik ini menggunakan logo brand sebagai desain produknya. Sederhana, tapi sangat berkesan untuk konsumen.

Baca Juga : Contoh Stiker Label Minuman Untuk Inspirasi Bisnismu

Contoh kemasan minuman yang menarik juga bisa kamu buat dua sisi, seperti pada contoh ini. Nama brand dan logo di bagian depan. Pada bagian belakang terdapat copywriting yang menarik . Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menarik hati anak muda. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan