Blog

Desain Kemasan Produk Donat, Pahami Sebelum Membuat Desain!

Desain Kemasan Produk Donat

Desain Kemasan Produk Donat, Pahami Sebelum Membuat Desain! – Mengenal desain kemasan produk donat sangatlah penting bagi seorang pengusaha pemula. Ada hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha. Terutama, mengetahui jenis dan ukuran box kemasannya.

Bisnis makanan ringan dan berat saat ini sedang booming bahkan bisnis makanan tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada kreasi baru dari produk makanan yang berbeda setiap harinya. Tak heran jika banyak orang yang mencoba terjun ke dunia kuliner.

Salah satu makanan yang terus berkembang dan menjadi pilihan pemilik usaha makanan adalah donat. Makanan ini menjadi pilihan pengusaha karena merupakan salah satu makanan yang lebih mudah diolah dan dikembangkan. Dengan banyaknya pecinta donat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Modal usaha yang relatif kecil membuat usaha ini menjadi pilihan banyak pengusaha. Kini dengan berkembangnya usaha donat, semakin banyak permintaan desain kemasan produk donat untuk mengemas makanan tersebut. Berbagai ukuran dan jenis box donat bermunculan.

Beberapa pengusaha pemula yang ingin membuka usaha ini agak kesulitan menentukan ukuran dan jenis box kemasan yang tepat untuk membungkus donat mereka. Kemasan box donat yang sederhana adalah pilihan yang tepat. Variasi desain kemasan produk donat yang unik dan menarik perlu ditambahkan untuk mempercantik tampilan. Berikut adalah berbagai jenis box kertas donat yang dapat kamu gunakan untuk memilih kemasan produk kamu.

Desain Kemasan Produk Donat, Ketahui Jenis dan Tipsnya

1. Jenis Kemasan Box Donat Yang Bisa Kamu Coba

  • Kertas Duplex

Box kemasan jenis ini dengan bahan kertas duplex adalah salah satu jenis kertas karton yang paling populer di pasaran. Ketebalan kertas ini bisa disesuaikan dengan penggunaan. Jenis kertas dupleks adalah 230-450 GSM. Ketebalan kertas tersebut juga membuatnya cocok untuk mengemas produk yang gampang rusak.

Selain itu, kertas ini dapat dengan mudah dibentuk menjadi apapun. Umumnya kertas ini aman dan sudah food grade, sehingga digunakan untuk membungkus berbagai makanan cepat saji.

  • Ivory

Jenis kemasan box kertas ivory adalah gabungan dari art carton dan matt paper. Ketebalannya mencapai 260-350gr. Kemasan ini juga memiliki lapisan laminasi yang mengkilap, sedangkan bagian lainnya memiliki tekstur doff. Permukaan kertas laminasi yang mengkilap membuat gambar dan teks yang dicetak terlihat lebih cerah, lebih menarik, dan lebih tajam.

Kemasan box kertas ivory ini banyak digunakan dalam kemasan makanan karena aman dan memenuhi standar food grade. Keunggulan kemasan jenis ini adalah tebal dan kokoh, gramasi kertas variatif, dan tampilannya sederhana namun elegan.

  • Yellow Board

Kotak kemasan jenis ini terbuat dari karton yang cukup tebal. Kertas ini tidak dapat dicetak pada mesin cetak offset. Melainkan menggunakan lapisan kertas linen. Bahan ini terlihat cukup kokoh dan kuat. Oleh karena itu, kemasan ini dianggap aman untuk berbagai jenis makanan yang mudah rusak.

  • Art Paper

Kemasan box ini adalah kemasan dengan kertas berbahasn lapisan coated. Permukaannya cukup rata dengan efek glossy. Beberapa kemasan makanan menggunakan bahan kemasan kertas ini. Ketebalannya mencapai 100-150g, sehingga cocok untuk kemasan produk.

Baca Juga : 5 Contoh Desain Kemasan Simple

2. Tips Memilih Kemasan Box Donat

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jenis kemasan untuk bisnis kamu. Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan.

  • Sesuaikan Ukuran Produk Dengan Kemasan

Ukuran kemasan kamu harus sesuai dengan produk sehingga kemasan kamu tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Tentunya jika kemasan yang kamu gunakan berukuran besar dan isi produknya terlalu kecil akan terlihat sedikit aneh, sehingga desain kemasan produk donat menjadi tidak menarik di mata konsumen.

Pastikan saja ukurannya sedikit longgar sehingga masih memiliki ruang kosong untuk menghindari kerusakan akibat kepenuhan. Dalam hal ini tentunya memikirkan ukuran kemasan dari segi jumlah produk yang akan kamu masukkan ke dalam kemasan.

  • Pilihlah Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Memilih jenis kemasan yang sesuai dengan kebutuhan produk sangatlah penting. Jika tidak sesuai maka fungsinya akan hilang. Saat mengemas donat dalam jumlah banyak, pastikan box donat tertutup untuk menghindari kontaminasi dari sinar matahari langsung dan partikel lain.

  • Menentukan Material Yang Tepat

Kamu perlu menentukan material yang tepat karena sangat rentan terhadap masalah keamanan makanan. Jika produk yang kamu jual membutuhkan perlindungan dengan bahan yang tebal dan tahan lama, carilah bahan yang dapat menahan produk tersebut.

  • Pilih Jenis Bahan Kemasan Yang Ramah Lingkungan

Hal ini harus diperhatikan saat memilih kemasan ramah lingkungan. Tentu saja, bahan kemasan box tersebut dapat didaur ulang. Meski kamu harus memilih bahan yang kuat dan kokoh untuk mengemas produk. Namun kamu juga harus memastikan bahwa bahan yang kamu gunakan ramah lingkungan.

Kemasan kertas dianggap cukup aman karena mudah terurai di dalam tanah. Pastikan bahan kemasan yang kamu pilih tidak mencemari lingkungan. Tidak cukup hanya memilih jenis kemasan, bahan dan ukuran, tentunya ada hal lain yang juga penting. Apakah itu?

Kemasan box polos terkesan kurang menarik dan konsumen enggan untuk membeli. Walaupun harganya cukup tinggi, konsumen tetap akan membeli produk tersebut karena desain kemasan produk donat yang begitu menarik dan didesain dengan baik. Tentu saja, desain kemasan produk donat bukan hanya tentang nama dan logo. Namun desain yang menarik juga dapat membantu meningkatkan nilai jual produk.

Baca Juga : Contoh Kemasan Minuman Yang Menarik dan Cara Menentukan Desain

3. Tips Memilih Desain Kemasan Box Donat

  • Pilih desain kemasan produk donat yang simpel dan elegan

Desain kemasan produk donat yang terlalu berlebihan terlihat sangat tidak menarik dan tentunya membosankan. Faktanya, pembeli lebih menyukai desain kemasan produk donat yang dirancang unik daripada desain kemasan yang sudah ada di pasaran. Gaya desain yang simpel dan menarik adalah pilihan yang tepat.

  • Sesuaikan dengan usaha

Pilih desain yang sesuai dengan bisnis. Saat kamu menjual donat, tentu kamu memilih desain dengan nuansa atau desain yang sesuai dengan produknya bukan? Tentu saja. Oleh karena itu, kamu harus memilih gambar dan mencocokkannya dengan produk bisnis.

  • Menggunakan slogan

Cara lain untuk memilih desain kemasan produk donat adalah dengan menambahkan slogan. Cara ini membantu meningkatkan target pasar dan promosi. Apakah kamu sering melihat produk yang menyisipkan slogan? Metode ini efektif dalam membuat desain terlihat lebih menarik. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan