Blog

Tips Desain Kemasan Produk Kreatif

Desain Kemasan Produk Kreatif

Tips Desain Kemasan Produk Kreatif – Percayakah kamu jika desain kemasan produk akan menjadi kesan pertama pembeli terhadap produk yang kamu jual? Saat ini, calon konsumen tertarik untuk membeli produk berdasarkan desain kemasan produk kreatif. Desain kemasan produk makanan adalah salah satunya.

Pembeli biasanya melihat kualitas desain yang digunakan untuk kemasan makanan. Tidak hanya desain kemasan makanan berat saja tetapi juga desain kemasan untuk makanan ringan. Kamu perlu mempelajari tentang pentingnya desain kemasan produk kreatif di bawah ini dan beberapa contohnya sebagai inspirasi bisnis kamu.

Apa Itu Desain Kemasan Produk?

Pada dasarnya kemasan produk adalah sebuah wadah atau pembungkus yang dirancang untuk mencegah atau meminimalisir kerusakan pada produk yang dikemas. Selain itu, kemasan produk juga berfungsi sebagai bahan promosi produk tersebut.

Saat ini, sudah banyak usaha di bidang kuliner menggunakan desain kemasan produk kreatif untuk mempromosikan produknya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembeli.

Bahkan saat ini, kebanyakan masyarakat memutuskan untuk membeli produk berdasarkan desain kemasannya. Jika bisnis kamu bergerak di bidang F&B, kamu perlu membuat desain kemasan yang menarik untuk makanan kamu.

Jika kamu dapat membuat desain kemasan produk kreatif dan menarik, akan memberikan nilai tambah di mata pembeli. Hal ini karena masyarakat menggunakan sekitar 80% indera penglihatan mereka sebelum membuat keputusan pembelian.

Mengapa Desain Kemasan Produk itu Penting?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manusia lebih banyak menggunakan indera penglihatannya. Nah, sebelum memutuskan untuk membuat sketsa kemasan produk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti unsur grafis untuk desain kemasan produk kreatif, meliputi warna, bentuk, merek, ilustrasi, huruf dan tata letak visual.

Bagi kamu yang ingin membuat desain kemasan makanan, ada dua hal yang harus menjadi daya tarik utama sebuah kemasan makanan, yaitu daya tarik visual atau estetika dan daya tarik praktis atau fungsional. Hampir semua kemasan makanan kekinian memadukan kedua unsur ini. Fungsi utama dari desain kemasan produk kreatif sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesadaran merek dan kualitas produk, baik dari pelanggan lama dan baru
  • Berisi informasi tentang merek bisnis, jenis produk, label produk, informasi gizi, dan lainnya untuk membantu strategi pemasaran
  • Menjaga kualitas produk

Faktor yang Menentukan Desain Kemasan Produk Makanan

Sebelum membuat desain kemasan produk kreatif, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Rincian dari faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Faktor Pengaman dan Ekonomi

Faktor pertama yaitu faktor pengaman dan ekonomi. Desain kemasan produk kreatif harus mampu melindungi isi atau produk di dalamnya dari berbagai kerusakan. Selain itu, kamu juga perlu menghitung biaya produksi ketika membuat desain kemasan produk kreatif. Tujuannya supaya biaya yang dikeluarkan tidak melebihi proporsi manfaatnya.

2. Faktor Pendistribusian dan Komunikasi

Kemasan yang mudah untuk didistribusikan artinya kemasan produk masih dalam keadaan baik sejak produk dikirim dari pabrik atau produsen hingga sampai ke tangan pelanggan.

Faktor komunikasi juga dapat menunjukkan bagaimana isi produk dan citra dari merek perusahaan dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli. Desain kemasan produk kreatif harus mudah dilihat, dipahami, dan mengesankan kepada calon konsumen.

3. Faktor Ergonomi dan Estetika

Faktor ergonomi juga harus diperhatikan ketika membuat desain kemasan produk kreatif. Hal ini bertujuan supaya pelanggan bisa dengan mudah membawa, membuka dan mengambil kemasan produk.

Faktor estetika dalam membuat desain kemasan produk kreatif adalah untuk daya tarik visual dan menarik perhatian pelanggan secara efektif dan optimal.

4. Faktor Identitas dan Promosi

Desain kemasan produk kreatif harus menjadi identitas bisnis kamu. Hal ini bertujuan supaya produk mudah dikenali oleh pelanggan. Desain kemasan produk kreatif berperan penting dalam mempromosikan bisnis kamu, cara ini disebut dengan silent sales person.

5. Faktor lingkungan

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah lingkungan. Desain kemasan produk kreatif harus dipastikan ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dan dapat digunakan kembali. Karena bertujuan untuk mengurangi polusi yang diakibatkan oleh penumpukan limbah kemasan makanan.

Baca Juga : 6 Contoh Kemasan Produk Dari Kardus

Tips Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif

Setelah kamu memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi dalam pembuatan desain kemasan produk, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana desain kemasan produk dibuat.

Jika kamu tidak ingin repot membuat desain kemasan produk kreatif, kamu dapat mencari dan menggunakan template desain kemasan yang ada di internet. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat desain kemasan produk kreatif.

1. Desain yang Sederhana

Tips pertama adalah dengan menggunakan desain yang sederhana. Desain kemasan produk tidak selalu harus menarik dan heboh. Kamu bisa membuat kemasan makanan dengan desain yang sederhana.

Buat sketsa kemasan produk dengan desain sederhana yang memiliki daya tarik visual. Jangan lupakan konsep unik walaupun kerangka kemasan yang kamu buat memiliki desain yang sederhana

2. Warna yang Cerah dan Bervariasi

Tips selanjutnya dimaksudkan untuk mendukung tips yang pertama. Jika kamu menginginkan desain kemasan yang unik untuk makanan, gunakan warna yang cerah dan berbeda.

Bandingkan dan teliti produk pesaing untuk membuat kerangka desain kemasan produk kreatif. Mengapa memilih warna-warna cerah? Warna cerah pada kemasan nakanan diyakini mampu menarik perhatian pembeli saat dipajang di etalase toko.

3. Foto yang menarik

Tahukah kamu bahwa kebanyakan orang Indonesia menyukai gambar yang menarik? Jadi gambar yang menarik dapat dimasukkan ke dalam desain kemasan produk kreatif.

Gambar yang digunakan untuk desain kemasan tidak harus berhubungan dengan produk. Kamu bisa memilih gambar lain yang unik dan lucu agar kemasan makanan tidak terkesan kaku.

4. Data Legalitas dari Pemerintah

Selanjutnya, pastikan untuk menyertakan data legalitas dari pemerintah dalam membuat desain kemasan produk kreatif. Tujuannya agar pembeli lebih percaya dengan produk yang kamu jual.

Cantumkan logo legalitas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan, hingga sertifikasi halal dari MUI pada desain kemasan produk kamu. Hal ini juga sebagai bukti bahwa produk yang kamu jual aman digunakan atau dikonsumsi.

5. Font yang Menarik

Jangan lupa menggunakan font yang bagus untuk memberikan informasi pada desain kemasan produk kreatif. Informasi tentang kandungan gizi, bahan yang digunakan, dan tanggal kadaluarsa penting untuk dicantumkan.

Kamu dapat menggunakan font atau jenis huruf yang unik dalam sketsa kemasan produk yang kamu buat. Selain itu, sertakan informasi singkat, jelas, dan padat dalam sketsa kemasan produk.

6. Bahan yang Terjangkau dan Berbeda

Tips yang terakhir untuk membuat desain kemasan produk kreatif adalah menggunakan bahan yang terjangkau dan berbeda dari pesaing. Salah satu contohnya adalah penggunaan bahan yang mudah didaur ulang pada kemasan makanan kekinian.

Dengan demikian, kamu menyatakan bahwa produk yang kamu jual ramah lingkungan. Kamu juga membantu meminimalisir biaya produksi karena harga bahan baku cenderung lebih murah.

Baca Juga : 5 Contoh Desain Kemasan Simple

Demikian pembahasan tentang pentingnya desain kemasan produk kreatif, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta cara membuat desain kemasan produk kreatif. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan