Blog

Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah, Tentukan Cara Meningkatkan Penjualan!

Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah, Tentukan Cara Meningkatkan Penjualan, kamu punya usaha produk makanan khas daerah tapi tidak tahu strategi pemasaran produk yang tepat? Jangan khawatir lagi karena di bawah ini berisi infomasi mengenai 10 strategi pemasaran makanan khas daerah yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan makanan.

10 Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Konsisten Menjaga Rasa dan Kualitas Makanan

Strategi pemasaran makanan khas daerah yang pertama adalah menjaga citarasa dan kualitas makanan daerah. Hal ini untuk membuat konsumen membeli produk kamu. Jika rasa atau kualitas suatu produk berubah, konsumen kemungkinan besar akan berhenti membelinya. Ada banyak usaha dan rumah produksi yang menjual produk khas daerah tanpa memperhatikan rasa atau kualitasnya. Jumlah konsumen yang awalnya banyak semakin menurun secara bertahap.

Kenapa bisa terjadi? karena yang terpenting dalam makanan adalah rasa dari makanan tersebut. Oleh karena itu, jika rasa berubah, maka akan mempengaruhi penjualan produk.

Iklan Gratis Melalui Media Sosial

Strategi pemasaran yang kedua adalah promosi gratis di media sosial. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook.

Keuntungan pertama tentu saja gratis, jadi kamu bisa menghemat uang untuk beriklan. Selain gratis, kelebihan lainnya adalah kegiatan promosi sangat mudah dan cepat. Iklan media sosial adalah media pemasaran produk yang digunakan secara strategis. Misalnya, jika kamu ingin melakukan promosi di Instagram, gunakan hashtag yang terkait dengan makanan daerah. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan produk kamu.

Contoh lain, jika kamu ingin promosi di media sosial WhatsApp, kamu bisa memposting produk di grup WhatsApp. Bergabunglah dengan grup Whatsapp yang sesuai dengan produk makanan, seperti grup komunitas makanan daerah.

Iklan Media Sosial Berbayar

Strategi pemasaran makanan khas daerah dengan konsep iklan media sosial berbayar, sebenarnya mirip dengan iklan media sosial gratis. Perbedaannya adalah kamu harus membayar untuk tindakan tersebut.

Namun, ini memberi kamu peluang pasar yang lebih luas karena media sosial mempromosikan produk kamu sesuai dengan target pasar. Hal ini memungkinkan kamu untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan kebutuhan promosi.

Bergabung Dengan Komunitas Daerah

Strategi pemasaran selanjutnya adalah dengan melibatkan masyarakat setempat. Bergabunglah dengan komunitas daerah yang sesuai dengan target pasar makanan daerah. Misalnya, jika target pasar kamu adalah orang-orang di Jakarta dan sekitarnya, bergabunglah dengan komunitas wilayah Jakarta.

Tawarkan Diskon Untuk Acara Tertentu

Menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu juga merupakan strategi pemasaran produk yang efektif. Karena dengan menawarkan diskon, kamu bisa meningkatkan minat pembeli pada produk makanan daerah.

Iklan Melalui Marketplace

Strategi pemasaran makanan khas daerah selanjutnya yaitu kamu bisa melakukan promosi di marketplace. Iklan di marketplace sangat berpotensi sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan dan bertujuan agar produk kamu dikenal oleh konsumen

Membuat Website

Selain membuat marketplace, membuat website juga merupakan strategi pemasaran. Rancang website kamu semenarik mungkin sesuai dengan target audiens kamu. Website ini digunakan untuk memberikan informasi lengkap tentang produk dan gunakan SEO untuk mengelola situs web kamu supaya memudahkan pembeli menemukan produk yang kamu jual. Lakukan juga promosi di situs website untuk meningkatkan popularitas.

Gunakan Google Ads

Anda juga dapat menjalankan iklan berbayar dengan Google Ads. Strategi ini juga sangat efektif dalam pemasaran karena memungkinkan kamu untuk menentukan target pasar yang kamu inginkan.

Melakukan Endorsement

Strategi pemasaran produk selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan endorsement. Saat ini, banyak orang menggunakan strategi ini, terutama jika target pasarnya adalah anak muda dan pengguna internet.

Lakukan endorsement di berbagai media sosial dengan membayar influencer, public figure, dll. Meski berbayar, endorsement sangat efektif dalam memasarkan produk.

Tingkat efektifitas pemasaran produk ini juga tergantung pada jumlah followers, Semakin banyak followers yang dimiliki, maka pemasaran produk kamu akan semakin besar dan efektif.

Kerjasama Dengan Agen Perjalanan

Cara terakhir adalah bekerja sama dengan agen perjalanan atau travel agen. Strategi pemasaran ini akan membantu kamu untuk menjangkau wisatawan domestik dan internasional.

Kamu dapat bekerja sama untuk menyediakan makanan khas daerah dan cantumkan stiker produk pada makanan yang kamu jual. Itulah 10 strategi pemasaran makanan khas daerah, khususnya bagi kamu yang baru memulai bisnis kuliner. Semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Reply