Blog

8 Cara Memasarkan Produk Minuman

Cara Memasarkan Produk Minuman

8 Cara Memasarkan Produk Minuman, Sebagai pengusaha minuman kemasan, kamu perlu mengetahui cara memasarkan produk minuman kemasan. Untuk memikirkan bagaimana memasarkan produk kamu, ada baiknya mengetahui peluang bisnis itu sendiri, bahan darimana produk itu dibuat, kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan yang digunakan, dan lain sebagainya.

Jenis Minuman Yang Paling Laris.

Siapa pun yang tertarik untuk memasarkan produk minuman kemasan tentu bertanya-tanya jenis minuman apa yang laris di pasaran saat ini. Mengetahui informasi ini akan menjadi tindakan pencegahan pertama sebelum memulai bisnis minuman ringan yang sesungguhnya.

1. Yoghurt

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yoghurt. Yogurt adalah minuman yang dibuat dari fermentasi susu. Oleh karena itu, rasa yoghurt ini sedikit asam. Namun di balik rasa asam yogurt ada beberapa manfaat penunjang kesehatannya. Penggemar minuman yoghurt di Indonesia juga cukup banyak. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jika kamu mencari peluang bisnis minuman kemasan, bisnis minuman yogurt adalah pilihan terbaik.

2. Jamu Kemasan

Jamu merupakan minuman tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh manusia. Jamu merupakan minuman yang tergolong kuno, namun peminat jamu masih banyak. Hal ini membuat bisnis jamu sangat menguntungkan. Obat herbal biasanya dikemas dalam sachet. Seiring dengan perkembangan zaman, jamu ini dikemas dalam bentuk minuman kemasan sehingga lebih nyaman digunakan.

3. Susu

Minuman susu merupakan minuman kuliner yang disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena rasanya yang enak dan menyehatkan. Susu mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Bisnis minuman susu merupakan salah satu minuman yang paling banyak diminati dan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan.

4. Sari Kelapa

Jenis minuman sari kelapa ini sudah populer sejak lama. Di hari yang panas, biasanya minuman yang menyegarkan adalah hal yang lumrah. Minuman jenis ini efektif memulihkan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Minuman ini biasanya dijual dalam bentuk cup.

5. Minuman jus

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jus. Rasanya yang sangat menyegarkan dapat menghilangkan dahaga di siang hari dan menyehatkan tubuh manusia. Ada berbagai macam jus buah yang banyak dicari orang, seperti jus jambu biji, jus pisang dan jus lainnya.


Jenis Kemasan Minuman

Jenis-jenis kemasan minuman untuk mempertimbangkan kemasan mana yang cocok dan paling sesuai untuk produk kemasan.

1. Kemasan Minuman Plastik

Kemasan minuman plastik merupakan kemasan minuman yang paling banyak digunakan untuk produk minuman. Penggunaan plastik untuk kemasan minuman dinilai mudah dan murah, sehingga plastik banyak digunakan oleh produsen minuman besar maupun kecil.

Meski demikian, perusahaan kemasan minuman yang menggunakan plastik harus memperhatikan perbedaan jenis atau bahan plastik yang digunakan. Karena beberapa bahan plastik memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. Kemasan Minuman Kertas

Jenis kemasan ini terbuat dari kertas, salah satu bahan kemasan yang paling ideal. Selain lebih murah, kemasan ini juga lebih ringan dan mudah ditemukan. Bahan kertas ini dilaminasi untuk menahan minyak dan air, sehingga tidak bocor.

Sebagai media promosi, kamu bisa menambahkan logo produk di paper cup. Bahannyapun juga tebal, sehingga mudah digunakan untuk pelanggan.

3. Kemasan Minuman Standing Pouch

Untuk kemasan minuman standing pouch lebih menitikberatkan pada bentuk yang memungkinkan kemasan minuman bisa diletakkan berdiri. Kemasan minuman standing pouch memiliki bentuk yang menarik dan informatif. Standing pouch biasanya digunakan untuk mengemas minuman instan seperti susu.

Kemasan jenis ini merupakan bentuk perkembangan dari kemasan plastik untuk minuman dan menggunakan bahan plastik, aluminium, dan kertas kopi, sehingga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan aman bagi tubuh. Kemasan minuman standing pouch biasanya lebih sederhana dalam desain dan juga mencakup berbagai informasi mengenai kandungan minuman, tanggal kedaluwarsa, dan tanggal produksi dan izin edar untuk produk minuman yang dijual.

4. Kemasan Minuman Styrofoam

Styrofoam adalah kemasan minuman yang paling umum saat ini. Kemasan minuman sederhana, ringan dan praktis membuat kemasan styrofoam lebih menonjolkan fungsinya sebagai media promosi.

Untuk industri minuman, baik besar maupun kecil, kemasan minuman styrofoam relatif murah, sehingga mengurangi biaya produksi yang terkait dengan produk minuman kemasan.

5. Kemasan Minuman Kaca

Kemasan minuman kaca seperti gelas dan botol banyak dijumpai pada kemasan sirup dan minuman mineral. Kekurangannya, pengemasan ini tentu membutuhkan biaya pembuatan yang lebih mahal dari bahan-bahan di atas. Selain itu, bahan kacan mudah pecah sehingga harus berhati-hati dalam pendistribusiannya.

6. Kemasan minuman kaleng

Kemasan minuman yang terbuat dari kaleng, biasanya dilapisi dengan bahan anti karat seperti timah putih atau aluminium untuk mencegah kemasan minuman mempengaruhi isi dan menghindari bahaya bagi kesehatan.

Kemasan minuman kaleng sering digunakan untuk minuman ringan dan minuman berenergi, sehingga dapat disajikan dalam keadaan dingin. Dalam hal biaya produksi, penggunaan bahan kaleng untuk kemasan minuman membutuhkan biaya yang mahal, proses pengemasan biasanya dilakukan oleh mesin produksi yang ditemukan di industri minuman berskala besar.


Peluang Bisnis Minuman Kemasan

Peluang bisnis minuman kemasan ini sendiri sangat bagus. Minuman kemasan merupakan salah satu bisnis minuman yang menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. Peluang bisnis minuman kemasan masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan untuk siapa saja.

1. Prospek Bisnis Minuman Kemasan

Prospek menjalankan bisnis minuman kemasan sangat bagus dan menguntungkan. Dimana kamu bisa mendapatkan keuntungan besar melalui bisnis minuman kemasan ini. Usaha yang bergerak di bidang pengolahan minuman kemasan sangat menjanjikan dalam jangka panjang. Bisnis minuman dalam kemasan sudah berkembang sejak lama, dan masih terus berkembang, selain itu, konsumennya pun tidak pernah sepi.

2. Memulai Bisnis Minuman Kemasan

Jika kamu menjalankan bisnis minuman kemasan, mudah untuk memulainya, dalam menjalankan bisnis minuman kemasan ini hanya dengan modal kecil. Mereka yang berkecimpung di bisnis minuman kemasan bisa beroperasi dalam skala rumahan dengan modal yang lebih kecil.

3. Pelaku Bisnis Minuman Kemasan.

Bisnis minuman kemasan ini cocok bagi semua orang yang ingin memulai bisnis minuman kemasan. Relatif mudah dan proses produksi minuman kemasan juga menguntungkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis minuman kemasan.

4. Konsumen Minuman Kemasan.

Konsumen minuman kemasan berasal dari berbagai kalangan. Kepraktisan inilah yang menjadi salah satu alasan orang ingin membeli minuman kemasan. Bisa dibawa kemana-mana dan murah. Kemasan bekas biasanya digunakan untuk kemasan minuman lainnya.


Tips Pemasaran Minuman Kemasan

Berikut beberapa tips pemasaran produk minuman kemasan.

1. Ketahui Target Pasar

Kamu harus benar-benar mengetahui target pasar produk kamu. Pelajari kelebihan dan kelemahan produk serta kembangkan lebih lanjut produk yang kamu jual dan ketahui kondisi pasar di sekitar kamu siapa saja pesaing dan apa kelebihan kekurangan dari usaha mereka

2. Optimalkan Pemasaran Sosial Media

Menggunakan sosial media sebagai tempat untuk menjual produk sangatlah penting. Memasarkan produk melalui media sosial karena kebanyakan orang menggunakan media sosial akhir-akhir ini. Bahkan kamu dapat melakukannya secara gratis, tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan. Pemasaran ini dapat dilakukan melalui Facebook, Instagram, atau YouTube.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Contoh strategi pemasaran yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi yang strategis. Dengan lokasi yang strategis, produk kamu lebih berpeluang untuk dilihat dan tentunya penjualan lebih tinggi.

Kriteria pemilihan lokasi strategis ini didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai dan kemudahan aksesnya. Misalnya, jika kamu menjual kopi, kamu dapat menjualnya di dekat pasar atau di jalan yang ramai.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen.

Membangun hubungan baik dengan konsumen adalah segala sesuatu yang dilakukan supaya produk disukai masyarakat, karena pelanggan setia adalah modal penting perusahaan. Tidak ada salahnya memberi penghargaan kepada pelanggan yang setia pada perusahaan kamu jika tidak ingin kehilangan pembelian saat bersaing dengan banyak produk serupa.

7. Gunakan Teknik Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Dengan cara tim pemasaran berkomunikasi langsung dengan konsumen. Ketika seorang konsumen membeli suatu produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen membagikannya dengan konsumen lain yang mungkin membeli produk tersebut. Kamu memerlukan strategi pemasaran untuk memastikan produk yang kamu jual lebih terlihat dan tentunya menjangkau lebih banyak konsumen. Jika kamu fokus, makan penjualan kamu secara alami akan meningkat.

Oleh karena itu, agar produk kamu disukai masyarakat, kamu harus memperhatikan beberapa hal di atas, karena strategi langsung dapat dijalankan dengan beberapa hal yang disebutkan. Dari media sosial, memilih lokasi bisnis yang strategis, hingga menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut.

8. Buat Kemasan Menarik

Cara terbaik untuk menjual produk minuman kemasan adalah dengan membuat kemasan kamu semenarik mungkin. Kemasan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kemasan yang baik akan menjadi daya tarik tersendiri dari produk tersebut. Gunakan desain dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan produk kamu. Kemasan itu sendiri juga harus memuat informasi tentang produk, mulai dari bahan yang digunakan hingga kandungan gizi. Demikian artikel tentang Cara Memasarkan Produk Minuman, Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply