Blog

Manfaat Kemasan Makanan Sebagai Identitas Produk

Manfaat Kemasan Makanan Sebagai Identitas Produk

Manfaat Kemasan Makanan Sebagai Identitas Produk, Manfaat kemasan makanan ternyata bukan sebatas pelindung produk saja. Kemasan produk juga bermanfaat untuk menarik perhatian pelanggan supaya membeli produk yang kamu tawarkan. Bahkan, kemasan produk juga dapat meningkatkan kualitas branding kamu di mata pelanggan.

Hal pertama yang diamati pelanggan saat memperhatikan suatu produk yaitu kemasannya. Jadi, jangan meremehkan manfaat kemasan makanan dan minuman. Ingin tahu lebih lengkap tentang apa manfaat kemasan makanan? Simak ulasan berikut ini.

9 Manfaat Kemasan Makanan

Untuk membuat kemasan produk yang baik, kamu perlu memperlihatkan nilai lebih pada kemasan tersebut. Salah satunya dengan memperlihatkan info tambahan seputar keunggulan produk, kandungan, dll. Manfaat kemasan makanan dapat memberikan banyak keuntungan bagi kamu, antara lain:

1. Perlindungan

Kemasan adalah tempat yang dipakai sebagai pelindung selama produk kamu masih berada di toko atau belum sampai ke pelanggan. Kemasan produk mampu melindungi produk dari perubahan cuaca dan berbagai situasi lingkungan, seperti debu, kotoran, panas, hujan dll.

2. Penyimpanan

Manfaat kemasan makanan sebagai sarana untuk menyimpan. Produk yang tersimpan dengan baik pastinya akan jauh lebih aman. Bisa saja produk yang kamu gunakan mudah membusuk atau lainnya. Namun jika kamu mengemasnya, maka produk tersebut pasti lebih awet dan tahan lama.

3. Pendistribusian

Pengemasan produk memiliki efek yang luar biasa pada tingkatan kecepatan dan efisiensi distribusi produk kamu. Kenapa demikian? Karena produk yang kamu kemas menjadi lebih mudah untuk mobilitas. Mulai saat mengangkat, memindah, dan memegangnya.

4. Penjualan

Manfaat kemasan makanan selanjutnya adalah sebagai sarana promosi. Kamu dapat membuat desain visual yang menarik, sehingga pelanggan akan lebih tertarik dan mengingat produk kamu. Lewat kemasan ini juga kamu bisa menambahkan kata-kata promosi yang menarik perhatian pelanggan.

Tidak heran, banyak pengusaha berlomba-lomba menghasilkan desain kemasan produk yang menarik. Ada yang menambahkan logo, maskot, sampai pemakaian warna tertentu untuk memikat pelanggan.

6. Informasi

Manfaat kemasan makanan juga sebagai sarana untuk menginformasikan produk yang kamu jual. Pelanggan dapat membaca informasi penting dari produk seperti nama brand, kandungan, keunggulan, berat bersih, alamat produksi, dll. Sehingga memudahkan pelanggan untuk membedakannya dengan produk lain.

7. Identifikasi Produk

Manfaat kemasan makanan sebagai pembeda atau memudahkan pelanggan untuk membedakan produk kamu dengan pesaing. Mungkin, kamu dapat membuat kemasan dengan ukuran lebih kecil atau besar, pilihan warna yang lebih kontras, dll.

8. Kenyamanan

Pelanggan pasti lebih nyaman ketika membawa atau memegang produk yang kamu kemas. Hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh secara psikologis bahwa membeli produk kamu terasa lebih nyaman, aman dan memuaskan.

9. Jaminan

Secara tidak langsung dengan kamu mengemas produk dapat memberikan stimulus kepada pelanggan tentang kualitas dan keamanan dari produk. Dengan mengemasnya secara rapi, pastinya lebih menjamin tingkat kepercayaan pelanggan untuk mengkonsumsi produk kamu.

Related Posts

Leave a Reply