Blog

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif, Terbukti Laris!

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 7

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif, Terbukti Laris! – Ada banyak sekali ide usaha makanan kreatif inovatif yang bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati.

Seperti yang kamu ketahui, makanan pada dasarnya adalah kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, pangsa pasar dari usaha kuliner cukup besar, akan tetapi persaingannya juga sangat tinggi, jadi kamu harus memikirkan ide usaha makanan kreatif inovatif.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang selalu berubah. Karena tren makanan viral selalu bergeser setiap waktu. Hal ini karena dukungan media sosial yang dapat dengan cepat meningkatkan popularitas kuliner tersebut.

Fenomena ini berpengaruh terhadap usaha makanan. Banyak pelaku usaha yang menjual makanannya secara online. Kamu bisa berjualan makanan secara online dengan memanfaatkan instagram sebagai media promosi.

Jenis makanan yang paling banyak diminati adalah cemilan atau makanan ringan. Pasalnya, makanan ini biasanya memiliki waktu simpan yang lama, bisa dimakan kapan saja, dan cocok untuk ngemil di tempat kerja atau menonton film di rumah.

Ada banyak sekali ide usaha makanan kreatif inovatif yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kuliner. Sebab, kunci dari bisnis kuliner adalah terus menciptakan menu-menu baru yang enak dan mengenyangkan.

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif

Terdapat beberapa jenis makanan kreatif dan inovatif yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kuliner. Apa saja makanannya? Perhatikan daftar di bawah ini!

1. Telur Gulung

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif

Ide usaha makanan kreatif inovatif yang bisa kamu coba adalah bisnis telur gulung. Selain rasanya yang nikmat, usaha telur gulung memiliki keuntungan yang menjanjikan dan tidak membutuhkan banyak modal.

Bisnis telur gulung bisa dimulai dengan modal ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bisnis telur gulung tidak hanya populer di kalangan anak-anak saja tetapi juga di kalangan orang dewasa. Jadi, secara umum target pasar kamu cukup luas sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelanggan.

Memulai bisnis telur gulung tidaklah sulit. Kamu bisa memulainya tanpa resep khusus. Biasanya telur ayam dibumbui dengan bumbu gurih dan daun bawang, kemudian digoreng dengan minyak panas dan digulung dengan tusuk sate.

Kamu bisa membuat inovasi pada usaha telur gulung ini dengan menawarkan berbagai variasi rasa. Kamu juga dapat memodifikasi menu, misalnya menambahkan isian sayuran, sosis, otak-otak, dan lain sebagainya.

Siapkan juga bumbu yang berbeda untuk menambahkan variasi rasa. Mulai dari rasa original, asin, pedas, BBQ, keju, dan lain sebagainya. Dengan rangkaian inovasi tersebut, bisnis telur gulung pasti bisa berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan!

2. Aneka Keripik

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 2

Ide usaha makanan kreatif inovatif selanjutnya adalah aneka keripik. Keripik adalah salah satu makanan paling unik karena pada dasarnya kamu dapat memodifikasi camilan yang satu ini dan menggabungkannya dengan bahan dan bumbu yang berbeda.

Kamu mungkin bosan dengan keripik singkong dan keripik kentang. Oleh karena itu, kamu bisa mengkreasikan keripik lainnya seperti keripik tempe, keripik ubi ungu, keripik talas, keripik tahu, dan keripik belut. Bisa juga dicampur dengan berbagai bumbu seperti balado, rendang, rumput laut dan BBQ.

3. Aneka Gorengan

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 3

Ide usaha makanan kreatif inovatif selain telur gulung dan aneka keripik, yaitu gorengan. Gorengan merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Gorengan adalah hidangan yang pasti disukai oleh semua orang.

Tempe goreng, tahu dan pisang goreng sudah biasa. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba membuat gorengan baru yang berbeda. Misalnya onde-onde isi durian, susu goreng, salad goreng, oreo goreng, es krim goreng. Menarik bukan?

4. Aneka Mie

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 4

Jenis makanan ini pasti sangat familiar, tidak pernah bosan berapa kali mengonsumsi makan ini. Ternyata, mie juga bisa dijadikan makanan yang kreatif dan inovatif. Kamu bisa membuat mie instan dengan topping dan bumbu yang berbeda.

Kamu juga bisa membuat mie sendiri. Misalnya, kamu menghadirkan menu mie baru seperti mie mercon, mie tinta cumi, mie pelangi, nuget mie, bola-bola mie, atau donat mie.

5. Aneka Kue dan Donat

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 5

Selain aneka cemilan gurih lainnya. Kamu bisa mencoba dengan berjualan makanan manis seperti berjualan donat. Siapa yang tidak suka makanan manis ini? Kue dan donat selalu membuat perasaan lebih bahagia. Kamu dapat membuat kue dan donat dengan rasa dan topping yang berbeda dengan dipadukan berbagai rasa dan topping seperti keju, pistachio, kacang, dan karamel.

Baca Juga : 4 Cara Memilih Desain Kemasan Rice Box

6. Salad Buah

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 6

Kamu bisa juga beralih ke aneka buah-buahan sebagai ide usaha makanan kreatif inovatif. Kamu bisa memasukkan buah-buahan ini ke dalam salad yang sehat dan menyegarkan.

Menurut Health Shots, mengonsumsi salad buah dengan komposisi yang tepat setiap hari bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan antioksidan yang baik. Salad buah lebih disukai oleh wanita dan orang-orang yang sedang diet. Padukan salad buah ini dengan krim dan susu yang lezat.

7. Popcorn

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 7

Ide usaha makanan kreatif inovatif berikutnya adalah popcorn. Jajanan jagung ini selalu menjadi favorit saat pergi ke bioskop untuk menonton film. Meskipun familiar, kenyataannya tidak banyak usaha makanan yang menjual jajanan yang satu ini.

Ada banyak jenis popcorn manis maupun asin, jadi cobalah membuat popcorn dengan rasa baru. Contohnya popcorn mint, popcorn nutella, popcorn pedas, popcorn red velvet, popcorn rasa buah, dan masih banyak lagi.

8. Aneka Sate

Ide Usaha Makanan Kreatif Inovatif 8

Makanan unik berikutnya adalah sate. Hidangan ini merupakan salah satu favorit orang Indonesia. Jika sate ayam atau kambing sudah terlalu umum, mengapa tidak membuat sate yang lain?

Misalnya, kamu bisa membuat sate jamur, sate mie, sate sayur, sate usus pedas, atau sate seafood. Sate selalu disajikan dengan bumbunya. Kamu dapat membuat bumbu sate baru seperti keju mozzarella, sambal matah dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kemasan Jajanan Kekinian, Bikin Usaha Kulinermu Makin Hits

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Setelah kamu mendapatkan ide usaha makanan kreatif inovatif, tiba saatnya kamu mulai menjalankan usaha kulinermu sendiri. Berikut beberapa tips bisnis kuliner yang bisa kamu coba:

  1. Amati tren kuliner terbaru, dikarenakan selera konsumen yang selalu berubah. Kamu harus mengikuti tren makanan terbaru dan membuat kreasi kuliner, siapa tahu produk kamu akan menjadi trendsetter.
  2. Cari target pasar dengan tepat, beberapa jenis makanan biasanya disukai oleh kalangan tertentu yang cukup dominan. Misalnya, aneka kue dan donat lebih disukai oleh anak-anak dan remaja dibandingkan orang tua.
  3. Buat kemasan yang aman dan menarik, kunci utama dari usaha makanan adalah sampai ke pelanggan dalam kondisi baik, jadi buatlah kemasan yang aman dan menarik. Pilih kemasan yang kuat dan berlabel food grade. Kamu bisa mendapatkan kemasan makanan dan paper cup berkualitas untuk usaha kuliner di irppapercup.com
  4. Tentukan supplier yang tepat, usaha makanan membutuhkan bahan baku, sehingga kamu perlu menentukan supplier yang tepat. Beberapa jenis bahan baku sering mengalami kenaikan harga. Oleh karena itu, kamu harus memilih supplier dengan harga terjangkau dan berkualitas.
  5. Tentukan model bisnis, apakah bisnis kamu online, offline, atau keduanya. Beberapa jenis makanan yang cocok dijual secara online, seperti berbagai jenis keripik. Ada yang lebih cocok dijual offline seperti aneka sate dan gorengan. Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa menggunakan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan