Blog

Contoh Kemasan Modern, Ketahui Jenis dan Bahannya!

contoh kemasan modern

Contoh Kemasan Modern, Ketahui Jenis dan Bahannya! – Jumlah kemasan makanan dengan desain dan bentuk yang unik sudah banyak beredar di pasaran. Jika pada zaman dahulu menggunakan kemasan tradisional, maka saat ini sudah tersedia kemasan kertas yang lebih modern, banyak usaha makanan dan minuman menggunakan kemasan kertas sebagai wadah maupun branding produk.

Pengertian Kemasan Modern

Kemasan modern adalah kemasan baru yang lebih praktis dan menarik perhatian konsumen, antara lain kemasan dari kertas maupun kemasan dari plastik, sedangkan kemasan tradisional adalah kemasan lama yang masih menggunakan bahan-bahan alami, contohnya kemasan dari daun pisang.

Keberadaan kemasan modern sudah mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Dari hanya sebagai alat pelindung produk, saat ini kemasan mempengaruhi kredibilitas dan penilaian di mata konsumen. Zaman dulu, sebuah produk hanya dikemas dalam plastik bening, dan kemudian disegel dengan segel tradisional. Produk tersebut kemudian dijual ke warung-warung terdekat. Padahal, produk tersebut memiliki potensi untuk dijual ke pasar yang lebih luas.

Apakah kamu salah satu yang masih menggunakan cara-cara di atas? Maka sekarang mungkin waktu yang tepat untuk beralih ke kemasan modern. Kemasan modern saat ini bisa dikatakan sebagai alat yang sudah mencakup banyak hal untuk setiap kebutuhan. Sekarang ada banyak jenis kemasan modern yang tersedia dalam berbagai bahan dan ukuran.

Setiap industri, bahan kemasan memiliki pengaruh pada banyak hal. Namun tahukah kamu bahwa bahan kertas pada kemasan adalah salah satu bahan kemasan modern yang bisa digunakan sebagian besar produk? Oleh karena itu, tidak heran jika banyak produk yang menggunakan kemasan kertas sebagai kemasan modern.

Mengapa Menggunakan Kemasan Modern?

Sejauh ini, kita sudah berbicara sedikit tentang kemasan modern. Kenapa harus menggunakan kemasan modern? Apakah kemasan jenis ini merupakan pilihan terbaik bagi pengusaha makanan dan minuman saat ini?

Mengenai pertanyaan selanjutnya, sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat kemasan modern menjadi pilihan terbaik untuk kemasan. Beberapa jawaban sudah disebutkan di atas. Namun, jika dilihat lebih dekat, persaingan bisnis yang ketat menyebabkan produsen untuk terus mencari cara agar konsumen dapat mengingat produk mereka dengan baik.

Jenis pemasaran melalui media online juga cukup menarik. Banyaknya marketplace yang tersedia saat ini juga merupakan peluang yang perlu dimanfaatkan.

Bayangkan seorang konsumen memasuki marketplace dan memasukkan kata kunci, contohnya “bakso mozarella”, maka semua produk bakso mozarella akan otomatis muncul, termasuk produk bakso mozarella yang kamu jual. Tetapi bagaimana kamu bisa membuat konsumen melihat produk dan tertarik untuk membelinya?

Keberadaan kemasan menjadi sangat penting untuk identitas produk. Saat konsumen memasukkan kata kunci “bakso mozarella” di marketplace, produk yang sudah memiliki identitas bisa jadi lebih diperhatikan. Selain itu, memberikan informasi yang jelas pada kemasan meningkatkan kredibilitas produk. Konsumen tidak perlu lagi bersusah payah mengingat nama produk, karena informasi dan identitas sudah tertera dengan jelas pada kemasannya. Identitas kemasan juga dapat menjadi ikon atau ciri khas produk. berikut beberapa alasan mengapa kemasan modern membuat branding lebih efektif.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

1. Membangun Identitas

Identitas produk dapat dibangun dimana saja. Melalui media periklanan, media sosial, media massa, dan pada sebuah kemasan. Kamu dapat membangun identitas pada kemasan untuk membuat produk mudah dikenali.

Kamu dapat menambahkan gambar mascot tambahan di kemasan untuk memberikan identitas merek dagang yang kuat untuk produk kamu. Kemasan modern memungkinkan kamu melakukan semua ini, karena teknologi digital printing memudahkan untuk mengeksplorasi banyak hal dan menciptakan identitas yang menarik. Kamu juga dapat menggunakan warna yang konsisten untuk memudahkan konsumen mengingat produk kamu.

2. Menambah Informasi

Informasi yang membantu konsumen juga merupakan cara untuk membangun merek. Meskipun ini mungkin tidak relevan secara langsung, informasi yang diberikan dapat membantu membangun kepercayaan konsumen.

Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang komposisi produk kamu. Jika produk tersebut adalah makanan, harap berikan juga informasi tentang bagaimana produk tersebut disiapkan atau dikonsumsi.

Dengan memberikan informasi tentang produk kamu, konsumen akan memiliki persepsi yang lebih jelas tentang produk kamu. Ini juga mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi. Misalnya, jika suatu produk mengandung bahan tertentu, konsumen yang diketahui alergi akan segera mengetahuinya.

3. Kemasan Limited Edition.

Kemasan edisi terbatas membuat produk kamu terlihat lebih menarik dan istimewa. Metode ini dapat digunakan saat merilis produk edisi terbatas.

Kemasan edisi terbatas sebenarnya menjadi salah satu tren terbaru. Beberapa nama merek produk mengikuti metode ini untuk mendapatkan perhatian konsumen. Setelah merek kamu sudah cukup berkembang, kamu dapat menggunakan metode ini.

Baca Juga : Jenis Kemasan Tradisional: Daun Pisang Hingga Daun Waru

Contoh Kemasan Modern

  1. Kemasan Kertas
  2. Plastik Mika
  3. Gelas Plastik
  4. Aluminium (alufoil)
  5. Styrefoam
  6. Kaleng
  7. Gelas Kaca

Banyak manfaat dan nilai tambah yang didapat dari penggunaan kemasan modern. Jika saat ini kamu masih menggunakan kemasan plastik bening tradisional, sekarang saatnya mengganti kemasan lama dengan kemasan kertas ramah lingkungan.

Untuk kamu yang baru terjun ke dunia bisnis, mengembangkan produk dengan kemasan modern sejak awal adalah langkah yang tepat. Produk baru harus lebih mengedepankan branding daripada produk yang sudah berdiri lama. Tetapi dengan menggunakan kemasan modern dapat membantu membangun merek produk yang kamu jual. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan