Blog

Contoh Bisnis Plan Sederhana Minim Budget Untuk Mahasiswa

Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

Contoh Bisnis Plan Sederhana Minim Budget Untuk Mahasiswa – Pernahkah kamu berencana untuk memulai bisnis? Bagi kamu yang masih kuliah, berikut adalah contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa

Dalam dunia bisnis, bisnis plan dapat menjadi komponen penting dari kesuksesan sebuah bisnis. Jika kamu seorang mahasiswa, kamu mungkin sering mendengarnya dalam tugas-tugas dari dosen. Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh calon wirausaha, apa saja? Simak terlebih dahulu pengertian bisnis plan di bawah ini!

Apa Itu Bisnis Plan?

Bisnis Plan adalah dokumen yang merangkum rencana, ide, dan gagasan utama yang menjelaskan mengapa seorang individu atau mahasiswa ingin memulai sebuah bisnis. Rencana mencakup strategi, konsep, tujuan, sasaran, dan target bisnis.

Sederhananya, bisnis plan dapat diartikan sebagai kunci sebuah bisnis kamu, sehingga rencana kamu jelas dan terorganisir. Bagi kamu yang masih kuliah, sangat penting untuk mengetahui tentang bisnis plan. Sebelum kamu mulai menulis bisnis plan, perhatikan hal-hal berikut:

Isinya Jelas dan Mudah Dipahami

Sejauh mana isi bisnis plan kamu bisa dipahami jika dilihat dari berbagai perspektif, seperti area bisnis, legalitas, jumlah karyawan, pesaing dan modal yang dibutuhkan. Kejelasan isi dari bisnis plan mempermudah mendapatkan dana dari investor.

Isinya Lengkap Sesuai Rencana

Walaupun bisnis plan ini hanya untuk skala mahasiswa, tetapi mengapa tidak dibuat sesingkat dan sedetail mungkin? Jika kamu lupa mencantumkan satu unsur saja, maka peluang kamu untuk mendapatkan dana sangat minim

Utamakan Kejujuran

Dalam hidup, kejujuran adalah kuncinya. Ketika kamu menulis bisnis plan, kamu harus jujur ​​dan tidak memalsukan isi atau merekayasa. Semua bisa menjadi kacau ketika seorang investor mencurigai kamu berbohong pada proposal. Mereka mungkin menilai kamu tidak dapat dipercaya dan menolak untuk menerima permintaan kamu.

Tambahkan Data Yang Akurat dan Terkini

Berbicara tanpa data tidak ada artinya. Jadi, dalam hal ini, data yang akurat bisa meluluhkan hati para investor untuk menyetujui bisnis plan kamu. Berikut adalah contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa

Baca Juga : Tips Membuat Kemasan Yang Menarik Konsumen

Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

I. Latar Belakang

Makanan merupakan hal mendasar bagi kehidupan manusia sebagai makanan pokok bagi kita supaya memiliki tenaga untuk memulai aktivitas

Ada dua jenis makanan: makanan berat dan makanan ringan. Contoh makanan berat adalah lauk pauk dan nasi yang kita makan setiap hari.

Makanan ringan yang dimaksud biasanya jajanan yang kamu makan saat bosan dengan makanan berat. Salah satu jajanan favorit masyarakat saat ini adalah kue brownies. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di toko kue. Brownies tersedia dalam berbagai ukuran: kecil, sedang, dan besar. Brownies mini sangat direkomendasikan karena ukurannya yang kecil bisa dibawa ke mana-mana.

Struktur Organisasi

Terdiri dari nama usaha, bidang usaha, nama produk dan alamat

Visi dan misi perusahaan

Visi : Menjadikan brownies mini sebagai jajanan yang sehat dan mengenyangkan agar dikenal masyarakat luas.

Misi : Brownies mini bersertifikat halal, ada banyak rasa dan variasi yang bisa dinikmati semua kalangan.

II. Tujuan

Menawarkan berbagai bentuk brownies dan mencapai target penjualan.

III. Keunggulan Produk

Kualitas dan kebersihan terjamin, berbagai variasi rasa yang tidak pernah membosankan.

IV. Analisis Pasar

Terdiri dari kekuatan produk, kelemahan produk, peluang, harga, promosi, dan tempat.

V. Detail Produksi

Peralatan yang digunakan, bahan-bahan produk, dan cara membuatnya.

VI. Keuntungan

Keuntungan yang didapatkan dari penjualan.

VII. Penutup

Diharapkan produk brownies mini ini dapat dikembangkan sesuai rencana dan dikenal luas untuk mencapai tujuannya. Selain itu, produk ini bisa menarik banyak perhatian sehingga bisa dijadikan bisnis yang berkembang pesat.

Baca Juga : Contoh Kemasan Modern, Ketahui Jenis dan Bahannya!

Tips Membuat Bisnis Plan Untuk Mahasiswa

Lakukan Penelitian

Agar konsep perencanaan bisnis menjadi matang, mahasiswa perlu mengetahui baik di dalam maupun di luar bisnis yang dijalankannya. Yang terbaik adalah fokus melakukan penelitian dan membuat bisnis plan.

Misalnya, jika kamu ingin membuka usaha brownies di kampus, kamu harus tahu mengapa kamu bisa menjual brownies di lokasi tersebut dan apakah ada penjual sebelumnya yang sekarang tutup. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan.

Brainstorming

Setelah kamu mengidentifikasi peluang bisnis mana yang tepat, kamu mungkin menemukan banyak ide selama brainstorming. Pilih satu ide yang memiliki potensi besar dan mudah diterapkan.

Gunakan Elemen Visual

Kamu dapat menambahkan sesuatu dalam bentuk foto, bagan, dan grafik ke laporan yang kamu buat supaya terlihat profesional dan meyakinkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membuat infografis dan gambar pemasaran yang menarik.

Itulah beberapa contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa, semoga informasi di atas dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat binsis plan. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan