Blog

Cara Memperoleh Modal Usaha dalam Kewirausahaan untuk Pemula

Cara Memperoleh Modal Usaha dalam Kewirausahaan

Cara Memperoleh Modal Usaha dalam Kewirausahaan untuk Pemula, Seperti yang kamu ketahui, modal sangat penting dalam berbisnis. Tanpa modal, akan sulit menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis. Jadi, jika kamu berpikir untuk memulai bisnis tetapi tidak tahu cara memperoleh modal usaha, jangan khawatir. Pada artikel ini akan dijelaskan tips dan cara yang bisa kamu coba tentunya. Tunggu apalagi, yuk simak artikel berikut.

7 Cara Memperoleh Modal Usaha dalam Kewirausahaan

1. Temukan investor

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan dapat kamu lakukan dengan mencari investor. Pada dasarnya, investor adalah orang atau kelompok yang menawarkan uang sebagai modal usaha dengan harapan bisnis kamu akan menguntungkan bagi mereka. Nah, investor ini bisa datang dari berbagai latar belakang, bisa juga teman, anggota keluarga, atau rekan bisnis.

Tetapi ingat bahwa untuk menarik investor ini, kamu perlu meyakinkan mereka dengan rencana dan penjelasan bisnis yang jelas. Dari model bisnis, rencana bisnis, hingga penawaran, kamu harus bisa menyelesaikan semuanya dengan baik. Selain teman dan keluarga, kamu juga bisa mencari investor dari berbagai perusahaan yang fokus pada pengembangan usaha kecil.

Selain itu, ada salah satu cara yang baru-baru ini menarik perhatian calon pengusaha adalah dengan angel investor. Angel investor ini biasanya terkenal di dunia startup dan biasanya adalah orang kaya yang pada dasarnya tidak takut dengan resiko kerugian pada usahamu. Namun, sebagai imbalannya mereka biasanya menerima saham atau sebagian kendali dari bisnis kamu. Angel investor mungkin berasal dari keluarga atau rekan bisnis.

2. Memanfaatkan bantuan pemerintah

Langkah yang satu ini mungkin patut dicoba. Berbagai program bantuan pemerintah dapat digunakan untuk modal bisnis kamu, antara lain Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan BLT UMKM. Selain mendaftar di situs web masing-masing, kamu tentu harus memenuhi berbagai persyaratan.

3. Pinjaman bank

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan selanjutnya dengan mengajukan pinjaman ke bank. Pinjaman ini akan memungkinkan kamu untuk menjalankan bisnis. Pada umumnya untuk mendapatkan pinjaman dari bank biasanya memiliki beberapa persyaratan

4. Mencari rekan bisnis

Mencari rekan bisnis adalah salah satu pilihan jika kamu kekurangan dana untuk menjalankan bisnis. Dengan menggabungkan dana yang tersedia, kamu dapat memenuhi modal awal untuk memulai bisnis. Namun, selain penambahan modal tentunya juga perlu dilakukan diskusi dengan rekan bisnis, harus ada diskusi yang tepat dan jelas tentang pembagian kerja dan keuntungan.

Hal ini tidak menjamin bahwa rencana bisnis impian kamu akan berhasil 100%. Adanya pihak kedua memiliki hak pada bisnis tersebut, sehingga kesepakatan awal sangat penting saat menggunakan cara ini.

Baca Juga : Segmentasi Pasar Ayam Geprek untuk Mengembangkan Bisnis

5. Memanfaatkan tabungan pribadi

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan berikutnya dengan memanfaatkan tabungan pribadi . Secara umum, sebagian besar masyarakat menggunakan tabungan pribadinya sebagai modal usaha. Kamu juga bisa menggunakan cara ini. Perhitungan yang cermat akan membantu kamu mengetahui apakah tabungan kamu cukup.

6. Pinjaman keluarga

Kamu juga bisa mencari pinjaman dari anggota keluarga. Kamu perlu alasan yang jelas dan cara yang tepat untuk meyakinkan keluarga. Pada dasarnya mereka tentu tidak ingin rugi. Oleh karena itu, kamu harus dapat memastikan mereka kapan pinjaman yang mereka tawarkan akan dikembalikan.

7. Menjual atau menggadaikan aset

Cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan yang terakhir dengan menjual barang dan aset yang kamu miliki. Tentunya hal ini mengorbankan barang yang kamu miliki untuk biaya modal usaha kedepannya. Pertimbangkan baik-baik barang mana yang bisa kamu jual.

Baca Juga : Contoh Media Cetak Yang Digunakan Untuk Menyampaikan Sebuah Iklan

Jika kamu tidak memiliki sesuatu untuk dijual, kamu mungkin dapat menggadaikannya. Menjadikan aset sebagai jaminan mungkin merupakan alternatif terbaik selain menjualnya. Namun hal ini juga tidak boleh diremehkan dan diperlukan berbagai perhitungan mengenai resiko terhadap barang yang digadaikan tersebut. Itulah beberapa cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan yang bisa kamu coba. Semoga kamu menemukan cara yang terbaik. Yuk temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan