Blog

7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Part Time Entrepreneur Bagi Mahasiswa

Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Part Time Entrepreneur Bagi Mahasiswa

7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Part Time Entrepreneur Bagi Mahasiswa, Kampus bukan hanya tempat mahasiswa untuk menuntut ilmu, tetapi juga tempat mahasiswa kreatif untuk memulai usaha sampingan. Bahkan, hasil dari bisnis ini seringkali cukup untuk membayar biaya uang kos dan tambahan uang jajan.

Sayangnya, tidak semua mahasiswa mengetahui peluang bisnis di kampus yang tepat untuk mereka. Jika kamu tidak memiliki ide untuk memulai usaha sampingan, berikut adalah beberapa peluang usaha yang cocok untuk part time entrepreneur bagi mahasiswa yang dapat kamu terapkan.

Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Part Time Entrepreneur Bagi Mahasiswa

1. Usaha Jual Beli Makanan Ringan

Peluang bisnis yang pertama adalah bisnis jual beli makanan ringan. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, banyak kantin-kantin fakultas dan kejujuran di kampus yang menerima produk makanan ringan dari mahasiswa seperti lemper, bakso bakar dan lain sebagainya.

Sebagai mahasiswa, kamu tidak perlu membuat makanan sendiri untuk dijual. Kamu dapat dengan mudah membeli dari pasar atau dekat kost dan dijual kembali di kampus. Sasarannya adalah mahasiswa yang sibuk dan tidak sempat membeli makanan untuk siang hari.

Potensi bisnis ini cukup tinggi. Dengan hanya mendapat untung 500 per biji, kamu bisa mendapatkan untung 10.000 kalau jumlah makanan yang kamu jual 20 biji, dan dalam satu bulan bisa mencapai 300.000. Tentunya jumlah keuntungan ini sangat berguna untuk membayar biaya kost. Kamu bisa menggunakan kemasan makanan sebagai wadah makan ringan. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

2. Layanan Jasa Cari Kost

Peluang bisnis lain bagi mahasiswa adalah mencari jasa kost. Bisnis ini menawarkan peluang besar, terutama bagi kampus-kampus yang menampung banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia. Target pasarnya adalah calon mahasiswa yang terkendala jarak dan waktu, tidak sempat untuk mencari kost yang sesuai dengan anggaran dan standar yang diinginkan. Bisnis ini mengefisienkan waktu dan uang mereka.

Meski musiman, peluang bisnis ini sangat besar. Misalnya, jika kamu dapat membangun sistem bisnis yang tepat, kamu dapat menghasilkan keuntungan ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah dalam satu musim.

3. Jual beli barang bekas

Jual beli barang bekas berkualitas adalah cara bagi mahasiswa untuk menghasilkan uang tambahan dan menghemat pengeluaran. Mulai dari pakaian, tas, perabot kost dan gadget, ada banyak sekali barang bekas yang bisa kamu jual.

Setidaknya ada dua cara untuk menjalankan bisnis ini. Opsi pertama adalah membuka gudang sebagai tempat barang bekas yang ingin dijual, atau sekadar membantu memasarkan barang bekas melalui Instagram.

4. Jasa Penerjemah dan Proofread

Bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa ketiga di Indonesia. Sayangnya, tidak semua mahasiswa menguasai bahasa yang digunakan di sebagian besar dunia. Masih banyak mahasiswa yang tidak pandai membaca dan menulis bahasa Inggris.

Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan memulai usaha jasa penerjemah dan proofread, target pasarnya yaitu para mahasiswa yang akan menerbitkan jurnal atau skripsi menggunakan Bahasa Inggris atau sekadar menerjemahkan jurnal dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Jika kamu menerjemahkan 10.000 kata dan menetapkan harga 20 rupiah per kata, maka kamu bisa memperoleh 200.000 per terjemahan. Tantangan dalam membuka usaha ini adalah harus mampu menerjemahkan berbagai bahasa teknis yang biasanya hanya ada dalam konteks tertentu. Misalnya, istilah likuid dalam kimia tentu memiliki arti yang berbeda dengan istilah likuid dalam investasi keuangan.

5. Jasa Desain dan Editing

Layanan lain yang menawarkan peluang besar bagi mahasiswa adalah jasa desain visual seperti poster, video, dll. Untuk menyelenggarakan event tertentu atau mengikuti kompetisi, mahasiswa diwajibkan untuk membuat poster, dan tidak semua mahasiswa pandai membuat karya visual tersebut. .

Kamu dapat menetapkan harga sebesar 50.000 rupiah atau lebih dalam desain kamu. Tetapi kamu juga harus ingat, jangan hanya karena mereka berteman bukan berarti mereka tidak membayar atau menerima biaya layanan serendah mungkin.

Selain menghasilkan uang, kamu juga dapat mempublikasikan karya desain dan pengeditan kamu sebagai portofolio kerja di media sosial. Jadi ketika kamu melangkah ke dunia kerja yang sebenarnya, kamu sudah memiliki catatan pekerjaan.

Baca Juga : Tips Cara Untuk Menggali Ide Ide Peluang Bisnis

6. Usaha Pelatihan Aplikasi Olah Data

Pengolahan data khususnya data kuantitatif seringkali menjadi momok baik bagi mahasiswa S1, S2, maupun S3. Salah satu alasan ini adalah latihan pemrosesan data seringkali tidak didedikasikan untuk kuliah tertentu di kampus lain. Akibatnya, banyak mahasiswa yang bingung saat menulis tugas akhir.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha pelatihan pengolahan data. Tentu saja, jika kamu tahu cara kerja dengan aplikasi pengolah data seperti R, Matlab, Stata, Eviews, SPSS, dan lain-lain.

Peluang keuntungan dari bisnis ini sangat besar. Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang mendirikan layanan pelatihan ini, dalam 6 kali pertemuan pelatihan 1 aplikasi saja mereka bisa menetapkan harga hingga 500.000 per orang.

Untuk pelatihan private, kamu dapat mengenakan biaya 100.000 hingga 150.000 untuk satu kali pertemuan. Pada dasarnya, meskipun terdengar mahal, menguasai aplikasi ini tidak hanya diperlukan jika kamu masih mahasiswa. Kemahiran dalam aplikasi pengolahan data juga diperlukan di dunia kerja, terutama dalam penelitian dan kebijakan publik.

7. Jasa Perbaikan Gadget

Laptop dan handphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi mahasiswa untuk menghadiri perkuliahan dan berkomunikasi dengan sesama mahasiswa. Maka tidak heran jika jumlah permintaan untuk jasa perbaikan gadget ini meningkat di kalangan mahasiswa.

Karena tidak semua mahasiswa dapat membeli gadget baru. Kebanyakan dari mereka akan terus memperbaiki gadget untuk menghemat uang. kamu dapat mengambil kesempatan ini untuk memulai layanan perbaikan gadget. Tentunya dengan menetapkan harga yang terjangkau dan bisa diantar.

Baca Juga : Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional yang Perlu dikembangkan di Indonesia

Itulah beberapa peluang usaha yang cocok untuk part time entrepreneur bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis sampingan. Selain 7 pilihan di atas, mahasiswa juga bisa mendapatkan uang jajan dengan bekerja paruh waktu di restoran, asisten pengajar, atau sebagai pengemudi ojek online. Asal mau berusaha pasti ada jalan. Semoga kamu berhasil!

Related Posts

Tinggalkan Balasan