Blog

11 Contoh UKM Makanan dan Minuman dengan Modal Minim

Contoh UKM Makanan

Contoh UKM Makanan dan Minuman dengan Modal Minim, Usaha kecil menengah (UKM) saat ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah untuk membantu mereka terus tumbuh dan berkembang menjadi usaha besar. UKM adalah salah satu poros roda ekonomi yang harus terus berputar. Pertumbuhan UKM diharapkan dapat memutus siklus pengangguran yang saat ini tengah melilit masyarakat.

Ada banyak produk bernilai yang dihasilkan oleh UKM seperti makanan dan minuman ringan. Produk-produk ini berpotensi tinggi untuk mendapatkan penjualan terlaris. Makanan dan minuman merupakan salah satu produk yang paling sering dibeli untuk kebutuhan masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, makanan dan minuman menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebutuhan dasar manusia.

Karena dianggap sangat laku dan diminati pasar, produk makanan dan minuman ringan menjadi pilihan utama bagi pelaku usaha kecil untuk menjalankan bisnisnya. Banyaknya pelaku UKM yang memilih dunia kuliner mempengaruhi perkembangan produk makanan dan minuman yang lebih beragam. Hal ini membuat semakin banyak persaingan di antara keduanya. Di bawah ini adalah contoh UKM makanan dan minuman ringan terlaris yang diproduksi oleh para pelaku UKM.

Contoh UKM Makanan dan Minuman Terlaris

Jumlah UKM yang memproduksi makanan dan minuman semakin hari semakin meningkat. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya permintaan konsumen. Walaupun persaingan di pasar sangat ketat, tetapi makanan usaha kecil masih menjadi yang terlaris. Produk ini banyak diminati konsumen karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang baik. Berikut contoh UKM makanan dan minuman terlaris.

1. Kopi Bubuk

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak pria dan wanita yang suka meminum minuman pahit ini. Oleh karena itu, usaha kecil yang mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk selalu memiliki penjualan yang tinggi. Apalagi jika biji kopi yang diolah memiliki kualitas terbaik dan menghasilkan cita rasa yang sangat istimewa. Kopi dengan cita rasa terbaik lebih banyak diminati oleh konsumen khususnya pecinta kopi.

2. Susu Sapi Segar

Saat ini sudah banyak peternakan sapi perah yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat dan menghasilkan susu segar alami. Susu yang dipompa dan diproses secara mandiri adalah salah satu produk UKM berkualitas tinggi yang banyak diminati pasar. Karena kealamian dan kemurniannya, produk ini sangat populer di kalangan pembeli. Produk ini memiliki kualitas yang sangat tinggi, karena berbagai kandungan yang masih terjaga.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah alternatif yang baik jika kamu tidak menyukai protein susu sapi atau memiliki alergi. Susu kedelai merupakan salah satu produk terlaris untuk usaha kecil menengah, dengan penjualan yang tinggi setiap harinya. Menggunakan bahan baku yang tersedia, produk ini mudah diproduksi secara massal. Banyak pemilik usaha kecil mendapat manfaat dari produksi susu kedelai.

4. Aneka Keripik

Keripik merupakan salah satu jajanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Karena banyaknya jumlah peminat, produk ini menjadi yang paling laris di pasaran. Ada berbagai jenis keripik yang dihasilkan oleh usaha kecil seperti keripik singkong, keripik talas, keripik jamur, keripik tempe dan keripik pisang. Nama-nama tersebut merupakan jenis keripik yang paling laris sebagai camilan dengan harga yang murah.

5. Macam-macam Kerupuk

Siapa yang tidak suka kerupuk? Makanan renyah ini adalah pelengkap untuk menu apa pun. Jika menyantap makanan tanpa kerupuk, rasanya kurang nikmat. Banyaknya kerupuk yang dikonsumsi menjadikannya salah satu produk UKM terlaris di pasaran.

Bahkan, para pembuat kerupuk bisa menjual ratusan bahkan ribuan kerupuk setiap harinya. Ada banyak jenis kerupuk yang beredar di pasaran, antara lain: Kerupuk kulit, kerupuk udang, kerupuk rambak dll. Walaupun persaingan pasar kerupuk sangat ketat, produk ini selalu laris manis dan pembelinya banyak di pasaran.

6. Kue Kering

Kue kering termasuk dalam kategori produk usaha kecil jajanan terlaris. Penjualan kue kering dipasaran laku hingga puluhan bahkan ratusan bungkus/toples per harinya. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini memiliki potensi yang besar.

Baca Juga : 7 Contoh Teks Mempromosikan Produk

7. Roti Basah

Selain kue kering, penjualan roti basah buatan sendiri juga tidak kalah menjanjikan, roti basah merupakan salah satu makanan UKM terlaris selama ini. Toko roti dari waktu ke waktu terus menawarkan hal-hal baru untuk menarik konsumen. Keragaman variasi dan tampilan potongan menunjukkan bahwa persaingan sangat ketat karena banyaknya pembeli.

8. Tahu

Penjual tahu dapat menghabiskan berpapan-papan tahu siap olah sehingga produksi dari produsen semakin meningkat. Permintaan tahu yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan juga semakin meningkat. Fakta ini menunjukkan bahwa tahu adalah produk terlaris dengan banyaknya pembeli.

9. Tempe

Produk olahan kedelai lainnya yang laris di pasaran adalah tempe. Produsen tempe bisa menghabiskan ratusan kilogram kedelai sebagai bahan baku. Seperti halnya tahu, tempe juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, sehingga banyak dikonsumsi. Pedagang tempe bisa meraup keuntungan dari hasil penjualannya setiap hari.

10. Kecap

Produk kedelai lainnya dengan nilai jual yang baik adalah kecap. Kecap yang terbuat dari kedelai hitam selalu digunakan untuk menambah cita rasa lezat pada berbagai masakan seperti sate, sop, bakso, dan lain-lain. Inilah kenapa kedelai hitam dan produk olahan kedelai lainnya menjadi salah satu produk terlaris bagi usaha kecil dan menengah.

Baca Juga : Cara Mengelola Keuangan Usaha Makanan

11. Olahan Kacang

Mungkin terdengar sepele, namun penjualan olahan kacang sebagai camilan juga sangat tinggi. Selama ini olahan kacang yang banyak beredar di pasaran adalah adalah kacang goreng, kacang bawang, kacang oven, kacang atom dan kacang telor. Produk-produk ini menjadi terlaris dipasaran karena diminati semua kalangan. Beberapa momen santai selalu identik dengan jajanan berbahan dasar kacang ini.

Itulah 11 contoh UKM makanan dan minuman untuk usaha kecil dan banyak beredar dipasaran. Meski masih banyak produk lain yang beredar di pasaran, tetapi produk ini tidak pernah tersingkirkan sedikitpun. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan