Blog

Ide Packaging Makanan Basah Untuk Usaha Makanan

packaging makanan basah

Ide Packaging Makanan Basah Untuk Usaha Makanan – Kemasan atau packaging digunakan untuk melindungi makanan dari kotoran dan bakteri. Namun kemasan juga berguna untuk meningkatkan nilai jual karena keindahan estetika. Pada artikel ini akan dijelaskan ide kemasan makanan yang direkomendasikan untuk setiap jenis makanan. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Ide Packaging Makanan Basah

Pertama, mari kita membahas tentang ide packaging makanan basah. Makanan basah memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga kemasan yang digunakan perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa ide packaging makanan basah yang dapat kamu gunakan.

1. Paper Bowl

Mangkuk kertas atau paper bowl dapat digunakan terutama untuk makanan berkuah seperti bakso, sup, soto, dan lain sebagainya. Packaging makanan basah ini dapat mencegah air yang ada di dalamnya tidak tumpah dan bocor. Walaupun menggunakan kertas, mangkuk kertas memiliki lapisan plastik yang tidak menyerap air.

Untuk tutupnya menggunakan bahan plastik yang juga tahan kebocoran. Kamu dapat membuat desain nama brand dan informasi kontak pada bahan yang satu ini. Ciptakan desain terbaik yang membuat pelanggan bersedia membayar lebih mahal. Kamu bisa menemukan beragam perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

2. Box Karton

Box ini dapat digunakan sebagai packaging makanan basah seperti roti, donat, kue, dan lain sebagainya. Kamu dapat memesan box karton dalam berbagai bentuk dan desain. Tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan ukuran makanan yang kamu jual.

Kamu juga bisa mempercantik kemasan ini dengan desain yang menarik. Selain itu, kamu dapat menggunakan kemasan ini sebagai media promosi dengan menambahkan beberapa informasi penting.

3. Pizza Box

Kamu pasti sudah tahu apa itu pizza box dan seperti apa bentuknya. Pizza box umumnya menggunakan kertas karton tebal yang biasa disebut kardus. Pizza box dikenal sebagai kemasan pizza. Di sisi lain, kemasan ini juga digunakan dalam kemasan makanan lainnya.

Kemasan ini bisa digunakan untuk kue lapis, brownies, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan pita dan kartu ucapan di bagian atas kemasan untuk membuat senang para pelanggan kamu.

4. Cup Mika

Cup mika juga bisa digunakan sebagai packaging makanan basah seperti salad, puding, kue sendok, dan lain sebagainya. Kemasan ini memiliki bentuk yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan jumlah produk yang dijual.

Tersedia beberapa ukuran mulai dari ukuran kecil, sedang dan besar, Tidak hanya itu, ada juga yang berbentuk bulat seperti mangkok, kotak, dan lain-lain. Semakin menarik kemasannya, semakin tinggi harga jual produk tersebut.

5. Box Kaca

Makanan basah seperti puding, macaroni schotel, salad, kari ayam, dan lain-lain bisa dikemas dalam box kaca. Tentu saja harganya akan lebih mahal, namun kilau kaca pada kemasan ini dapat menambah kesan mewah dan higienis.

Selain itu, box kaca ini bisa digunakan untuk mengemas produk makanan yang dapat dipanaskan kembali menggunakan microwave. Dengan begitu, pembeli tinggal membuka kemasannya, memasukkannya ke dalam microwave, dan memakannya saat masih panas. Box kaca umumnya tahan panas, sehingga pembeli tidak perlu menggantinya dengan kemasan lain.

Baca Juga : 12 Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Ide Packaging Makanan Kering

Berikut beberapa ide packaging untuk makanan kering yang tingkat kelembapannya rendah. Namun, makanan kering bisa rusak jika terpapar oleh udara lembab. Dibawah ini terdapat beberapa ide packaging makanan kering yang dapat kamu gunakan:

1. Ziplock

Ide packaging makanan kering yang pertama yaitu plastik dengan perekat ziplock. Biasanya digunakan untuk mengemas keripik, biskuit, abon kering, bubuk bumbu, dll. Kemasan ini mempermudah pembeli menyimpan makanan tanpa harus memindahkannya pada kemasan lain.

2. Plastik Makanan dengan Pengikat

Plastik makanan dengan pengikat kawat juga masih menjadi primadona bagi banyak orang. Plastik ini memiliki desain yang unik dan terlihat sangat minimalis serta tetap terlindung dari kelembapan. Plastik ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan seperti biskuit, onde onde kering, kue cendol keju, dan lain-lain.

Tali pada kemasan ini hadir dalam berbagai bentuk dan menambahkan sentuhan manis pada barang belanjaan yang kamu jual. Kemasan ini bisa kamu desain sendiri disesuaikan untuk penggunaan branding.

3. Botol Kaca

Botol kaca dapat digunakan untuk makanan dalam jumlah sedikit, seperti kukis yang tinggi gula, kukis tinggi karbohidrat, dan lain-lainnya. Botol kaca sangat lucu dan memiliki tutup yang mudah dibuka dan ditutup.

Supaya terlihat lebih menarik, kamu bisa menggabungkan tali rami atau pita dalam botol kaca. Kamu bisa menempelkan stiker di botol kaca atau menggantung kartu ucapan di leher botol tersebut. Stiker dan kartu ucapan dapat meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli.

4. Toples Plastik

Kamu juga bisa memanfaatkan toples plastik untuk menjual makananmu. Toples plastik biasanya digunakan untuk makanan super kering seperti keripik, kerupuk, coklat, dan kue kering. Toples plastik kini hadir dalam berbagai bentuk, bahkan ada yang terlihat seperti toples kaca.

Kemasan ini sangat tahan benturan, sehingga tidak mudah pecah dan terlihat sangat elegan. Tambahkan stiker yang menarik untuk branding atau kamu juga bisa menambahkan pita atau tali rami agar kemasannya lebih menarik.

Baca Juga : Inovasi Makanan Tradisional yang Cocok Untuk Bisnis Kuliner

5. Kaleng

Kaleng juga merupakan pilihan untuk kemasan makanan. Kaleng sering digunakan untuk kue rol, biskuit, kue kering, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat mendesain kaleng semenarik mungkin. Kemasannya terbilang kedap udara, sehingga makanan di dalamnya awet dan tidak mudah lembab.

Kaleng pada umumnya hanya digunakan untuk mengemas makanan pabrikan, jika untuk menjalankan usaha, biasanya menggunakan kemasan lain seperti yang disebutkan di atas.

Itulah beberapa ide packaging makanan basah dan makanan kering yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Dengan begitu, kamu bisa membuat makanan kamu memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Semoga informasi di atas dapat meningkatkan keuntungan dari penjualan kamu. Jangan lupa untuk meningkatkan pemasaran supaya lebih dikenal masyarakat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan