Blog

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia agar Dilirik Pembeli

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia agar Dilirik Pembeli – Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia dan berkembang sangat pesat dari waktu ke waktu. Kehadiran Tokopedia juga melayani berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia melalui toko online terpercaya.

Pada tahun 2019, Tokopedia mencapai peningkatan penjualan sebesar 2,7 juta, naik hingga 70% dari angka penjualan sebelumnya. Angka ini menunjukkan besarnya potensi bisnis yang ditawarkan pasar kepada para pebisnis. Sebagai seorang pebisnis, peluang usaha dalam pemasaran produk secara online sangat tinggi. Nah, untuk meningkatkan penjualan kamu di Tokopedia, berikut adalah tips cara meningkatkan penjualan di Tokopedia.

9 Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

1. Tampilan Produk Menarik

Optimasi produk di Tokopedia sangat penting untuk memaksimalkan promosi dan penjualan. kamu dapat mengatur konten kamu agar lebih rapi, menambahkan konten agar lebih lengkap, dan membuat konten yang menarik untuk mendorong keterlibatan pembeli. Tampilan foto produk, nama produk, deskripsi produk, dll. Untuk memberikan pengalaman konsumen terbaik dan sebagai cara meningkatkan penjualan di tokopedia.

2. Tetapkan Harga Produk yang Kompetitif

Harga merupakan salah satu kriteria terpenting saat konsumen membeli suatu produk. Selisih harga sekecil apa pun, dapat memengaruhi keputusan pelanggan saat ingin membeli produk. Oleh karena itu, harga produk yang kompetitif salah satu cara meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Untuk menentukan harga yang kompetitif, kamu bisa menggunakan fitur recommended harga di Tokopedia. Fitur ini membantu memperkirakan harga rata-rata produk yang serupa di pasaran. Ingatlah juga untuk menggunakan strategi penetapan harga yang tepat agar kamu bisa mendapatkan untung.

3. Optimasi Fitur TopAds

TopAds adalah fitur periklanan yang disediakan oleh Tokopedia yang berpotensi untuk meningkatkan transaksi. TopAds dibagi menjadi 4 pilihan: Iklan Toko, Iklan Produk, Kata Kunci dan Headline. Gabungkan fitur-fitur tersebut dengan media sosial untuk mempromosikan brand atau toko kamu di Tokopedia. Hasilnya, bisnis dan produk kamu berpotensi menjangkau pasar yang lebih besar dan menarik calon konsumen.

4. Optimasi Deskripsi Produk

Menampilkan deskripsi produk yang lengkap dan informatif untuk memenuhi kebutuhan informasi pembeli sebelum mereka melakukan pembelian. Oleh karena itu, penulisan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai merupakan nilai tambah yang penting saat menjual produk.

Saat kamu berjualan secara online, deskripsi produk yang kamu berikan dapat menceritakan sebuah produk kepada calon pelanggan. Suatu produk dianggap jelas dan dapat dipercaya ketika kombinasi foto dan deskripsi produk benar. Di bawah ini adalah informasi yang dapat kamu tambahkan untuk membuat produk lebih menarik dan dapat dipercaya.

  • Foto produk yang jelas dan asli
  • Karakteristik produk
  • keunggulan produk
  • Garansi produk (jika ada)
  • Tips penggunaan produk (jika tersedia dan diperlukan)

5. Repeat Business

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya adalah membangun kepercayaan pelanggan. Selain kinerja penjualan, kepercayaan pelanggan juga penting. Namun, banyak pelaku bisnis hanya fokus pada pelanggan baru dan lalai mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Salah satu cara meningkatkan penjualan di Tokopedia adalah menerapkan repeat business dengan mengajak pelanggan untuk mendaftar dan berlangganan melalui email. Kamu juga dapat menawarkan promosi kepada orang yang telah memesan berkali-kali, atau memberikan kode promosi setelah pembelian pertama untuk mendorong pembeli agar membeli produk kamu lagi.

Baca Juga : 10 Contoh Caption Jualan di Instagram

6. Jadilah Power Merchant

Fitur Power Merchant adalah fitur eksklusif Tokopedia yang tersedia untuk semua penjual. Terdapat beberapa fungsi yang tersedia seperti wawasan pasar, promosi broadcast chat, pengiriman gratis, dan dekorasi toko. Fitur ini memungkinkan kamu mengatur kategori produk sehingga calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari.

7. Aktifkan Fitur Bebas Ongkir

Selain penetapan harga, biaya pengiriman produk atau yang biasa dikenal sebagai ongkir, dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Contohnya kamu memiliki 2 produk serupa dengan harga yang sama, satu dengan pengiriman gratis dan satu lagi tanpa gratis ongkir. Tentu saja, konsumen memilih produk yang gratis ongkir untuk bisa lebih berhemat.

Jadi, aktifkan fitur pengiriman gratis di Tokopedia. Dengan fitur ini, pembeli akan mendapatkan ongkos kirim sebesar Rp. 20.000 untuk pengiriman ke dalam pulau, Rp. 40.000 untuk pengiriman antar pulau dengan nilai transaksi minimal Rp. 50.000, dan Rp. 50.000 untuk pengiriman antar pulau dengan minimal nilai transaksi Rp. 250.000.

8. Optimasi Search Engine

Selain perkembangan teknologi, Google kini menjadi kunci utama bagi masyarakat untuk mencari produk di pasaran. Kondisi ini terjadi karena data yang ditampilkan di halaman web Google berdasarkan kata kunci. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan mesin pencari saat menjual produk di pasaran.

Optimisasi mesin pencari memastikan bahwa produk kamu muncul pertama kali di halaman pencarian google. Hal ini memudahkan calon pembeli untuk melihat produk yang kamu tawarkan dan menjadi tertarik untuk membeli.
Optimisasi ini dilakukan dengan memilih kata kunci, khususnya untuk menentukan barang mana yang akan dijual. Semakin spesifik kata kunci yang kamu gunakan, semakin besar kemungkinan produk kamu terjual.

9. Jadilah Penjual Fast Respon

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya yaitu fast respon, saat menjual produk di marketplace, layanan kepada pelanggan merupakan faktor kunci yang berdampak signifikan terhadap keberlangsungan bisnis kamu. Menjadi penjual yang fast respon dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen. Hal ini juga ada hubungannya dengan orang Indonesia yang sangat pemilih dalam hal belanja online. Oleh karena itu, respon cepat sangat penting bagi pembeli untuk membuat keputusan pembelian.

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Jika kamu menjalankan bisnis online, kamu memerlukan data untuk memahami target pasar dan pesaing. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis dan inovasi apa yang perlu dilakukan untuk menarik lebih banyak konsumen. Ketika konsumen mengunjungi situs e-commerce, mereka tidak akan langsung melakukan pembelian, tetapi juga mencari informasi produk yang benar-benar mereka butuhkan. Sebagai pedagang di e-commerce, kamu harus bisa menggunakan data untuk merekomendasikan produk atau membuat produk yang sesuai dengan minat konsumen.

Optimasi Strategi Marketing dengan Menggunakan Data Insight

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia yang terakhir adalah dengan menggunakan data penjualan produk secara aktual. Kekuatan data aktual dapat membantu kamu membuat strategi pemasaran yang tepat dan meningkatkan pendapatan bisnis online. Data juga membantu kamu merencanakan strategi penjualan produk. Semakin banyak bisnis yang memanfaatkan data dan analitik, semakin besar pertumbuhan bisnis mereka dengan melayani pelanggan lebih baik.

Baca Juga : 8 Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online

Dengan menggunakan data, bisnis dapat membuat analitik prediktif berbasis kebijakan untuk mengidentifikasi pelanggan dan target pasar dari waktu ke waktu. Pengambilan keputusan berdasarkan data pelanggan sangat penting bagi bisnis untuk merespon kebutuhan dan tren pelanggan secara real time. Data ini berperan penting dalam menentukan langkah bisnis ke depan yang sesuai dengan target pasar kamu. Yuk temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan