Blog

Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing

Cara Mengembangkan UMKM

Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing, Apa itu UMKM? UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Definisi UMKM adalah usaha produktif milik orang atau badan yang memenuhi kriteria sebagai usaha. Ada tiga kriteria untuk UMKM yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah.

Bisnis UMKM menjadi peluang usaha yang diincar masyarakat, mengingat banyaknya pengusaha UMKM yang sukses. Tidak diragukan lagi, kamu juga dapat membangun dan mengembangkan bisnis UMKM menjadi usaha yang sukses dan laris.

Mengingat jumlah UKM yang berdiri cukup banyak namun tidak berkembang, maka diperlukan strategi dan cara mengembangkan UMKM yang tepat. Dalam beberapa kasus, banyak pemilik UMKM mengalami kerugian besar dan terpaksa gulung tikar. Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi pada bisnismu, kan? Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa cara mengembangkan UMKM yang efektif. Untuk informasi lebih lanjut, simak artikel berikut ini ya!

Pentingnya Menyusun Strategi dan Cara Mengembangkan UMKM yang Tepat

Pentingnya membuat strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis UMKM tidak perlu diragukan lagi, karena suatu bisnis harus menemukan cara supaya lebih baik daripada bisnis yang lain.

Setiap pemilik bisnis pasti memulai usaha dari nol. Jadi gunakan strategi realistis dan mulailah dari hal-hal yang kecil. Langkah pertama adalah menggunakan beberapa cara dibawah ini.

5 Cara Mengembangkan UMKM

Jika kamu ingin memulai bisnis UMKM, kamu perlu menemukan cara mengembangkan UMKM yang tepat supaya bisnis bertahan lama. Ikuti 5 cara efektif mengembangkan UMKM di bawah ini.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan (Customer Service)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Sebagus apapun produk atau jasa yang kamu berikan, tidak ada artinya jika kualitas layanan yang kamu terapkan sangat rendah.

Misalnya, salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah mau menerima kritik dan saran pelanggan secara lapang dada. Kamu perlu merespon dengan cepat dan memperbaiki apa pun yang mengecewakan pelanggan. Hal ini membantu meningkatkan kualitas layanan bisnis UMKM.

Melakukan Survey Tempat Strategis

Jika kamu ingin membangun bisnis UMKM, cara efektif yang dapat kamu terapkan yaitu dengan membuka cabang baru di lokasi yang strategis. Pengusaha disarankan untuk tidak mudah puas dan terus mencoba hal-hal baru seperti mendirikan bisnis di lokasi yang berpotensi menghasilkan penjualan yang tinggi.

Untuk menemukan lokasi strategis, amati berbagai lokasi di mana target pasar berada. Periksa apakah lokasi tersebut cocok untuk bisnis UMKM. Selanjutnya, buat serangkaian pertanyaan untuk mendukung riset pasar. Contohnya berapa jumlah orang yang kemungkinan besar akan membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis kamu di lokasi tersebut. Data survei ini dikumpulkan dan ditinjau sebelum membuka usaha di lokasi strategis.

Penggunaan E-Commerce

Era digital telah mengubah cara orang berbelanja. Saat ini masyarakat lebih memilih berbelanja online melalui e-commerce karena prosesnya lebih mudah dan cepat dari biasanya. Jika kamu ingin memulai bisnis UMKM, sebaiknya mulai berjualan melalui e-commerce.

Gunakan beberapa situs e-commerce untuk menjual produk dan jasa kamu, dengan tujuan untuk memperluas area target pasar. Dapatkan manfaat dari fitur yang diberikan platform e-commerce tersebut supaya bisnis kamu berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 4 Contoh Pembukuan Usaha Makanan

Mengikuti Perkembangan Teknologi dalam Bisnis

Perkembangan teknologi sudah mempengaruhi banyak hal, mulai dari kehidupan masyarakat hingga dunia bisnis. Mengikuti perkembangan teknologi akan membantu mengembangkan bisnis UMKM dalam hal manajemen, perdagangan, komunikasi dan penjualan.

Menerapkan Sistem Keuangan Digital

Terakhir, cara yang efektif adalah dengan menerapkan sistem keuangan digital. Kehadiran teknologi canggih dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan kinerja pembayaran bagi UKM.

Baca Juga : Contoh Strategi Pemasaran Produk Minuman Paling Efektif

Menggunakan sistem keuangan digital di suatu bisnis pasti akan memudahkan pembayaran bagi pelanggan. Alhasil, pelanggan akan memiliki pengalaman pembayaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan membayar secara offline. Itulah beberapa cara mengembangkan UMKM yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan