Blog

8 Alasan Promosi Menggunakan Media Sosial

Alasan Promosi Menggunakan Media Sosial

8 Alasan Promosi Menggunakan Media Sosial – Masalah anggaran terbatas yang biasanya muncul pada usaha kecil membuat usaha ini sangat berhati-hati dalam memilih strategi pemasarannya. Mengapa bisnis membutuhkan strategi pemasaran media sosial? Apa manfaat bagi bisnis UKM dan bagaimana cara menerapkannya? Simak penjelasan lengkapnya!

Besar kecilnya anggaran harus digunakan dengan bijak sesuai dengan kebutuhan usaha kamu, dan perlu mencapai hasil yang maksimal. Pemasaran media sosial adalah salah satu strategi paling fleksibel dan efektif untuk bisnis kecil. Social media marketing merupakan upaya untuk membuat konten promosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Media sosial dianggap sebagai media yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi penjualan. Media sosial adalah bagian penting dari setiap pemasaran digital, terlepas dari produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Jadi apa yang membuat pemasaran media sosial begitu efektif? Berikut adalah alasan promosi menggunakan media sosial, terutama untuk UKM.

Alasan Promosi Menggunakan Media Sosial untuk UKM

1. Konsumen Beraktivitas di Media Sosial

Di dunia digital saat ini, kebanyakan orang memiliki akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Menurut Digital Around The World 2019, di Indonesia sendiri memiliki lebih dari 150 juta pengguna media sosial dari total populasi 268 juta jiwa. Mereka menghabiskan setidaknya 3 jam 26 menit setiap hari mengakses media sosial dengan alasan apapun.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan promosi menggunakan media sosial, kamu harus mencoba pemasaran media sosial karena konsumen menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial. Banyaknya aktivitas memberikan peluang besar untuk menjangkau konsumen kapanpun dan dimanapun. Jika kamu belum pernah menggunakan media sosial sebelumnya, kamu mungkin kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan konsumen.

2. Mudah Berinteraksi dengan Konsumen

Pengguna media sosial biasanya mengakses akun mereka untuk menemukan percakapan dan informasi terbaru. Media sosial adalah tempat pemesanan produk yang lebih mudah bagi konsumen. Pemasaran media sosial lebih mudah diterima konsumen karena media sosial memungkinkan lebih banyak interaksi dari sisi yang berbeda untuk memasarkan merek usaha kamu.

Alasan promosi menggunakan media sosial karena menawarkan cara menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan konsumen. Selain mengirim pesan pemasaran, media sosial memungkinkan kamu membuat koneksi yang sesuai dengan kepribadian mereka.

3. Meningkatkan Visibilitas Brand

Platform ini membantu kamu membangun visibilitas dan pengakuan terhadap brand. Berikan profil yang jelas dan menarik untuk menggambarkan kepribadian brand kamu. Permudah orang yang tidak mengenal brand kamu untuk mengetahuinya. Ditambah dengan upload konten yang menarik akan meningkatkan nilai brand di mata target konsumen.

Alasan promosi menggunakan media sosial misalnya, konsumen baru menemukan brand kamu di media sosial, mereka mungkin belum pernah mendengar nama brand tersebut sebelumnya. Namun, konten yang jelas dan menarik akan membantu kamu mempelajari lebih lanjut tentang brand dan nilai yang ditawarkannya. Situasi yang sama berlaku untuk pelanggan yang sudah ada. Melihat konten yang menarik di media sosial dapat meningkatkan minat konsumen untuk melakukan pembelian.

4. Wadah Word-Of-Mouth Terluas

Dari mulut ke mulut adalah salah satu sarana pemasaran paling ampuh untuk bisnis apa pun, termasuk UKM. Tidak hanya gratis, tetapi juga sangat efektif untuk membangun kepercayaan. Dalam banyak hal, media sosial telah menjadi media yang sangat luas untuk word of mouth.

Alasan promosi menggunakan media sosial karena konsumen lebih cenderung percaya dan membuat keputusan pembelian setelah mendengar review dari teman dekat dan influencer favoritnya. Media sosial memudahkan konsumen untuk memberikan ulasan dan merekomendasikan produk atau layanan kepada teman dan keluarga.

5. Mempunyai Banyak Jenis Platform dengan Tipe Konsumen Berbeda

Media sosial juga memiliki berbagai jenis platform dengan target audiens yang berbeda. Dengan sedikit analitik dan inovasi pemasaran, kamu dapat secara strategis menargetkan konsumen yang berbeda di platform apa pun. Selain memposting konten promosi di media sosial, gunakan berbagai platform untuk menjangkau target pasar yang tepat.

Buat daftar ringkas demografi konsumen yang dikategorikan menurut jenis kelamin, usia, lokasi, minat, merek yang mereka ikuti, hobi, dan lainnya. Semakin detail semakin baik. Informasi ini akan memberi kamu wawasan yang lebih baik tentang platform yang kamu gunakan dan membantu menyesuaikan konten untuk setiap platform supaya kamu dapat memutuskan untuk memanfaatkannya secara maksimal.

6. Membantu Targeting dan Retargeting Konsumen

Bisnis tanpa tujuan yang jelas hanya akan membuang-buang sumber daya. alasan promosi menggunakan media sosial karena dapat digunakan untuk menargetkan konten iklan ke konsumen, mendistribusikan konten, dan kemudian menargetkan kembali sebagian audiens yang tidak terkonversi menjadi konsumen.

Misalnya Facebook dapat menargetkan pengguna berdasarkan lokasi, riwayat pembelian, halaman yang dikunjungi, bahkan tingkat pendidikan. Dengan kemampuan penargetan yang canggih, media sosial dapat membantu kamu menargetkan konsumen yang berpotensi.

7. Menggunakan Biaya Lebih Efektif

Alasan promosi menggunakan media sosial yaitu kamu dapat membuat akun gratis di platform apa pun. Oleh karena itu, pemasaran menggunakan media sosial menjadi cara yang paling ekonomis. Pemasaran ini mengharuskan kamu menginvestasikan waktu dalam membuat dan menerbitkan konten serta terlibat dengan audiens.

8. Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya, efektivitas pemasaran media sosial diukur dari kemampuannya menghasilkan penjualan. Menurut data statistik, bahwa 70% penjual mendapatkan pelanggan baru melalui media sosial. Berinteraksi dengan konsumen yang potensial secara teratur adalah cara yang efektif untuk membuat mereka membeli produk dan mengubahnya menjadi pelanggan. Sebelum memulai pemasaran, berikut beberapa rekomendasi strategi pemasaran dengan anggaran rendah melalui media sosial.

Baca Juga : 8 Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online

Promosi Menggunakan Media Sosial dengan Budget Rendah

Sebelum memutuskan media sosial mana yang akan digunakan, sebaiknya riset terlebih dahulu siapa target pasar kamu. Jika target kamu adalah anak muda, menggunakan Instagram lebih efektif. Namun, jika tujuan kamu lebih umum untuk semua kalangan, Facebook mungkin merupakan pilihan yang baik.

Tentukan Kepribadian

Jika kamu mencermati media sosial brand-brand terkenal, kamu pasti akan menemukan kepribadian dan persona yang berbeda. Ada yang menyampaikannya dengan santai, dengan humor, dan dengan serius. Tidak ada yang salah dengan ini, tetapi kamu harus ingat bahwa ketika menentukan kepribadian, hal itu harus selaras dengan bisnis kamu.

Jika target kamu adalah anak muda, kamu bisa memilih gaya santai, namun jika target utama kamu adalah orang dewasa, dengan pembawaan yang serius adalah pilihan yang tepat. Selain memilih kepribadian yang tepat, kamu juga harus konsisten dengan hal tersebut.

Strategi Konten

Akan menjadi masalah jika yang kamu lakukan di media sosial tidak memiliki konten yang menarik. Ada yang mengatakan konten adalah raja, jadi kamu harus bersaing untuk membuat konten terbaik. Jika kamu tidak tahu cara menulis, kamu bisa menggunakan jasa penulis.

Apabila media sosial pilihan kamu adalah Instagram, modal utamanya adalah kamu harus bisa memposting foto yang layak untuk Instagram. Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto produk dengan angle yang menarik.

Strategi Promosi

Pilih waktu dan waktu yang tepat untuk menjalankan promosi. Walaupun promosi tersebut disukai konsumen, jangan menjalankan promosi setiap hari. Mengapa? Selain mendatangkan keuntungan kecil bagi kamu, membuat promosi setiap hari juga bisa membuat konsumen bosan dan meninggalkan produk kamu. Supaya lebih aman, kamu bisa berpromosi dengan artikel yang informatif dan postingan yang menarik.

Buat Jadwal Rutin

Pemasaran media sosial harus dilakukan secara konsisten, Jika hanya melakukannya seminggu sekali, pelanggan akan melupakan produk tersebut. Oleh karena itu, diperlukan jadwal yang teratur berdasarkan jadwal harian, mingguan, dan bulanan.

Jalin Kerjasama dengan Influencer

Influencer media sosial adalah individu yang memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak dan memiliki kemampuan untuk menciptakan dan mempengaruhi semua pengikut. Yang harus kamu lakukan adalah menemukan influencer yang relevan dan mempromosikan produk yang kamu jual. Harga setiap posting influencer biasanya tergantung pada jumlah pengikut yang mereka miliki, tetapi umumnya harga mereka masih masuk akal bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas.

Jalin Komunikasi Efektif

Setelah menerapkan semua strategi di atas, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjalin komunikasi dengan konsumen di media sosial. Melalui interaksi tatap muka, kamu dapat membangkitkan minat pada produk dan mendapatkan teman dan pengikut setia.

Baca Juga : Informasi Yang Harus Ada Pada Label Kemasan

Tentu saja, hal ini merupakan salah satu promosi gratis yang bisa kamu lakukan. Jadi jangan bosan menambahkan teman ke media sosial yang kamu miliki. Bidang social media marketing menjadi salah satu andalan untuk melakukan promosi secara murah dengan hasil yang maksimal. Itulah alasan promosi menggunakan media sosial yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnis kamu. Yuk temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan