Blog

6 Jenis Karton Untuk Kemasan

jenis karton untuk kemasan

Jenis Karton Untuk Kemasan, jenis karton yang beragam di pasaran membuat banyak pilihan yang dapat dipilih oleh semua orang. Dengan adanya pilihan tersebut, kamu dapat memastikan karakteristik, kelebihan sampai kekurangan masing-masing jenis karton untuk kemasan supaya bisa mendapatkan karton yang sesuai dengan keperluan.

Kebutuhan akan kertas karton lebih banyak dijumpai dalam usaha industri seperti percetakan dan packaging, sedangkan untuk packaging, kertas karton memiliki karakter yang kokoh dan tebal sehingga sangat cocok untuk menjadi wadah barang-barang tertentu. Kertas karton juga cukup awet dan tahan lama.

Apa Itu Karton?

Paper board atau kertas karton dikenal sebagai jenis kertas yang berukuran lebih tebal dari kertas pada umumnya. Sebagai kertas yang memiliki karakter kuat dan tebal, karton memang menjadi alternatif yang bagus untuk segala jenis kebutuhan. Kertas karton dapat digunakan untuk melengkapi keperluan di usaha percetakan. Sebelum menggunakan jenis karton untuk kemasan, ada baiknya kamu memahami jenis karton yang ada di pasaran.

Jenis Karton Untuk Kemasan Produk Karton Box

Bingung memilih jenis karton untuk kemasan karton box? Pilihan kamu harus sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Namun, kamu juga wajib mempertimbangkan bahwa harga kemasan produk tidak terlalu tinggi. Untuk membantu kamu dalam mencari jenis karton untuk kemasan, berikut ini ulasan bahan kemasan karton box yang dapat kamu pilih.

1. Duplex

Bahan duplex adalah bahan yang paling sering kali digunakan dalam pembuatan karton box. Ciri-ciri duplex ada pada warnanya, di mana terdapat sisi berwarna putih dan sisi berwarna abu-abu dalam satu lembar duplex.

Contoh karton box yang memakai duplex yaitu box makanan catering dan box kue kering, Harganya bermacam-macam, tergantung pada ukuran dan gramasi duplex yang dipilih, mulai dari 250 gram sampai 400 gram. Semakin berat akan semakin mahal harganya, tetapi tetap saja duplex menjadi bahan yang harganya paling ekonomis dari jenis karton lainnya.

2. Ivory

Ivory bisa menjadi pilihan kedua yang dapat kamu pilih ketika mencari jenis karton untuk kemasan makanan. Jenis kertas ini telah lulus uji food grade. Kertas ivory sendiri adalah perpaduan antara art carton dan matte paper, di mana satu sisi dari kertas ivory ini punya finish yang glossy, sementara satu sisi lainnya mempunyai finish yang doff.

Sejumlah jasa percetakan bahkan dapat menambah finish emboss pada kertas ivory. Sifatnya yang kokoh membuat ivory sebagai pilihan jenis karton untuk kemasan. Harga kemasan produk berbahan dasar ivory malah bermacam, tergantung ukuran dan gramasi, sedikit lebih mahal dari bahan duplex.

3. Art paper

Desain yang dicetak pada art paper akan tampil lebih lux dengan warna yang lebih vibrant. Keunggulan lainnya yaitu tipe art paper yang tidak gampang sobek, terlipat, maupun rusak karena air. Ini dikarenakan art paper mengandung air dan minyak, menjadikan tinta yang tercetak di atas permukaannya lebih tahan lama.

Tampilan art paper sendiri sudah glossy, bisa juga kamu tambahkan dengan laminating doff, laminating glossy, hingga UV spot. Untuk mendapatkan hasil kemasan produk yang lebih menarik. Art paper termasuk bahan yang gampang ditemukan, Kamu dapat mencarinya di percetakan terdekat. Soal harga, art paper sedikit lebih mahal dari ivory. Kamu juga dapat memilih ukuran dan gramasi yang paling ideal, mulai dari 150 gram sampai 400 gram.

4. Corrugated box

Corrugated box sendiri terbuat dari sebagian lapis kertas kraft yang di tengahnya terdapat lapisan bergelombang. Lapisan bergelombang yang menjadi bantalan supaya barang yang dikemas tidak gampang rusak.

Tidak hanya dari kertas kraft saja, kini corrugated box juga dapat dipadukan dengan duplex dan dicetak full color untuk produksi kemasan berdesain indah. Terdapat 3 variasi corrugatedbox yang dapat dipilih, yaitu single wall, double wall, dan triple wall. Semakin tebal, akan semakin mahal juga harganya, tergantung pada ukuran corrugated box.

5. Kraft

Kertas kraft ini berwarna cokelat dengan pembuatannya dari serat kayu dan juga kertas daur ulang. Kertas kraft juga multifungsi, umum diaplikasikan sebagai bahan dasar pembuatan karton box, paper bag, karung, hangtag, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua kertas kraft punya tampilan luar berwarna cokelat.

Secara singkat, ada dua variasi kertas kraft, yaitu brown kraft dan white kraft. Perbedaan keduanya ada pada warna lapisan luarnya, namun lapisan dalamnya tetap berwarna cokelat. Harga jenis karton untuk kemasan yang satu ini sangat bervariasi, tergantung ukuran dan gramasi, serta dihitung per lembar atau per gulungan.

6. Yellow board

Lebih dikenal dengan istilah karton, yellow board wajib dilapisi dengan jenis kertas lain supaya dapat dicetak warna. Daya tahan dari yellow board tidak perlu diragukan lagi. Karena yellow board sering kali digunakan sebagai bahan dasar hard cover. Sejumlah produk yang umumnya dikemas dengan yellow board antara lain box ponsel, box kacamata, kartu undangan, box cincin, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan jenis kertas lain yang mempunyai gramasi, yellow board dipasarkan menurut ketebalannya, mulai dari YB 25 sampai YB 40. Harganya memang lebih mahal dari yang lain, tapi sebanding dengan kokohnya bahan yang satu ini.

Itulah sejumlah jenis karton untuk kemasan. Soal produksi kemasan, kamu dapat bekerja sama dengan irppapercup.com. Mulai dari konsultasi desain, bahan kemasan, sampai produksi akan dikerjakan secara online, bebas antri! kamu akan menerima harga kemasan produk terbaik dengan hasil produksi kemasan yang sesuai harapan.

Related Posts

Leave a Reply