Blog

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan

strategi pemasaran produk makanan ringan

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan – Bisnis makanan ringan di Indonesia saat ini semakin berkembang. Banyaknya inovasi produk makanan ringan dan kemudahan memperoleh informasi dari berbagai sumber terutama internet menjadi faktor pendorongnya.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis makanan ringan, sangat penting untuk mengetahui strategi pemasaran produk makanan ringan yang sukses. Strategi pemasaran produk makanan ringan berbeda dengan strategi pemasaran restoran karena adanya perbedaan segmen pasar.

Strategi pemasaran produk makanan ringan berfokus pada orang-orang yang menyukai cemilan, tidak membutuhkan makanan berat dan suka dengan rasa tertentu, sedangkan restoran berfokus pada orang-orang yang menginginkan makanan berat seperti makan siang atau makan malam.

Untuk menjalankan bisnis makanan ringan yang sukses, kamu perlu mengetahui strategi pemasaran produk makanan ringan yang efektif. Sebagian besar usaha makanan ringan merupakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Usaha Kecil Menengah harus memiliki strategi agar bisnis kamu dapat bertahan dan berlanjut.

Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis makanan ringan, atau sudah memilikinya, yuk simak 10 strategi pemasaran produk makanan ringan untuk membantu kamu menjual produk lebih cepat.

1. Tentukan Segmen Pasar

Pertama, kamu perlu menentukan segmen pasar untuk produk kamu. Setelah kamu memahami segmen pasar, maka akan lebih mudah untuk memasarkan bisnis makanan ringan kamu dengan menciptakan produk yang tepat untuk mereka.

2. Buat Produk yang Unik dan Tonjolkan Keunikan tersebut

Kamu perlu membuat jajanan yang unik. Tujuannya adalah menjadikan makanan ringan yang menarik perhatian pelanggan. Terus tekankan keunikan ini dalam branding kamu, gunakan Kemasan Makanan ataupun Paper Cup Berkualitas untuk kebutuhan bisnis makanan ringan di Irppapercup.com

3. Maksimalkan Penggunaan Social Media Marketing

Saat ini adalah era internet dan media sosial, strategi pemasaran produk makanan ringan harus memanfaatkan media sosial. Media sosial yang populer saat ini yaitu Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Buat konten menarik di media sosial tentang produk makanan ringan.

4. Pakai Jasa Influencer

Gunakan juga jasa influencer sebagai strategi pemasaran produk makanan ringan yang efektif. Karena influencer memiliki potensi followers yang nantinya akan membeli produk setelah dipromosikan oleh influencer tersebut. Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk sering digunakan dalam strategi pemasaran makanan.

5. Jual Produk Anda di Aplikasi Marketplace

Selain itu, jual produk kamu di platform marketplace ternama di Indonesia karena marketplace memiliki trafik pengunjung yang tinggi. Marketplace tersebut antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada. Saat menjual produk di Marketplace, ingatlah untuk memperhatikan kedaluwarsa produk dan tanggal kadaluwarsa.

6. Ikut dalam Event yang Cocok

Untuk mempromosikan bisnis makanan ringan kamu secara efektif, hadiri acara yang sesuai dengan target pasar produk kamu. Misalnya menyewa stand atau mensponsori suatu acara. Dengan cara ini, merek produk kamu akan dikenal oleh lebih banyak orang.

Baca Juga : 15 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Makanan

7. Gunakan Strategi Bundling

Hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai strategi pemasaran produk makanan ringan adalah strategi bundling. Jual produk kamu bersamaan dengan produk lain (bisa milik orang lain atau milik kamu sendiri). Contoh pemasaran bundling adalah menjual makanan ringan dan minuman dalam satu harga yang lebih murah.

8. Kerjasama dengan Partner yang Tepat

Letakkan juga produk makanan ringan di tempat yang tepat. Misalnya kantin sekolah atau toko yang khusus menjual makanan ringan. Partner ini biasanya diminta untuk menjual produk secara konsinyasi. Lakukan ini sebagai bagian dari pemasaran konvensional untuk bisnis makanan ringan.

9. Terus Berinovasi

Jangan pernah berhenti berinovasi dalam memproduksi produk dan memikirkan strategi pemasaran produk makanan ringan. Hanya dengan berinovasi bisnis makanan ringan akan bertahan dan berkembang.

Baca Juga : Kemasan Yang Dapat Dipakai Berulang Kali, Kenali Jenis-jenisnya

10. Gunakan Aplikasi dalam Penjualan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam melakukan strategi pemasaran produk makanan ringan adalah penggunaan aplikasi penjualan. Menggunakan aplikasi penjualan dapat mempercepat proses penjualan dan membuat catatan penjualan menjadi rapi dan teratur. Itulah beberapa strategi pemasaran produk makanan ringan yang bisa kamu terapkan ketika memulai bisnis makanan ringan, semoga bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan