Blog

Tips Membuat Desain Packaging Makanan Ringan Kekinian

Tips Membuat Desain Packaging Makanan Ringan Kekinian

Tips Membuat Desain Packaging Makanan Ringan Kekinian, Bagaimana cara membuat desain packaging makanan ringan kekinian yang unik dan menarik? Simak tipsnya di Blog IRP Paper Cup

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kondisi kompetisi pemasaran produk makanan ringan semakin ketat. “Estetika” dapat berfungsi sebagai suatu “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian para pembeli atau konsumen.

Persaingan produk makanan ringan tidak lagi terbatas pada keunggulan kualitas atau teknologi canggih saja, tetapi juga pada usaha untuk menerima nilai tambah untuk memberikan emotional benefit kepada para konsumen.

Salah satu usaha yang bisa ditempuh untuk menghadapinya yaitu dengan membuat desain packaging makanan ringan kekinian yang unik dan menarik. Daya tarik suatu produk tak dapat terlepas dari desain packaging, karena packaging adalah pemicu utama yang langsung berhadapan dengan konsumen.

Oleh karena itu, desain packaging makanan ringan yang ingin dibuat, harus bisa mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon yang positif, yaitu membeli produk. Desain packaging makanan memiliki peran yang cukup penting dalam upaya menarik ketertarikan pembeli dan meningkatkan penjualan suatu produk.

Itulah kenapa para pebisnis saat ini seharusnya mulai melihat desain packaging untuk menambah nilai jual suatu produk. Apalagi kalau produk yang dipasaran semakin banyak jumlah dan jenisnya sehingga memerlukan pembeda antara satu produk dengan produk lainnya. Salah satu pembeda yang dimaksud merupakan packaging dan desainnya.

Desain produk harus disesuaikan dengan target pasar yang akan ditargetkan. Setiap kelas konsumen mempunyai karakteristik sendiri. Mulai dari wujud, warna, grafis, merek, ilustrasi, huruf serta tata letak desain akan berbeda di setiap kelas konsumen. Itulah kenapa desain packaging makanan ringan seharusnya disesuaikan.

Bagaimana Membuat Desain Packaging Makanan Ringan Yang Dapat Menarik Konsumen?

Kunci utama untuk membuat sebuah desain packaging makanan ringan yang baik dan benar yaitu dengan membuat packaging tersebut harus sederhana, simpel, fungsional dan menghasilkan tanggapan emosional positif yang secara tidak langsung membujuk para konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain itu, packaging juga sepatutnya bisa menarik perhatian secara visual, emosional dan rasional. Sebuah desain packaging makanan ringan sepatutnya memberikan sebuah poin tambah terhadap produk yang dikemasnya. Menurut penelitian, dari semua aktivitas manusia, 80 % yakni melalui penglihatan.

Oleh sebab itu, faktor elemen desain grafis dari packaging makanan ringan seperti warna, format, merek, ilustrasi, huruf dan tata letak merupakan faktor visual yang mempunyai peran terbesar dalam pengerjaan penyampaian visual communication.

Agar packaging makanan ringan yang sudah kamu desain dapat laku terjual, maka penampilan sebuah packaging mesti mempunyai daya tarik yang bisa digolongkan menjadi dua, yaitu daya tarik visual (keindahan) dan daya tarik praktis (fungsional).

Berdasarkan hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur yang berjudul How Packaging Is Influencing the Marketing Strategy, packaging bisa menarik perhatian para pembeli atau konsumen terhadap merek tertentu dan dapat meningkatkan citra dari suatu produk

Baca Juga : Packaging Makanan Unik Agar Produk Terlihat Menarik

Desain packaging bisa berfungsi sebagai :

  • Meningkatkan brand awareness dan mutu produk tersebut
  • Membantu pemasaran, karena dalam desain packaging umumnya tercantum informasi penting seperti merek bisnis, jenis produk, label produk, expiry date, kandungan nutrisi serta domisili dan keterangan produsen.
  • Menjaga kualitas barang di dalamnya

Faktor-Faktor Ketika Ingin Membuat Packaging Makanan Ringan

Desain packaging makanan ringan harus dibuat semaksimal mungkin serta dapat menampilkan beberapa faktor, seperti berikut ini :

  1. Faktor keamanan, Packaging harus bisa melindungi sebuah produk terhadap berbagai kemungkinan yang bisa menjadi penyebab timbulnya kerusakan barang.
  2. Faktor ekonomi, Perhitungan tarif produksi yang efektif. Termasuk pemilihan bahan sehingga tarif tidak melebihi proporsi manfaatnya.
  3. Faktor pendistribusian, Packaging makanan ringan harus mudah didistribusikan. Mulai dari pabrik ke distributor maupun pengecer sampai ke tangan konsumen.
  4. Unsur komunikasi, Sebagai media komunikasi, desain packaging makanan ringan diharapkan mampu menjelaskan dan mencerminkan produk.
  5. Faktor ergonomi, Pertimbangan agar packaging makanan mudah dibawa
  6. Faktor estetika, Dengan tujuan menempuh kualitas daya tarik visual secara optimal.
  7. Faktor identitas, Desain packaging makanan ringan harus dibuat berbeda dengan packaging kompetitor. Tujuan memiliki identitas produk agar mudah dikenali dan dibedakan dengan produk-produk yang lain.
  8. Faktor promosi, Packaging mempunyai peranan penting dalam bidang promosi. Dalam hal ini packaging berperan sebagai silent sales person.
  9. Faktor lingkungan, Dengan cara menggunakan kemasan-kemasan yang ramah lingkungan (environmentally friendly), dapat didaur ulang (recyclable) atau dapat dipakai ulang (reusable).

Nah, itulah beberapa Tips Membuat Desain Packaging Makanan Ringan Kekinian, Semoga postingan ini bisa meningkatkan keuntungan kamu dari penjualan makanan. Jangan lupa juga untuk meningkatkan pemasaran supaya lebih diketahui masyarakat.

Related Posts

Leave a Reply