Blog

Cara Mengambil Keuntungan Dropship untuk Pemula

cara mengambil keuntungan dropship

Cara Mengambil Keuntungan Dropship untuk Pemula, Menjadi seorang dropshipper membutuhkan strategi untuk memaksimalkan keuntungan. Bagaimana cara mengambil keuntungan dropship tergantung pada margin yang kamu tentukan. Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Di dunia digital saat ini, bisnis online semakin diminati dan salah satunya adalah menjadi dropshipper. Selain jam kerja yang fleksibel, keuntungan dropshipper yang menggiurkan menjadi alasan lain mengapa bisnis ini banyak diminati.

Selain itu, kamu bisa menjadi dropshipper dengan margin keuntungan ratusan hingga jutaan rupiah per bulan hanya dengan terhubung dengan smartphone kamu. Menjalankan bisnis ini berarti kamu tidak perlu memikirkan proses produksi. Cukup menjual produk jadi dari pemasok dan produk dikirim langsung ke konsumen. Tertarik? mari kita lihat contoh dan cara mengambil keuntungan dropship.

Cara Mengambil Keuntungan Dropship Hanya Modal Internetan

Keuntungan yang sangat menjanjikan menjadikan metode dropship semakin banyak diminati oleh para pebisnis online. Jenis usaha ini tidak mengharuskan kamu untuk menyimpan barang atau menyewa tempat usaha, kamu hanya perlu menyediakan dan menjual barang kepada pelanggan. Dropshipper memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Jam Kerja Fleksibel

Ingin menghasilkan uang sampingan tanpa terikat dengan perusahaan? Menjadi seorang dropshipper bisa menjadi keputusan bisnis yang tepat. Kamu dapat dengan bebas mengatur jam kerja dan tempat kerja sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Kamu tidak harus datang ke kantor setiap hari.

2. Tidak Perlu Modal Besar

Keuntungan dari bisnis dropship adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti yang telah disebutkan, yang kamu butuhkan hanyalah smartphone, jaringan, dan kemauan. Hal ini karena sistem dropship mengambil barang dari pihak ketiga dan menjual langsung ke pelanggan. Dengan cara ini tidak perlu lagi menyimpan barang dan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

3. Berbagai Pilihan Produk

Semakin banyak variasi produk yang ditawarkan, semakin banyak peluang yang kamu miliki. Sebagai dropshipper, kamu dapat menawarkan produk yang berbeda ke beberapa pelanggan secara bersamaan.

4. Tidak Ada Biaya Sewa

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah biaya sewa tempat yang tidak murah. Tapi jangan khawatir, dengan menggunakan metode dropship memungkinkan kamu untuk melewatkan biaya operasional.

5. Minim Resiko

Tidak seperti bisnis lainnya, kamu menghadapi risiko yang relatif lebih kecil jika kamu memutuskan untuk menjadi dropshipper. Hal ini karena kamu dapat menyesuaikan promosi dengan produk yang sedang tren tanpa risiko kehabisan stok saat tren pembeli berubah.

Sistem Bisnis Menjadi Dropshipper

Kamu mungkin sudah memiliki gambaran sebagai dropshipper dan sudah mengetahui poin-poin plus–nya. Lalu bagaimana dengan sistem transaksi yang terjadi? Jadi pertama-tama kamu perlu menemukan merchant atau supplier tempat kamu ingin mengambil barang. Kemudian pasarkan di toko online atau iklankan di media sosial.

Jika ada pembeli yang tertarik, pembeli melakukan pemesanan di toko online kamu. Sementara itu, kamu melakukan pemesanan pada merchant atau supplier, alamat pengiriman akan menjadi alamat pembeli, dan nama pengirim adalah nama kamu. Margin atau keuntungan didapat dari selisih antara harga beli dan harga jual produk.

Baca Juga : 10 Kelebihan Instagram Untuk Bisnis Sebagai Media Promosi

Simulasi Cara Mengambil Keuntungan Dropship

Kamu akan semakin tertarik menjadi dropshipper setelah mengetahui berbagai keuntungannya, namun masih bingung ingin menjalankan bisnis dropship yang seperti apa? Jika iya, simak rekomendasi bisnis dropship dan beberapa cara mengambil keuntungan dropship.

1. Perkiraan Keuntungan Dropship Pakaian

Pakaian adalah salah satu bisnis yang tidak pernah ada habisnya. Selama ada tren dan produk baru, peluang bisnis selalu terbuka. Tidak hanya peminatnya yang banyak, penjual toko pakaian juga mudah ditemukan dengan berbagai macam harga dan produk yang beragam.

Jika kamu menjadi dropshipper pakaian, kamu bisa mendapatkan keuntungan 300 juta hingga 3 juta per bulan. Untuk perkiraan transaksi:

Contoh: Menerima harga kaosnya Rp 70.000 dari pengecer, diiklankan di media sosial dengan harga Rp 90.000.

Setelah itu, setiap harinya mendapatkan pesanan 1 pcs kaos seharga Rp 90.000. Sementara itu kamu hanya membayar Rp 70.000 kepada merchant dan menerima keuntungan Rp20.000 per pcs.

Rata-rata pesanan 1 pcs kaos x 30 hari (sebulan) x Rp 20.000 (untung rata-rata per pcs) = Rp 600.000. Maka kamu akan mendapatkan keuntungan Rp 600.000 per bulan. Untuk keuntungan bersihnya tinggal dikurangi biaya internet yang harus dikeluarkan untuk 1 bulan.

Semakin banyak orang mengenal kamu, semakin luas juga relasi yang kamu miliki, kamu dapat menjual 5 pcs per hari. Jadi keuntungan kamu adalah 5 kaos x 30 hari x Rp 20.000 = Rp 3.000.000. Semakin tinggi jumlah pesanan, semakin besar keuntungannya.

2. Keuntungan Dropship Makanan Ringan

Saat ini makanan ringan dan frozen food sedang banyak peminatnya. Meskipun keuntungannya relatif kecil, peluang pelanggan untuk membeli kembali atau membeli dalam jumlah banyak lebih terbuka daripada usaha pakaian.

Untuk setiap bungkus makanan ringan misalnya Baso Aci, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp 1.000 per pcs dengan harga beli Rp 8.000 dan harga jual Rp 9.000. Dengan rata-rata orang membeli adalah 5 bungkus dan per harinya rata-rata pembeli berjumlah 10 (karena kebanyakan orang lebih suka jajan sebagai kebutuhan rutin sehari hari)

Dapat diperkirakan keuntungan per bulan yaitu 5 pcs x 10 (rata-rata pembeli per hari) x Rp 1.000 (untung per bungkus) x 30 (hari kerja) = Rp. 1.500.000.

Hal ini berlaku jika kamu hanya mengambil keuntungan Rp 1.000 dan menjual 1 macam jajanan. Semakin beragam produk yang kamu jual, semakin tinggi keuntungan yang kamu dapatkan.

3. Peralatan Rumah Tangga

Keuntungan dropship bisa kamu rasakan tidak hanya pada pakaian dan makanan ringan, tetapi juga untuk penjualan peralatan rumah tangga. Saat ini banyak ibu-ibu ingin memiliki rumah yang indah. Kamu bisa menawarkan produk-produk rumah tangga yang unik dan multi-fungsi yang memungkinkan kamu memperoleh keuntungan besar dengan perkiraan transaksi sebagai berikut:

Kamu dapat mengambil keuntungan Rp 4.000 untuk barang yang harga belinya melebihi Rp. 40.000, seperti keranjang pakaian kotor. Untuk barang yang harga belinya dibawah Rp 20.000 – Rp 40.000 mendapatkan keuntungan Rp 3.000, dan yang terakhir mengambil keuntungan Rp 2.000 untuk perlengkapan rumah tangga seperti hook, tissu, saringan teh dan lain sebagainya.

Jika ada 3 pembeli setiap hari dan menjual 3 jenis barang, perkiraan keuntungan bulanan adalah Rp 9.000 (keuntungan 3 tingkatan barang) x 3 pembeli x 30 hari = Rp 810.000.

Itulah beberapa perkiraan keuntungan awal bisnis yang cenderung sepi pembeli. Kita dapat memperkirakan bahwa dalam satu hari dapat menjual 5 barang atau lebih dan memiliki 10 orang pembeli.

Baca Juga : 20+ Peluang Usaha di Kota Kecil yang Menguntungkan

Jadi bagaimana, sudah memutuskan jenis dropshipper mana yang akan kamu jadikan bisnis? Persiapkan juga strategi pemasaran yang kamu rencanakan, sehingga kamu dapat memulai promosi yang ditargetkan. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan