Blog

Cara Mengawetkan Makanan Dalam Kemasan

Cara Mengawetkan Makanan Dalam Kemasan

Cara Mengawetkan Makanan Dalam Kemasan – Mengawetkan makanan sangat membingungkan bagi beberapa produsen. Ada banyak jenis produk di pasaran, mulai dari yang berbentuk padat, cair, hingga gas. Khusus pada makanan, bentuk produk yang ada pada umumnya hanya diklasifikasikan menjadi produk padat dan cair. Berbagai bentuk dan jenis produk yang tersedia biasanya berdampak pada kualitas produk dan ketahanan produk.

Ketika berbicara tentang suatu produk, kita pasti membahas tentang kualitas dan daya tahannya. Kualitas dan daya tahan produk seringkali memengaruhi dampak yang signifikan terhadap harga jual suatu produk.

Dalam hal makanan, kualitas makanan dan umur simpan makanan sangat memengaruhi terhadap kepuasan konsumen. Kualitas makanan yang tidak baik akan memiliki citra buruk di mata konsumen. Terlebih jika produk yang tidak tahan lama, maka produk akan sangat sulit untuk dijual di pasaran.

Ada banyak cara mengawetkan makanan dalam kemasan yang perlu diperhatikan oleh produsen makanan. Setiap produk memiliki caranya sendiri untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur simpan. Namun, sebagai produsen, kamu juga dapat memaksimalkan ketahanan produk dengan berbagai cara.

Sejauh ini, produk yang dianggap cepat basi perlu mendapatkan perlindungan lebih. Misalnya, frozen food yang dikenal sebagai makanan cepat basi. Selain frozen food, produk-produk lain juga memiliki umur simpan yang pendek dan cenderung mudah basi.

Berikut adalah beberapa cara mengawetkan makanan dalam kemasan untuk memperpanjang umur simpan makanan kamu. Sebelum menggunakan cara di bawah ini, sesuaikan cara yang sudah ada pada produk yang kamu jual.

4 Cara Mengawetkan Makanan Dalam Kemasan

1. Perhatikan Udara Pada Kemasan

Kamu harus memperhatikan udara di dalam kemasan. Hal ini karena udara menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat dengan mudah membuat produk cepat basi. Oksigen dalam kemasan dapat memicu pertumbuhan bakteri, dan untuk beberapa produk seperti rozen food dan roti menjadi pertimbangan tersendiri.

Yang bisa kamu lakukan agar frozen food tetap dalam kondisi baik, kamu bisa menggunakan metode pengemasan vakum. Metode vakum membuat produk tetap tahan lama dan tidak basi. Metode ini bekerja untuk hampir semua produk frozen food, jadi kamu perlu memperhatikan udara di dalam kemasan agar tidak merusak produk.

Tidak hanya produk frozen food, produk keripik juga sangat sensitif terhadap udara. Untuk menghindari hal ini, nitrogen dapat digunakan untuk mencegah produk keripik teroksidasi. Oksigen sebagai zat reaktif akan sangat mungkin merusak keripik.

Kehadiran nitrogen pada keripik dapat membantu umur simpan produk keripik lebih lama. Atau, paling tidak, membantu memastikan bahwa produk tetap awet dan tahan lama sebagaimana mestinya.

2. Segel Kemasan Dengan Benar

Cara mengawetkan makanan dalam kemasan dapat menggunakan metode penyegelan untuk membuat makanan tahan lama. Selama ini tahap penyegelan menjadi nilai yang sangat penting untuk menunjang kualitas produk dan umur simpan.

Dalam proses pendistribusian dan penjualan, banyak terjadi kasus kerusakan produk akibat proses penyegelan yang tidak rapat. Menyegel kemasan dengan benar akan memberikan perlindungan terbaik untuk produk dan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Untuk memberikan perlindungan yang maksimal, kamu harus memperhatikan alat penyegel yang kamu gunakan. Karena beberapa alat penyegel dapat sangat mempengaruhi hasil penyegelan. Jangan gunakan segel yang cukup tipis. Segel tipis ini biasanya tidak bisa memberikan perlindungan maksimal. Bahkan, segel itu bisa dengan mudah terbuka. Terlepas dari jenis produknya, kita harus lebih memperhatikan proses penyegelan.

Join Seller IRP

3. Pemilihan Kemasan Yang Benar

Setiap produk memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Komposisi setiap produk akan menghasilkan perbedaan kemasan. Untuk memastikan makanan tahan lama dan berkualitas tinggi, kamu dapat menggunakan kemasan makanan yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Produk yang tahan lama dapat diperoleh tergantung pada kemasan yang sesuai. Kamu bisa menemukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Baca Juga : Kemasan Minuman Ramah Lingkungan, Kenali Jenisnya!

4. Perhatikan Kebersihan Selama Proses Packing

Proses packing atau pengemasan yang kamu lakukan bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan produk mudah rusak. Kamu mungkin sudah menggunakan bahan baku yang tepat pada produk kamu, namun hal ini tidak dapat menjamin bahwa produk akan bertahan lama jika kamu tidak memperhatikan proses pengemasan.

Kebersihan sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena, tanpa disadari, kebersihan menjadi hal untuk mendukung efektifitas. Jika lingkungannya tidak mendukung, produk mungkin mungkin terkontaminasi atau ikut tercemar.

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan antara lain penggunaan sarung tangan dan penutup rambut untuk seluruh karyawan, pembersihan tempat pengemasan dan penyimpanan secara rutin, pembersihan peralatan dengan benar, dan menjaga kestabilan suhu ruangan.

Perhatikan juga suhu penyimpanan produk. Jangan meletakkan produk di area yang terlalu kering, lembap, basah atau terkena sinar matahari. Penting untuk mengetahui produk kamu dengan baik sehingga kamu dapat menentukan suhu yang terbaik untuk produk kamu. Tempatkan produk pada suhu yang tepat dan menjelaskan metode penyimpanan yang ideal pada kemasannya.

Cara mengawetkan makanan dalam kemasan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha. Beberapa metode ini mungkin merupakan pilihan yang menarik untuk pengawetan makanan dalam jangka panjang tanpa mengurangi cita rasa dan kualitasnya. Hindari penggunaan bahan pengawet.

Baca Juga : Kemasan Ayam Geprek Unik, Rekomended Untuk Usahamu

Produk yang tahan lama tidak hanya menguntungkan konsumen, tetapi juga berdampak positif pada siklus bisnis. Produk yang tahan lama memungkinkan kamu mengirim dan menjual produk kamu bahkan ke lokasi yang paling jauh sekalipun. Hal ini memberi kamu target pasar yang lebih luas daripada hanya menggunakan satu metode penjualan.

Paper Cup

Related Posts

Tinggalkan Balasan