Blog

30 Contoh Peluang Usaha Makanan di Lingkungan Sekitar

contoh peluang usaha makanan di lingkungan sekitar

30 Contoh Peluang Usaha Makanan di Lingkungan Sekitar, Makanan akan selalu menjadi peluang bisnis karena selalu menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Makanan adalah sumber energi utama untuk segala aktivitas, sehingga tanpa makanan, kesehatan setiap orang dapat menurun.

Jika kamu ingin memulai usaha makanan, kamu harus memiliki skill untuk memasak. Maka tidak heran jika usaha makanan ini tidak pernah ada habisnya dan terus berkembang pesat. Jika kamu ingin membuka usaha makanan, berikut adalah 30 contoh peluang usaha makanan di lingkungan sekitar yang menjanjikan. Berikut ulasannya!

Contoh Peluang Usaha Makanan di Lingkungan Sekitar yang Menjanjikan

1. Usaha Warteg

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar yang pertama yaitu usaha warteg, warteg bisa ditemukan hampir di setiap daerah, terutama di Pulau Jawa. Warteg ini merupakan salah satu tempat makan yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Harganya yang masuk akal, daftar menunya banyak, dan rasanya enak, membuat para konsumen selalu ingin datang kembali ke warteg. Jika kamu bisa memasak, tidak ada salahnya untuk memulai usaha makanan ini di lingkungan sekitar tempat kamu tinggal.

2. Usaha Ayam Goreng Crispy

Bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah bisnis ayam goreng crispy. Hampir 80% penduduk Indonesia menyukai makanan berbahan dasar ayam. Tidak hanya enak dibakar atau digoreng, banyak pebisnis yang membuat ayam goreng crispy mirip dengan franchise ayam goreng terkenal Tanah Air.

Meski dijual dengan harga terjangkau, ayam goreng crispy rasanya tidak kalah enaknya dengan franchise ternama, bahkan ada yang sudah membuat franchise dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, kamu bisa mencari franchise dengan modal yang terjangkau untuk memulai bisnis ini.

3. Mie Baso dan Mie Ayam

Mie baso adalah salah satu makanan favorit semua orang, terutama yang tinggal di Pulau Jawa. Banyaknya penjual yang menjual mie baso ini membuktikan bahwa hidangan ini sangat populer di segala daerah. Rasanya enak dan harganya yang terjangkau. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini, pastikan kamu memiliki bakso yang enak dan kenyal, karena tekstur dan rasa yang dicari banyak orang.

4. Usaha Makanan Catering

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah usaha catering. Usaha catering dapat membidik berbagai acara seperti pernikahan, seminar, reuni keluarga, dan pertemuan besar lainnya. Bisnis catering ini juga sudah merambah ke instansi pemerintah dan sekolah. Mereka yang memiliki keterampilan memasak yang cukup tidak akan kesulitan memulai bisnis catering ini. Kamu membutuhkan sebuah tim agar bisnis catering berjalan dengan lancar karena kamu harus memasak dalam jumlah banyak.

5. Usaha Gorengan

Hampir 80% penduduk Indonesia sepertinya pernah makan gorengan. Gorengan merupakan salah satu jajanan yang disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Variasi, kelezatan, dan harga yang murah membuat kamu ingin memakannya. Menemukan gorengan juga sangat mudah, kamu bisa menemukannya di pedagang kaki lima, pinggir jalan, atau di dekat pusat perbelanjaan.

6. Sosis Bakar

Jika kamu pernah berkunjung ke pasar kaget, bazar atau pusat perbelanjaan, pasti selalu ada para penjual sosis bakar. Walaupun ada banyak penjual yang menjual sosis bakar, tetap saja sosis bakar selalu digemari banyak orang dan menjadi makanan yang paling laris. Jika kamu ingin memulai bisnis ini, sebaiknya pilihlah sosis yang enak dan layak dijual.

7. Seblak

Seblak adalah jajanan khas Jawa Barat. Seblak sangat fenomenal karena makanan berbahan dasar kerupuk memungkinkan orang untuk berkreasi dan inovatif. Ada banyak pedagang yang menjual seblak basah ataupun kering dengan berbagai jenis topping yang membuat seblak biasa menjadi istimewa dan disukai oleh berbagai kalangan.

8. Pecel Lele

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar selanjutnya adalah bisnis pecel lele. Mendengar kata pecel lele, kamu pasti langsung teringat dengan tenda-tenda makan yang sering kamu lihat di pinggir jalan. Selain lele, nasi uduk, bebek goreng, soto ayam dan soto babat juga menjadi menu yang banyak digemari. Orang-orang yang makan di tenda tersebut menikmati rasa unik dari pecel lele yang khas.

9. Ayam Geprek

Selain ayam crispy, ayam geprek juga menjadi makanan favorit semua orang. Pada dasarnya ayam geprek ini adalah ayam crispy yang dibumbui dengan cabe tergantung level yang diinginkan. Kepopuleran ayam geprek ini membuat salah satu artis tanah air membuka warung ayam geprek dengan menu pilihan dan olahannya.

10. Martabak

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah Martabak. Baik itu Martabak telor ataupun manis, semua orang menyukai menu ini. Martabak juga sering dijadikan buah tangan untuk pedekate dengan mertua atau untuk menghangatkan suasana bersama teman-teman. Bisnis martabak juga sangat menarik saat ini karena banyak topping yang digunakan untuk menambah cita rasa.

11. Sate Taichan

Selanjutnya adalah sate taichan, sate yang populer sekarang ini berbeda dengan sate bumbu kacang pada umumnya. Sedangkan, sate taichan sendiri pengolahannya hanya dibakar, ditambah saus sambal dan perasaan jeruk yang membuatnya semakin lezat. Selain menggunakan fillet dada ayam, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti kulit ayam, usus, dan daging sapi.

12. Kue Tradisional

Selain melestarikan budaya, penting juga untuk melestarikan kue tradisional, jadi jangan sampai tergantikan dengan kue-kue modern. Untungnya, seluruh masyarakat Indonesia menyadari hal ini, sehingga sebagian masyarakat di Indonesia masih membuka peluang bisnis kue tradisional. Kue ini banyak ditemukan di pasar tradisional, namun ada juga yang dijual di toko kue ternama, dengan sedikit modifikasi agar lebih modern.

13. Aneka Keripik

Orang Indonesia tidak hanya menyukai makanan berat, tetapi juga makanan ringan seperti keripik. Oleh karena itu, di beberapa wilayah Indonesia, berbagai jenis keripik berbahan dasar singkong, ubi jalar, rebung, jagung bahkan buah-buahan banyak dijual.

Kabar baiknya, keripik ini banyak disukai dan diminati banyak orang, termasuk anak kecil. Berbagai keripik juga tersedia sebagai oleh-oleh dari daerah sekitar. Dengan begitu, kamu tidak hanya mendukung kuliner lokal, tetapi juga perekonomian masyarakat setempat.

14. Usaha Olahan Ikan

Dikelilingi oleh lautan, Indonesia memiliki potensi untuk menghasilkan berbagai macam ikan. Tak heran jika negara tetangga memesan berbagai jenis ikan langsung dari negara ini. Dari berlimpahnya ikan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis untuk menghasilkan makanan yang sehat. Oleh karena itu, jika kamu tinggal di dekat pantai, kamu dapat mengolah ikan menjadi berbagai jenis makanan seperti pempek, kerupuk ikan, otak-otak, abon ikan, fillet ikan, dan lain-lain.

15. Usaha Makanan dari Luar Negeri

Selain kamu dapat menjual makanan lokal, kamu juga bisa menjual makanan luar negeri yang saat ini banyak diminati. Seperti menjual kebab dari turki, kue beras dari korea, sushi dari jepang, bakpau dari cina, dimsum dari Hongkong, burger, ramen, dan lain sebagainya.banyak lagi. Karena berasal dari luar negeri, masih perlu disesuaikan dengan bahasa masyarakat setempat saat dijual agar bisa diterima.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online di Instagram, Paling Jitu bagi Pemula

16. Usaha Roti Bakar

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar yang bisa kamu jalankan adalah usaha roti bakar. Di pulau jawa, roti bakar ini selalu dapat kamu temukan di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan. Roti bakar ini paling enak disantap di malam hari sambil menyeruput susu hangat dengan berbagai rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Jika kamu berencana untuk menjual makanan ini, jangan lupa untuk menambahkan topping khusus agar lebiih disukai banyak orang terutama anak-anak muda.

17. Sarapan Pagi

Kebiasaan orang Indonesia makan di pagi hari bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi kamu. Jadi pilihlah menu sarapan yang disukai penduduk setempat, seperti nasi uduk, nasi kuning, lontong, bubur ayam, ketoprak, kupat tahu dan lain-lain.

18. Usaha Makanan Khas Daerah

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah membuka usaha makanan khas daerah. Apalagi bagi mereka yang merantau ke daerah lain, makanan ini pasti banyak diminati dan dirindukan. Makanan khas daerah ini antara lain makanan Padang, Gudeg Jogja dan makanan Betawi. Selain rasa rindu kampung halaman serta mengenalkan makanan khas daerah kepada orang lain bukanlah hal yang buruk.

19. Usaha Makanan Nasi Goreng

Bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah masakan nasi goreng. Makanan ini pasti banyak ditemui di berbagai tempat Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Walaupun memiliki nama yang sama, tapi rasanya selalu berbeda dan toppingnya juga berbeda.

20. Usaha Makanan Frozen Food

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah membuka usaha frozen food atau makanan beku. Makanan ini banyak diminati karena praktis dan siap disajikan. Kadaluarsanya 3 bulan, jadi tidak cepat rusak.
Makanan beku termasuk sosis, nugget, olahan ikan, dan sayap ayam. Makanan ini dapat dijual secara offline maupun online melalui marketplace.

21. Usaha Kue Ulang Tahun

Bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah bisnis kue ulang tahun. Permintaan kue ulang tahun masih sangat tinggi, apalagi jika kamu memiliki kesempatan untuk menghias kue ulang tahun tersebut. Jika kamu suka membuat kue, tidak ada salahnya untuk mengasah keterampilan kamu dengan membuat dan menjual kue ulang tahun.

22. Usaha Makanan Bahan Dasar Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang melimpah di Indonesia dan dapat dijadikan sebagai makanan olahan yang lezat. Makanan olahan ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat kreasi lain seperti popcorn, jagung rebus, sus jagung, dan cereal.

23. Usaha Makanan Tahu Bulat

Tahu bulat merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia karena pemasarannya yang menarik.
Dengan mobil bak terbuka dan lagunya yang khas, membuat tahu bulat sangat populer di Indonesia. Sampai saat ini tahu bulat masih dicintai banyak orang.

24. Usaha Jajanan Anak Sekolah

Meski sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan catering untuk memenuhi kebutuhan makan anak-anak, ada juga yang memperbolehkan masyarakat untuk mendirikan warung makan di depan sekolah. Bisnis makanan sekolah ini sangat menjanjikan, jadi kamu bisa memilih jajanan yang memang digemari anak sekolah dan menonjolkan keunikan makanan tersebut. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya.

25. Usaha Makanan untuk Diet

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah usaha makanan diet. Makanan diet ini dapat berupa makanan diet yang disetujui oleh ahli gizi atau makanan diet lainnya seperti salad, spring roll, dll. Kesadaran masyarakat akan hidup sehat sangat tinggi sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha makanan diet.

26. Usaha Makanan Olahan Durian

Durian adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia. Durian sangat populer karena rasanya yang manis, buahnya yang tebal, dan aromanya yang khas. Tidak hanya memakan durian secara langsung, tetapi juga mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan, seperti pancake durian, dodol durian, es krim durian, sup durian, dan lain-lain.

27. Usaha Makanan Cireng dan Cilok

Cireng dan cilok adalah makanan asli Jawa Barat. Terbuat dari tepung tapioca dengan bumbu khas membuat cireng dan cilok ini disukai semua orang, terutama anak-anak. Cireng dan Cilok kini tersedia berbagai varian yang berbeda dan banyak diminati serta digemari oleh para penggemarnya.

28. Usaha Makanan Batagor

Batagor atau baso tahu goreng adalah salah satu makanan khas Jawa Barat tepatnya Bandung. Makanan ini begitu terkenal sehingga berbagai merek batagor tersebar di sekitar kota kembang. Berbagai harga batagor murah dan mahal juga tersedia di kota ini. Tentunya jika kamu memutuskan untuk membuka usaha ini sangat cocok karena cukup menjanjikan.

29. Usaha Makanan Asinan Sayuran dan Buah-Buahan

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar berikutnya adalah asinan dari Bogor. Ada dua jenis asinan yaitu asinan sayuran dan buah-buahan. Rasa manis dan asam serta pedasnya asinan menjadikannya hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Baca Juga : 5 Keuntungan Jualan Nasi Goreng

30. Usaha Makanan Kue Kering

Peluang usaha makanan di lingkungan sekitar yang terakhir adalah makanan kue kering. Kue kering ini diketahui sangat diminati, terutama pada hari-hari besar. Bisnis kue kering ini menghasilkan banyak orang sukses yang bisa mengubah perekonomian menjadi lebih baik. Itulah 30 peluang usaha makanan di lingkungan sekitar. Semoga membantu dan menginspirasi untuk berwirausaha. Semoga kamu berhasil. Yuk temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas untuk kebutuhan bisnis kamu hanya di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan