Blog

11 Peluang Usaha Gorengan yang Menjanjikan dan Kekinian

Peluang Usaha Gorengan

Peluang Usaha Gorengan yang Menjanjikan dan Kekinian, Bidang bisnis makanan yang tidak ada habisnya adalah gorengan. Camilan populer yang disukai banyak orang dan sangat cocok menjadi lauk atau camilan saat santai. Gorengan tidak hanya diminati oleh anak-anak dan remaja, tetapi juga untuk orang dewasa hingga lansia.

Oleh karena itu, peluang usaha gorengan dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Supaya jajanan pinggir jalan menjadi favorit wisatawan, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membuka berbagai bisnis gorengan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Siapkan Modal Usaha yang Cukup

Banyak yang beranggapan bahwa peluang usaha gorengan tidak membutuhkan modal yang besar. Bisnis gorengan kecil-kecilan memang tidak membutuhkan banyak modal. Namun, jika kamu serius ingin memulai bisnis, kamu harus menyiapkan modal yang cukup. Modal usaha harus disediakan untuk penyediaan alat dan bahan, sewa tempat, pembayaran gaji karyawan, dan berbagai kebutuhan penting lainnya.

2. Tentukan Lokasi yang Strategis

Seperti jenis bisnis lainnya, bisnis gorengan harus ditempatkan pada lokasi yang strategis. Pilih lokasi bisnis yang lalu lintasnya ramai, aman, dan tidak pernah terlihat sepi. Beberapa tempat yang bagus untuk memulai bisnis gorengan adalah di dekat kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, dan area perkantoran.

3. Gunakan Alat dan Bahan Berkualitas

Menggunakan alat dan bahan berkualitas harus menjadi prioritas saat menjalankan bisnis makanan. Anggaran yang memadai harus disiapkan untuk alat dan bahan berkualitas. Pastikan aneka gorengan yang kamu jual diproses secara higienis dengan standar yang kamu tetapkan sendiri. Berikut adalah beberapa hal penting tentang kebersihan yang perlu diperhatikan:

  • Pengolahan makanan yang bersih
  • Gunakan minyak yang bersih dan jangan terlalu sering disaring hingga berubah warna
  • Peralatan untuk menyiapkan adonan harus selalu bersih
  • Gorengan yang sudah matang dikemas dalam kemasan makanan

4. Pekerjakan SDM yang Tepercaya

Jangan abaikan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bisnis gorengan. Jika kamu tidak bisa menangani semuanya sendiri, kamu perlu mempekerjakan SDM yang bisa diandalkan supaya bisnis kamu tetap berjalan lancar. Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan memilih karyawan untuk membantu kamu. Hal-hal penting yang perlu diingat adalah:

  • Pilih SDM yang jujur, teliti dan cekatan untuk menjalankan bisnis.
  • SDM yang kamu pilih harus bersih, rapi, dan ramah kepada pelanggan.
  • Disiplin juga merupakan hal terpenting yang dibutuhkan untuk membantu bisnis kamu.
  • Proses pelatihan SDM harus dilakukan sampai SDM siap membantu menjalankan bisnis.
  • SDM juga perlu mengikuti perkembangan teknologi, seperti menggunakan peralatan masak yang canggih dan mengoperasikan sistem pembayaran digital.

5. Mengurus Perizinan Usaha Sesegera Mungkin

Banyak pelaku usaha yang mengabaikan izin usaha karena terlalu sibuk mengembangkan usahanya. Padahal, izin usaha sangat penting untuk mendukung langkah bisnis kamu selanjutnya. Jika kamu memiliki perizinan usaha, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan masalah pajak. Selain itu, memiliki izin usaha meningkatkan peluang usaha gorengan untuk mendapatkan pinjaman jika kamu mengajukan permohonan ke bank. Bahkan, rencana untuk mengembangkan usaha menjadi franchise juga memerlukan izin usaha sebagai salah satu syarat utamanya.

6. Menentukan Target Penjualan Secara Akurat

Target penjualan bukan hanya tentang pangsa pasar yang diharapkan dari bisnis. Pada dasarnya peluang usaha gorengan bisa menjangkau pangsa pasar di semua kalangan usia. Oleh karena itu, target penjualan juga dapat diterapkan dalam bentuk omzet harian. Jika kamu baru memulai bisnis, omzet harian kamu masih relatif kecil. Namun, nilai omzet tersebut harus meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi jika kamu membuka cabang atau menjalin kemitraan (franchise) untuk memperluas bisnis kamu.

7. Mengandalkan Internet untuk Mendukung Proses Promosi Modern

Bukan bisnis modern namanya jika tidak mengandalkan internet sebagai media periklanan. Menggunakan internet sebagai media periklanan adalah salah satu cara agar bisnis kamu disukai banyak orang. Mulai dari membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube biasanya cukup ampuh untuk memancing rasa penasaran pengguna internet dan mengubahnya menjadi pelanggan bisnis kamu. Jika kamu sudah memiliki akun media sosial khusus untuk bisnis, selanjutnya kamu bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Upload konten promosi bisnis yang menarik tentang produk gorengan.
  • Buat konten yang berhubungan dengan dunia kuliner agar followers kamu tidak bosan.
  • Bagikan informasi promosi di media sosial, seperti diskon pada waktu-waktu tertentu
  • Promosikan bisnis kamu dengan mengadakan giveaway.
  • Promosikan bisnis kamu dengan bantuan selebgram dan influencer lainnya.
  • Sertakan testimoni positif tentang kesan pelanggan terhadap produk bisnis kamu.

8. Melakukan Proses Promosi Konvensional

Kemajuan teknologi telah memberi kita kebebasan menggunakan internet untuk promosi bisnis, tetapi ingat bahwa iklan promosi secara konvensional sama pentingnya. Jadi kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti ini:

  • Bagikan tester kepada calon pelanggan.
  • Membuat brosur dan kartu nama.
  • Berpartisipasi dalam berbagai pameran untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan brand bisnis.
  • Membuat desain kemasan menarik yang juga dapat digunakan sebagai sarana promosi bisnis.

9. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Peluang usaha gorengan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat jika bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan saran, kritik dan ekspektasi yang disampaikan pelanggan dan calon pelanggan. Proses bisnis makanan harus selaras dengan kebutuhan dan selera pelanggan.

Jika kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan setia, pelanggan tersebut dapat mendukung proses promosi dan mengembangkan bisnis kamu dengan cepat, hal ini karena kekuatan iklan dari mulut ke mulut yang tidak boleh diremehkan dibandingkan dengan strategi periklanan lainnya. Dengan kekuatan media sosial, membangun hubungan baik dengan pelanggan tidaklah sulit. Luangkan waktu untuk menanggapi komentar, pertanyaan, saran, atau kritik dari pengguna media sosial tentang produk bisnis kamu.

10. Mewujudkan Konsep Kemasan yang Cocok untuk Gorengan

Bisnis aneka gorengan tidak boleh dianggap enteng dan harus ditanggapi dengan serius untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan meningkatkan brand bisnis kamu. Salah satu hal terpenting adalah pengemasan yang tepat. untuk mengimplementasikan konsep tersebut. Pastikan kemasan produk gorengan kamu memenuhi beberapa standar.

  • Kamu dapat mengemas gorengan secara praktis dan tidak mudah tumpah saat kamu membawanya.
  • Bahannya aman untuk makanan (memenuhi standar makanan) dan ramah lingkungan (mudah terurai untuk dibuang).
  • Desainnya unik dan menarik, menggunakan pilihan warna yang eye-catching.
  • Berisi informasi singkat dan kontak bisnis sebagai media periklanan.

11. Mengembangkan Inovasi Secara Berkesinambungan

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis makanan ringan berupa aneka gorengan membutuhkan inovasi yang berkesinambungan. Jangan malas mencari informasi tentang kompetitor sejenis dan mendapatkan ide kreatif untuk berinovasi.

Kamu dapat berinovasi dalam hal bahan baku, teknologi yang digunakan, atau strategi pemasaran. Produk kuliner baru yang kamu perkenalkan pasti akan menarik rasa ingin tahu pelanggan dan membuat mereka ingin segera mencobanya. Inovasi terus menerus membuat bisnis makanan kamu tidak tertinggal oleh pesaing.

Baca Juga : 5 Kelebihan Bisnis Offline dan Online yang Perlu Diketahui

Rekomendasi Peluang Usaha Gorengan

Berikut jenis makanan yang cocok untuk bisnis gorengan:

1. Bola Ubi

Kepopuleran bola ubi kopong memang tidak diragukan lagi. Camilan dengan rasa manis ini sering disajikan dengan berbagai macam topping seperti gula halus dan susu cokelat bubuk yang istimewa.

2. Pisang Goreng Madu

Tidak lengkap rasanya pembahasan tentang bisnis makanan yang terkenal tanpa menyebutkan pisang goreng madu. Selain mengandalkan pisang matang yang rasanya manis serta penambahan madu membuat makanan ini semakin spesial.

3. Cireng Aneka Rasa

Cireng merupakan jenis gorengan favorit semua orang. Sekarang sudah ada varian baru dengan isian rasa yang berbeda seperti keju, kornet, ayam pedas dan isian menarik lainnya.

4. Pop Chicken (Ayam Gunting)

Camilan jenis ini sangat populer di Taiwan. Pop chicken atau ayam gunting adalah dada ayam yang dilapisi tepung roti dan digoreng hingga garing. Jangan lupa untuk menggunakan Knorr Bumbu Perisa Ayam Resep Tradisional Hong Kong, untuk meningkatkan cita rasa pop chicken buatan kamu. Produk Knorr ini merupakan perpaduan antara ayam pilihan dan bumbu khas ala Hong Kong. Rasa gurih dan bumbu rempah yang menggugah selera pasti akan memikat hati para pelanggan Pop Chicken.

5. Risol Mayo

Saat ini risol tidak hanya diisi dengan potongan kentang dan wortel. Kreasi risol isi mayo bisa menjadi alternatif menarik yang banyak disukai. Best Mayo Magic memungkinkan kamu membuat isian risol terasa lebih legit dan lezat. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain berupa telur rebus, smoke beef, atau potongan keju cheddar untuk melengkapi cita rasa Mayo Magic.

6. Tahu Bulat

Tahu bulat adalah camilan yang cocok untuk mereka yang bosan dengan tahu biasa. Tahu bulat memiliki rasa yang sangat gurih dan paling enak disantap hangat-hangat. Selain itu, harganya juga lebih murah dibandingkan gorengan lainnya, sehingga tahu bulat dapat dinikmati oleh semua kalangan usia.

7. Pisang Nugget

Selain pisang goreng madu, ada pisang nugget yang bisa menjadi peluang usaha gorengan. Pisang nugget biasanya terbuat dari buah pisang yang sudah matang dan mencampurnya dengan berbagai bahan lain sebelum dibentuk menjadi kotak-kotak kecil dan digoreng. Pisang nugget biasanya disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju, selai coklat, selai matcha, dan topping lainnya.

8. Tempe Mendoan

Ada banyak peluang usaha gorengan yang disukai banyak orang, namun tempe mendoan tetap menjadi salah satu primadonanya. Tempe mendoan dengan sambal kecap yang lezat sangat pas disantap saat santai bersama keluarga.

9. Keripik Tempe

Produk olahan tempe lainnya yang cocok untuk peluang usaha gorengan adalah keripik tempe. Keripik tempe tidak hanya lezat untuk camilan, keripik tempe yang dikemas secara menarik juga cocok dijadikan oleh-oleh.

10. Mie Lidi Aneka Rasa

Dahulu, hanya ada dua jenis mie lidi goreng yaitu asin dan pedas. Tapi sekarang rasanya lebih beragam. Kamu bisa membuka bisnis mie lidi aneka rasa dengan variasi rasa seperti keju, rumput laut, ayam, dan daging sapi panggang.

11. Singkong

Singkong merupakan makanan khas Indonesia. Singkong bisa dijadikan peluang usaha gorengan yang menjanjikan. Jika diolah dengan baik, singkong bisa menjadi makanan yang sangat enak, bergizi, dan mengenyangkan. Camilan goreng berbahan dasar singkong dapat dibuat lezat dengan mengubahnya menjadi brownies singkong, skotel singkong, dan keripik singkong.

Baca juga : 50+ Kata Kata Untuk Reseller yang Menarik

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis makanan ringan. Semoga artikel Peluang Usaha Gorengan bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis makanan ringan. Temukan beragam rekomendasi Perlengkapan Paper Cup dan Kemasan Makanan Berkualitas di Irppapercup.com

Related Posts

Tinggalkan Balasan