Blog

Bisnis Rice Bowl Rumahan, Simak Tips Brandingnya!

Bisnis Rice Bowl Rumahan

Bisnis Rice Bowl Rumahan, Simak Tips Brandingnya! – Bisnis kuliner merupakan bisnis yang dipilih banyak pengusaha makanan karena dianggap memiliki keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, makanan juga termasuk kebutuhan setiap orang. Saat ini dunia kuliner juga mengalami perkembangan pesat. Sehingga kamu dapat menjadikan bisnis rice bowl rumahan sebagai pilihan bisnis yang menjanjikan.

Kenapa Harus bisnis rice bowl rumahan?

1. Menarik Bagi Anak Muda

Bisnis rice bowl rumahan bisa dikatakan sebagai bisnis yang mampu bertahan di masa pandemi. Karena bisnis rice bowl rumahan merupakan kuliner yang menargetkan anak muda. Saat ini, banyak orang memiliki gaya hidup yang sederhana dan tidak menginginkan sesuatu yang rumit. Oleh karena itu, bisnis rice bowl rumahan sangat cocok bagi para pekerja, mahasiswa hingga pelajar.

Jika kamu menyajikannya dalam mangkuk atau bowl, konsumen sudah dapat menikmati nasi dengan lauk yang lezat. Salah satu alasan bisnis rice bowl rumahan sangat populer adalah karena tidak ada cara yang rumit untuk memakannya. Selain itu, makanan ini juga memiliki nilai gizi yang cukup.

Ternyata rice bowl adalah masakan Jepang yang saat ini bisa dengan mudah ditemui di negara lain bahkan dijadikan sebagai bisnis rice bowl rumahan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa rice bowl berasal dari Korea. Makanan ini di korea disebut bibimbap, tetapi di Jepang disebut Donburi Rice Bowl. Makanan ini identik dengan nasi dan sayuran yang dibumbui dengan berbagai macam bumbu.

2. Memiliki Banyak Variasi

Saat ini banyak sekali variasi dari bisnis rice bowl rumahan ini, sehingga tidak sulit untuk memulai usaha rice bowl sendiri. Bisnis ini termasuk dalam masakan sederhana karena hanya membutuhkan nasi dan lauk pauk. Selain menu luar negeri, kamu juga bisa menyajikan lauk pauk khas Indonesia.

Contohnya seperti ayam rica rica, rendang, tumis cumi sambal hijau, jengkol balado dan olahan sambal ikan teri. Pada dasarnya bisnis rice bowl rumahan mirip dengan nasi bungkus atau nasi kotak, hanya saja dikemas dengan cara yang lebih modern. Dengan begitu banyak variasi, kamu tidak akan kesulitan mencoba kreasi lain untuk membedakan bisnis rice bowl rumahan kamu dengan yang lain.

Join Seller IRP

3. Tidak Membutuhkan Banyak Modal

Kamu tentunya tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis rice bowl rumahan. Kamu juga tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan makanan ini, Terlebih lagi jika kamu memulai bisnis ini dari rumah. Bahan-bahan untuk membuat rice bowl juga mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Selain itu, kamu tidak perlu membuat banyak variasi di awal membukanya.

4. Keuntungan yang Menggiurkan

Banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis rice bowl rumahan. Selain itu, rice bowl juga menjadi menu yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dengan modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sehingga harga jual rice bowl biasanya tidak terlalu mahal. Dengan begitu, semua kalangan bisa membelinya.

Jika kamu menjualnya di harga Rp 12.000 atau Rp 15.000, dan mampu menjual 20 kotak setiap hari, maka penghasilan kamu mencapai Rp 8,4 juta. Tentu saja penghasilan dari bisnis rice bowl rumahan ini sangat menggiurkan. Yang harus kamu lakukan adalah menemukan supplier untuk mendapatkan bahan yang lebih murah tanpa mengurangi kualitas atau rasa.

5. Bisa Dilakukan Siapa Saja dan Dimana Saja

Tidak diperlukan keahlian khusus untuk memulai bisnis rice bowl rumahan karena mudah untuk membuatnya. Bisnis rice bowl rumahan ini bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan mereka yang baru menjadi pebisnis. Perhatikan juga rasanya enak sehingga layak jual.

Baca Juga : Mau Kemasan Bakso yang Menarik Perhatian Pelanggan? Yuk Teliti Cara Pengemasannya

Cara Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

1. Membuat Konsep yang Matang

Konsep sangat penting sebelum menjalankan sebuah bisnis. Dengan konsep yang matang, kamu dapat bersaing dengan kompetitor dibidang kuliner. Konsep ini nantinya akan membedakannya dari produk yang sudah ada. Kamu bisa memulainya dengan konsep apa yang ingin ditekankan di dalam rice bowl.

Tentukan pilihan kamu, apakah ingin membuat bisnis rice bowl rumahan dengan menu lokal, Indonesia, western, atau Asia? Masing-masing menu ini harus disesuaikan dengan target pelanggan kamu. Kamu juga perlu mengembangkan dan membuat strategi untuk meluncurkan produk.

Konsep bisnis yang matang harus tepat dan jelas. Cara berpikir inilah yang nantinya akan menjadi pedoman bagi kelangsungan sebuah bisnis. Konsep yang dirancang dengan baik juga membantu kamu bertahan di lingkungan yang sangat kompetitif. Bahkan dalam sebuah bisnis, penting untuk menuliskan detailnya, bukan hanya konsep yang mengambang.

2. Membangun Branding

Setelah membuat konsep bisnis rice bowl rumahan, langkah berikutnya adalah membangun branding. Jika konsepnya dirancang dengan baik, maka akan lebih mudah untuk membangun branding. Branding dimulai dengan membuat nama dan membuat logo. Logo dan nama harus mudah diingat konsumen.

Tidak hanya nama merk dan logo, tetapi juga konsep kemasan yang harus dibuat sesuai dengan nama merk dan logo. Kemasan adalah bagian terpenting yang tidak dapat diabaikan. Karena pelanggan akan melihat kemasan terlebih dahulu sebelum mencicipi makanan yang ada didalam kemasan. Selain memikirkan desain, perlu juga dipikirkan bahan kemasan yang akan digunakan pada bisnis rice bowl rumahan.

Disarankan untuk memilih kemasan yang tahan air agar tidak mempengaruhi rasa. Belakangan ini, kemasan rice bowl hadir dalam berbagai bentuk, bukan hanya berbentuk kotak saja. Ukurannya juga harus sesuai dengan perkiraan penyajian. Kamu juga dapat memilih kemasan yang tahan terhadap microwave.

3. Membuat Menu yang Menarik

Sudah banyak pebisnis kuliner yang ingin menambahkan rice bowl ke dalam menunya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi untuk membangkitkan minat konsumen terhadap bisnis rice bowl rumahan. Menu yang beragam akan menawarkan konsumen berbagai pilihan. Tetapi pastikan makanannya bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda, sehingga diperlukan menu yang bervariasi. Kamu perlu membuat menu yang sesuai dengan tema. Kamu juga dapat menawarkan berbagai variasi topping kepada konsumen untuk dipilih. Berilah menu kamu dengan nama yang unik untuk menarik lebih banyak perhatian konsumen.

Nama menu dari bisnis rice bowl rumahan yang unik akan membuat calon konsumen semakin penasaran. Saat membuat menu, jangan lupa untuk menyiapkan hidangan khas. Hidangan khas ini kemudian menampilkan karakter yang sesuai dengan tema yang kamu buat. Tentunya saat membuat menu, kamu perlu mencicipinya terlebih dahulu.

Baca Juga : Kemasan Cilok Yang Menarik, Membuat Bisnis Jadi Berkelas

4. Pilih Bahan yang Berkualitas

Tidak hanya rasa, tetapi perhatikan juga kualitas bahan yang digunakan. Bahan-bahan berkualitas sangat penting untuk membuat makanan menjadi lezat. Bahan utama yang dibutuhkan saat memulai bisnis rice bowl rumahan adalah nasi dan lauk pauk. Untuk membuat nasi yang enak, kamu perlu memilih beras yang berkualitas baik.

Nasi yang digunakan tidak hanya pulen, tetapi juga tidak cepat basi. Menemukan beras berkualitas di Indonesia tidaklah sulit. Kamu bisa memilih lauk daging atau ikan untuk bisnis rice bowl rumahan. Jika kamu menambahkan sayuran, ingatlah untuk memperhatikan bumbu dan saus pendukung. Temukan beragam Paper Cup dan Kemasan Makanan berkualitas untuk menarik calon konsumen, kamu bisa menemukannya di Irppapercup.com

Paper Cup

Related Posts

Tinggalkan Balasan