Blog

Usaha Sampingan Pulang Kerja Untuk Karyawan

Usaha Sampingan Pulang Kerja

Usaha Sampingan Pulang Kerja Untuk Karyawan – Memilih pekerjaan paruh waktu membutuhkan banyak pertimbangan terutama mengenai waktu. Pastikan kamu memiliki cukup waktu setelah bekerja untuk menjalankan bisnis kamu.

Usaha sampingan tidak membutuhkan banyak modal, tetapi harus dijalankan dengan benar agar menguntungkan. Salah satu faktor kuncinya adalah waktu. Oleh karena itu jangan sembarangan dalam memilih jenis usaha.

Setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui beberapa hal yaitu:

  • Contoh usaha sampingan pulang kerja untuk karyawan.
  • Jenis usaha yang sesuai dengan pekerjaan kamu.
  • Bagaimana mempersiapkan dan memulai bisnis.
  • Tips memulai usaha sampingan pulang kerja untuk karyawan.

Contoh Usaha Sampingan Pulang Kerja Untuk Karyawan

Perlu kamu ketahui bahwa semua risiko adalah tanggung jawab pribadi masing-masing. Pada artikel ini hanya menawarkan ide realistis untuk kamu yang saat ini mencari usaha sampingan pulang kerja. Yuk simak beberapa contoh usaha sampingan pulang kerja untuk karyawan di bawah ini.

1. Dropshipping

Usaha sampingan pulang kerja selanjutnya adalah menjadi dropshipper. Cara kerja usaha sampingan ini sama seperti makelar barang, tetapi lebih sistematis. Dropshipping adalah usaha sampingan termurah karena kamu tidak harus menyetok produk. Tugas kamu hanya menjual produk, tetapi semuanya disiapkan dan dikirim oleh vendor.

Berikut cara memulai usaha dropshipper agar bisa sukses

  • Pilih usaha yang diminati oleh banyak orang.
  • Buat toko online profesional.
  • Bangun interaksi pelanggan di media sosial.
  • Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Membangun perspektif jangka panjang.

Langkah selanjutnya adalah mencari vendor atau supplier produk dan kemudian mulai membangun dropship kamu sendiri.

2. Jasa Pembayaran Tagihan

Jasa pembayaran online saat ini dapat meningkatkan pendapatan kamu karena masih ada orang yang antre di loket untuk membayar. Dengan demikian, potensi bisnis pembayaran tagihan bisa dikatakan masih berpotensi untuk dijalankan.

Usaha sampingan pulang kerja ini bisa dimulai dari modal Rp 300.000. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pendaftaran, deposit saldo, dan pencetakan spanduk. Yang terpenting, kamu harus memiliki smartphone dan internet.

Berikut langkah-langkah untuk memulai jasa pembayaran tagihan

  • Temukan vendor atau penyedia pembayaran online.
  • Siapkan dana untuk menyetor saldo awal.
  • Cetak spanduk untuk penanda bisnis kamu.
  • Beriklan di media sosial dan Whatsapp.

Keuntungan per transaksi untuk jasa ini biasanya antara 1% sampai 5%, tergantung nominal pembayaran. Misalnya, jika komisi per transaksinya adalah Rp 2.500, dan dalam sehari kamu menerima 50 kali pembayaran. Jadi omzetnya 2.500 x 50 = Rp 125.000. Catat semua transaksi, lakukan pembukuan agar laporan keuangan lebih tersusun rapi.

3. Jual Beli Laptop Bekas

Usaha sampingan pulang kerja berikutnya yaitu jual beli laptop bekas. Harga laptop baru-baru ini lumayan mahal karena kekurangan chip. Karena itulah banyak orang yang memilih untuk membeli laptop bekas dengan kondisi yang masih bagus.

Memulai bisnis ini membutuhkan pengetahuan tentang laptop. Tujuannya untuk mengetahui laptop bekas mana yang masih dalam kondisi bagus dan layak untuk dijual.

Tidak perlu menjual laptop bekas dengan harga yang mahal atau laptop premium. Biasanya seorang pengusaha jual beli laptop bekas mencari barang di kisaran harga 1 jutaan hingga 2 jutaan. Target pasarnya adalah kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan laptop untuk sekolah, kuliah, kerja atau berbisnis.

Cara memulai usaha sampingan pulang kerja yang satu ini yaitu

  • Tentukan siapa target pasar kamu dan pilih laptop bekas yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan target pasar.
  • Temukan supplier laptop bekas ternama atau beli langsung dari orang yang ingin menjual.
  • Jual aksesoris laptop untuk meningkatkan nilai jual.
  • Berikan layanan pemeliharaan khusus kepada pelanggan.
  • Bangun reputasi yang baik dengan menjual barang bekas berkualitas.

4. Angkringan Sederhana

Modal usaha angkringan sederhana antara 3 juta sampai 5 juta. Usaha ini termasuk investasi murah karena keuntungannya yang sangat menjanjikan. Pasalnya, Angkringan merupakan alternatif tempat nongkrong yang murah untuk semua kalangan. Apabila lokasinya strategis, kemungkinan pembeli yang datang juga lumayan banyak.

Angkringan biasanya dijadikan tempat orang nongkrong sambil menikmati makanan rumahan dengan harga terjangkau. Secara umum konsep usaha angkringan menggunakan gerobak. Namun belakangan ini, banyaknya pelaku ekonomi yang mulai berinovasi agar penjualan mereka semakin meningkat.

Ada yang menjual makanan kekinian, menawarkan menu spesial, bahkan ada juga yang memiliki konsep seperti cafe. Angkringan biasanya buka dari sore hingga malam, sehingga cocok dijadikan usaha sampingan pulang kerja.

Bagi kamu yang berminat, berikut cara memulai usaha angkringan dengan modal kecil

  • Pilih lokasi usaha yang strategis.
  • Cobalah membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong.
  • Tambahkan fasilitas yang membuat pelanggan kamu betah, seperti TV, musik, dan Wi-Fi.
  • Menyajikan hidangan khas angkringan yang tidak akan mereka temukan di tempat lain.

Pastikan lokasi dan lingkungan angkringan kamu selalu dalam keadaan bersih. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk menjual berbagai menu angkringan. Yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana bisnis yang tepat dan menggunakan modal seefisien mungkin.

Baca Juga : Desain Kemasan Pisang Coklat, Bisnis Kekinian!

5. Beternak

Untuk meningkatkan pendapatan, beternak merupakan usaha sampingan pulang kerja yang menguntungkan. Tidak terlalu melelahkan, tidak berisiko, dan keuntungannya jelas.

Cukup pilih spesies hewan yang sesuai untuk kamu jalankan. Perhatikan jam berapa kamu punya waktu luang? Kapan terakhir kamu bisa memelihara hewan? Pertanyaan tersebut perlu dijawab saat memilih jenis ternak yang tepat.

Usaha Ternak Entok

Untuk pemula, kamu bisa memilih untuk beternak entok karena bibit dan pakannya murah, dan tidak membutuhkan banyak lahan sehingga modalnya kecil untuk merawat hewan tersebut.

Keuntungannya mungkin tidak sebesar beternak ayam. Namun menjalankan usaha ini, bisa dilakukan sebagai usaha sampingan pulang kerja. Kamu bisa memilih untuk membudidayakan entok atau beternak entok pedaging. Modal awal yang dibutuhkan sekitar 1 juta, belum termasuk biaya pembuatan kandang dan peralatan lainnya.

6. Membuat Blog

Istilah blogger baru-baru ini tergeser oleh YouTuber, tetapi keduanya memiliki banyak kesamaan. Hanya platform dan jenis konten yang berbeda. Blogger adalah platform menulis untuk berbagi dengan publik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan traffic organik dan menghasilkan uang dengan cara tertentu.

Metode monetisasi yang paling populer tentu saja Google AdSense. Namun, beberapa blogger mengandalkan penghasilan dari konten berbayar atau affiliate marketing.

Kekurangan menjadi seorang blogger adalah bersabar. Pasalnya, membangun platform dengan traffic tinggi tidaklah mudah. Butuh waktu berbulan-bulan untuk mencapai kestabilan. Yang bisa kamu lakukan adalah menulis artikel dengan semangat setelah pulang kerja.

Berikut 8 langkah mudah untuk membuat blog sebagai usaha sampingan pulang kerja

  • Tentukan niche mana yang menjadi fokus penulisan.
  • Pilih nama blog yang menjelaskan konten artikel.
  • Beli domain dan hosting untuk membuat blog bisa diakses secara online.
  • Sesuaikan pengaturan blog dengan template terbaik.
  • Menulis artikel secara teratur.
  • Promosikan konten blog melalui media sosial.
  • Lakukan optimasi SEO on-page dan off-page.
  • Mulailah menghasilkan uang dengan monetisasi.

7. Menjadi YouTuber

Usaha sampingan pulang kerja yang terakhir adalah menjadi YouTuber. Hal ini sangat memungkinkan karena kemudahan akses dan ketersediaan perangkat. Cara yang paling sederhana adalah menggunakan smartphone. Perangkat lain yang harus disiapkan adalah mikrofon, tripod, dan ring light.

Cara memulai YouTube sebagai usaha sampingan pulang kerja

  • Pilih topik yang sesuai dengan pekerjaan kamu. Misalnya, kamu bekerja di pabrik HP dan membuat konten tentang HP.
  • Buat konten selama kamu memiliki waktu luang sampai memiliki stok posting selama seminggu.
  • Ketiga, unggah secara teratur untuk mengejar jumlah jam tayang dan subscriber.

Kamu hanya dapat bergabung dengan program monetisasi YouTube jika kamu memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang.

Baca Juga : Desain Kemasan Frozen Food Sangat Penting Untuk Usahamu

Kesimpulannya, ketersediaan waktu adalah pertimbangan paling penting saat memilih usaha sampingan pulang kerja. Selain itu, menjalankan bisnis sesuai dengan keterampilan dan pengetahuan akan membuatnya lebih mudah. Misalnya, kamu bekerja di pabrik gelas kertas dan menjalankan bisnis jual beli gelas kertas. Jika kamu menjual makanan dan minuman, kamu tentu memerlukan Paper Cup dan Kemasan Makanan berkualitas untuk menarik calon konsumen, kamu bisa menemukannya di Irppapercup.com

Paper Cup

Related Posts

Tinggalkan Balasan