Blog

Packaging Makanan Unik Agar Produk Terlihat Menarik

Packaging Makanan Unik Agar Produk Terlihat Menarik, Untuk meningkatkan ketertarikan pembeli, salah satu cara yang bisa diterapkan yaitu membuat desain packaging makanan unik, sehingga menambah rasa penasaran konsumen ketika ingin membeli produk yang kamu tawarkan.

Dengan packaging makanan unik, maka akan membuat produk yang kita tawarkan semakin tinggi daya tariknya. Tapi sekarang ini kebanyakan pembeli mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk, oleh sebabnya, dikarenakan hal pertama yang dipandang yakni packaging makanan.

Packaging makanan unik dan kreatif memang amat dibutuhkan dalam berbisnis makanan. Karena sekarang poin tambah dari suatu produk makanan yakni wujudnya yang unik dan kreatif sebagai daya tarik untuk konsumen.

Packaging makanan biasanya digunakan untuk menjaga produk makanan tersebut agar terhindar dari debu, kotoran dan lainnya. Manfaat lainnya jika kamu membuat packaging makanan unik dengan desain menarik dan fungsional, kemungkinan akan dipakai untuk kebutuhan berikutnya sesuai dengan fungsinya.

Contoh Packaging Makanan Unik Dan Kreatif Yang Menginspirasi

Packaging Makanan Unik - irppapercup.com

Packaging makanan unik bisa menarik ketertarikan konsumen serta mempunyai beberapa fungsi, diantaranya yakni sebagai berikut :

  1. Packaging makanan bisa membuat makanan menjadi lebih awet karna bisa melindungi produk dari sinar matahari langsung, kelembaban udara hingga benturan yang bisa menyebabkan kerusakan pada produk.
  2. Packaging makanan bisa membuat produk menjadi dikenali. Produk akan memiliki identitas yang berbeda dari produk lainnya.
  3. Packaging makanan bisa menjadi sarana info, bahan dan gizi apa saja yang terkandung dalam produk dapat dicantumkan pada packaging makanan tersebut. hal demikian ditujukan supaya konsumen bisa mengetahui kabar apa saja yang diperlukan sebagai pertimbangan untuk membeli produk.
  4. Packaging makanan bisa dipakai untuk sarana promosi seperti diskon, giveaway dalam rentang waktu tertentu atau hal yang lainnya.
  5. Packaging makanan juga bisa dipakai sebagai kontrol porsi takaran isi produk, sehingga pembeli bisa dengan mudah memastikan untuk membeli produk yang cocok dengan keperluan masing-masing.

Packaging Makanan Unik Sebagai Cara Sederhana Mendapatkan Keuntungan

Di bawah ini ada beberapa anjuran dalam membuat packaging makanan unik dan kreatif. Dikarenakan produk makanan kamu akan lebih di sukai mempunyai packaging makanan yang fungsional dan inovatif.

Karena keunikan dan fungsinya, hal yang demikian tentunya tidak akan langsung dibuang begitu saja di tempat sampah. Kemungkinan dari fungsinya akan dipakai untuk hal yang serupa. Berikut tips membuat packaging makanan unik:

Packaging Makanan Unik - irppapercup -1

1. Buatlah packaging makanan yang berguna

Di zaman yang serba instan seperti sekarang ini, ada banyak orang yang ingin melaksanakan sesuatu secara cepat. Kamu bisa menciptakan sebuah packaging makanan yang bermanfaat bagi konsumen.

2. Dapat berimajinasi dalam membuat packaging makanan unik

Kamu harus mempunyai daya pikir mengenai packaging makanan unik dan menarik, cobalah tuangkan imajinasi kamu ke dalam sebuah packaging yang akan kamu desain dan mainkan warna pada desain dengan warna yang sesuai sehingga nyaman dilihat.

3. Buatlah sesuatu yang unik dan menarik

Membuat packaging makanan unik memang tak semudah membuat packaging makanan seperti biasa, karena kamu diharuskan dapat menciptakan packaging makanan dengan desain yang lain, sehingga itu dapat menyulitkan kamu dalam proses pembuatan.

4. Packaging makanan yang memiliki dua fungsi

Kamu juga harus bisa membuat packaging makanan dengan desain yang memiliki beberapa fungsi sehingga akan menjadi kelebihan tersendiri bagi produk yang kamu tawarkan. Misalkan membuat sebuah packaging kacang rebus dengan dua fungsi, beberapa sisi lainnya untuk wadah kacangnya, dan sisi lainnya untuk buang sampah kulit kacangnya. Kemasan seperti ini bisa menyadarkan konsumen untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah kulit kacang di sembarang tempat. Biasanya, packaging seperti ini juga dapat menjadi ide menciptakan packaging makanan unik. Kamu bisa mencoba membuat packaging makanan dengan dua fungsi yang bermanfaat sebagai wadah makanan dan minuman.

5. Buatlah packaging makanan yang memiliki pesan

Kamu juga sebisa mungkin menciptakan packaging yang mempunyai pesan tersendiri. Menyisipkan sebagian pesan lucu yang menjadi sebuah lelucon bagi konsumen. Sehingga kamu bisa menghibur konsumen dengan packaging makanan yang kamu buat.

Sudah banyak yang menggunakan packaging makanan unik dengan menyuguhkan pesan-pesan lucu atau bahkan gambar yang bisa menyampaikan pesan. kamu bisa mengambil nilai yang satu ini untuk membuat packaging makanan unik kedalam bisnis kamu.

6. Membuat packaging makanan unik dan praktis

Kamu juga dapat mengaplikasikan packaging makanan unik dan praktis, dikarenakan zaman sekarang banyak masyarakat membutuhkan sesuatu yang praktis. Untuk itu, tidak ada salahnya menciptakan sebuah packaging makanan unik dan praktis.

Tips Memilih Packaging Makanan

Packaging Makanan Unik - irppapercup - 2

1. Sesuaikan material packaging dengan kategori makanan yang akan kamu jual

Sebelum memikirkan design, hal ini lebih-lebih penting untuk dipertimbangkan sebab kalau tidak cocok bisa merusak makanan di dalamnya. Ada beraneka jenis material yang dapat kamu pilih, dari plastik, kertas, sampai alumunium foil.

2. Pilih packaging makanan yang sudah memiliki food grade

Pastikan packaging makanan kamu terhindar dari zat-zat berbahaya, dengan memutuskan packaging makanan yang sudah mempunyai food grade. Tentunya tidak berbahaya terhadap kesehatan pelanggan

3. Tentukan fitur yang akan digunakan pada packaging makanan

Packaging makanan mempunyai 3 fitur yakni vacuum, zipper, dan valve. Vacuum dapat digunakan untuk mengurangi udara yang masuk sehingga menambah ketahanan produk, zipper melindungi dari cahaya sinar matahari, dan valve dapat mengeluarkan udara dari packaging.

Packaging Makanan Unik Dan Kreatif Yang Membuat Konsumen Tertarik Membeli

Sebelum membeli sesuatu apa yang kamu lihat pertama kali? Pasti packagingnya bukan? Nah, itulah pentingnya desain packaging makanan unik untuk menarik pembeli. dengan desain kreatif, pastinya pembeli akan tambah penasaran dan berfikir untuk membelinya.

Packaging Makanan Unik - irppapercup - 3

1. Pentingnya packaging makanan unik

Sesudah membaca poin-poin penting mengenai beberapa produk packaging makanan unik di atas. Lebih bagus, kalau kamu juga mengetahui alasan mengapa packaging makanan benar-benar penting bagi sebuah produk. Ada tiga alasan penting kenapa packaging makanan unik itu penting dalam hal pemasaran menurut Iwan Warya dalam buku packaging yang menjual, adalah:

  1. Menjadikan loyalitas konsumen dengan memberikan manfaat psikologis dan emosional. Contohnya melalui keunikan sebuah logo pada packaging makanan.
  2. Packaging makanan unik juga bisa menjadi standar perusahaan untuk memastikan harga.
  3. Packaging makanan unik tentu membuat sebuah produk menjadi berbeda di tengah persaingan merek yang semakin ketat.

2. Kriteria packaging makanan unik

Selalu mempertimbangkan keindahan, sebuah desain packaging makanan unik yang ditujukan untuk penjualan sepatutnya memenuhi beberapa kriteria, antara lain:

  1. Stands out, kriteria yang paling penting yakni packaging makanan sepatutnya menonjol. Packaging makanan unik akan kehilangan fungsinya jika kurang menonjol, sebab suatu produk wajib bersaing dengan berpuluh-puluh produk lainnya dalam golongan yang sama di tempat penjualan. Salah satu metode yang dapat digunakan dengan penerapan warna yang benar, karena konsumen melihat warna jauh lebih cepat ketimbang memperhatikan format atau wujud. Kebanyakan konsumen lebih memperhatikan warna yang menonjol jikalau produk berada di tempat penjualan. Warna yang terang akan lebih menonjol, karena memiliki daya tarik dan dampak yang lebih besar.
  2. Contents, packaging makanan semestinya dapat memberikan kabar tentang isi kemasan dan apa yang terkandung dalam produk. karna, pada packaging makanan unik lazimnya dicantumkan kandungan nutrisi produk serta berapa kalori ketika konsumen mengkonsumsi produk tersebut.
  3. Distinctive, kamu harus membuat desain packaging makanan unik dan berbeda dengan produk pesaing.
  4. Suitable, desain packaging makanan unik sepatutnya cocok dengan produk yang dikemas.

Tips Packaging Makanan Unik Agar Produk Lebih Menarik

Di zaman yang semakin canggih ini tentu berimbas juga kepada dunia usaha terlebih UMKM. Penerapan bisa kita peroleh dengan packaging makanan unik yang terbuat dari kertas, styrofoam, kardus dan masih banyak lagi.

Packaging Makanan Unik - irppapercup - 4

Sudah banyak brand yang mengaplikasikan packaging makanan sebagai senjata dalam promosi supaya penjualan mereka melejit. Perihal ini pun dikarenakan perilaku pembelian konsumen yang membeli sebuah produk hanya dikarenakan packaging makanan unik dan menarik, bukan karena produk itu sendiri. Oleh karna itu, kamu harus bisa menciptakan packaging makanan unik agar tak kalah saing dengan para kompetitor.

Menggunakan packaging makanan unik ini bisa kamu terapkan untuk beberapa macam produk makanan. Mulai dari makanan ringan seperti kerupuk, produk frozen food seperti nugget, siomay, dan lain sebagainya. Juga bisa kamu coba dengan menggunakan packaging makanan unik ini untuk produk makanan yang perlu dihangatkan dengan microwave, seperti makanan instan. Keunikan yang dapat kamu perlihatkan dari kemasanmu yakni visualnya ataupun formatnya.

Dengan memanfaatkan packaging makanan unik, penjualan kamu bisa dilakukan dengan lebih baik. Tetapi ini juga tentunya bisa membantu branding kamu sehingga konsumen lebih mengetahui dan berkeinginan untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Ini bahkan berkenaan dengan fungsi packaging makanan unik sebagai alat promosi. Cukup biarkan produk kamu yang dikemas dengan indah terpajang pada rak display supermarket, dan packaging makanan yang sudah kamu buat akan menarik konsumen dengan sendirinya.

Packaging makanan unik bisa dikatakan berperan sebagai garda paling depan penjualan. Karena packaging ialah hal pertama yang diamati dan dikenali oleh konsumen, sebelum mereka benar-benar mengenal dan mencoba produk yang ada di dalamnya. Karena bisa memastikan seperti apa packaging makanan unik yang dapat kamu terapkan pada brand kamu, kamu bisa coba memakai sebagian cara berikut. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Berikan warna yang solid

Salah satu tren packaging makanan unik di era sekarang ini adalah menerapkan warna solid yang fresh. Dimana cuma ada satu warna yang dipakai. Selain bisa memilih tipe warna yang bright dan bold supaya dapat memancing perhatian konsumen, dan terlihat lebih menarik ketika disandingkan dengan produk dari brand lain.

2. Menyelipkan cerita

Apabila konsumen memiliki tingkat keingintahuan yang lebih besar. Mereka tidak cuma berkeinginan mengkonsumsi produk kamu saja. Juga mereka bahkan ingin mengenal tentang bagaimana produkmu diolah, darimana kamu menerima bahan baku, apa value dari brand kamu. Perihal demikian tentunya dapat kamu selipkan dalam packaging makanan untuk menjadikan packaging makanan unik.

Untuk melakukan branding yang tepat sasaran, kamu bisa menuangkan cerita perihal brand atau produk yang kamu buat serta kamu juga dapat menambahkan logo supaya packaging makanan unik dan brand kamu merekat di daya ingat konsumen. Pembuatan logo ini pun tentunya patut kamu sesuaikan dengan sasaran konsumen supaya bisa kelihatan lebih menarik dan nantinya mereka berkeinginan membeli produk yang kamu jual.

3. Menerapkan nama produk di komponen depan dan tengah kemasan

Dengan menerapkan nama produk sebagai highlight utama, salah satu cara lain yang dapat kamu coba untuk menghasilkan packaging makanan unik ialah dengan mengaplikasikan nama produk di komponen depan dan tengah packaging makanan.

Pastikan memakai font juga tipografi supaya tampilannya nampak lebih menarik dan juga ukuran yang kamu pakai telah sesuai dan bisa diamati dari kejauhan oleh konsumen.

4. Gambaran produk

Buatlah konsumen dapat membayangkan produk yang kamu jual hanya dengan mengamati packaging makanan saja. Untuk membuatnya menjadi packaging makanan unik, kamu bisa menggunakan ilustrasi kecil yang membuktikan produk kamu. Menunjukan isi produk, hal ini malahan dapat menambah poin artistik pada packaging makanan unik yang kamu gunakan.

Membuat dan memanfaatkan ide baru dalam pembuatan packaging makanan unik yang sudah diceritakan, perlu diingat juga sekiranya packaging makanan yang kamu buat wajib unik dan jelas. konsumen saat ini lebih concern dengan hal-hal yang berkaitan dengan manfaat dari sebuah produk.

Umumnya berdasarkan studi, sebanyak 85% konsumen merasa bahwa keputusan pembelian mereka bertumpu pada informasi yang tercantum pada packaging makanan yang hendak mereka beli.

Desain packaging makanan unik dan simpe adalah hal mendasar yang dibutuhkan oleh packaging makanan unik yang nantinya akan kamu buat. Contoh tak hanya itu saja, penggunaan visual yang menarik pun perlu kamu lakukan.

Jika tampilannya kurang menarik, dapat dipastikan konsumen malahan enggan untuk membelinya. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan bahasa yang pantas pada packaging makanan unik, dengan sasaran konsumenmu supaya mereka lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Yuk temukan beragam rekomendasi Paper Cup di IRPPAPERCUP.COM

Leave a Reply