Blog

Lupakan Plastik! Kini Saatnya Beralih ke Paper-based Packaging

Lupakan Plastik! Kini Saatnya Beralih ke Paper-based Packaging, Bagi anda yang mempunyai bisnis online, tentunya perlu memperhatikan berbagai aspek dalam penjualan. Selain tentu saja memerhatikan kualitas produk, ada baiknya anda mulai melirik nilai estetika dari packaging produk anda. Di awal-awal online shop trending, plastik warna-warni menjadi pilihan utama dalam proses pengemasan. Namun, kemasan jenis ini berdampak buruk bagi lingkungan. Sebagai solusinya, pada akhir tahun 2019 paper-based packaging mulai menjadi trend di kalangan online sellers. Jenis paper-based packaging sendiri ada banyak, diantaranya paper bag, hard box, custom box, paper lunch box, dan paper cup.

Paper Bag dapat digunakan sebagai kemasan produk baik fashion, aksesori, sampai makanan. Biasanya paper bag berbentuk persegi panjang dan bagian atasnya menguncup. Sebagian memiliki tali dan sebagian tidak. Desain paper bag dapat disesuaikan dengan perusahaan dan biasanya diprint menggunakan digital printing.

Jenis yang lain seperti hard box dan custom box biasanya berbahan dasar kardus atau kertas sangat tebal dan dibentuk menjadi boks. Produk yang sedang marak menggunakan box sebagai packaging nya adalah produk-produk fashion. Tak lupa, para owner online shop biasanya menyisipkan gift dan menempelkan stiker diantara penutup dan badan box sebagai pengganti selotip. Baik desain box maupun stiker nya juga dapat dibuat menggunakan digital printing.

Untuk paper lunch box dan paper cup, keduanya biasa digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman. Anda yang memiliki bisnis di bidang Food and Beverage pasti sudah mengenal jenis packaging ini, bukan? Sama seperti contoh-contoh sebelumnya, desain paper lunch box dan paper cup juga dapat anda dapatkan dengan digital printing.

Bagi anda yang masih menggunakan kantong plastik atau bahan-bahan plastik lainnya mungkin dapat mulai mempertimbangkan untuk beralih ke paper-based packaging. Selain bentuk kepedulian terhadap lingkungan, brand anda juga akan lebih dikenal saat anda mencantumkannya pada kemasan yang anda gunakan

Sumber:
https://www.kompasiana.com/marzha59002/600e92d3d541df19430d6452/lupakan-plastik-kini-saatnya-beralih-ke-paper-based-packaging

Kreator: Zhataksara

Baca Juga : Packaging Makanan Unik Agar Produk Terlihat Menarik

Leave a Reply