Blog

8 Jenis Packaging Makanan Untuk Memikat Pembeli

Jenis Packaging Makanan Untuk Memikat Pembeli, Ketika membicarakan tentang makanan memang tidak jauh dengan jenis packaging makanan yang mengemasnya. Packaging makanan pun sangat beragam dengan manfaatnya masing-masing.

Tapi tidak segala jenis packaging makanan akan sesuai dengan produk makanan yang dipasarkan. Ada sebagian persyaratan yang wajib dipenuhi dalam memilih jenis packaging makanan untuk produk kuliner.

Para pelanggan restauran atau kedai makanan, mungkin kini banyak yang memilih untuk membawa pesanan mereka pulang dan menikmatinya di rumah. Selain kekawatiran dan prosedur kesehatan yang mesti dilakukan dimasa pandemi ini.

Beberapa jenis packaging makanan yang anti tumpah, nyaman dibawa, sesuai untuk ukuran makanan, tampilan yang menarik dan seterusnya, perlu kamu amati. Jika saat ini kamu sedang menetapkan jenis packaging makanan yang sesuai untuk memulai sebuah bisnis.

Jangan sembarangan memilih jenis packaging makanan, ada klasifikasi jenis packaging makanan yang sesuai untuk mengemas makanan.

Masih bingung dalam memilih jenis packaging makanan? Simak artikel ini untuk lebih mengenal jenis packaging makanan yang aman, tidak merubah rasa makanan dan layak untuk pengiriman jarak jauh.

8 Jenis Packaging Makanan Sebagai Referensi Bisnis Kuliner

1. Gable box

Jenis packaging makanan yang pertama yaitu gable box. Seperti namanya, jenis packaging makanan ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Bahannya terbuat dari karton dan terdapat tentengan di bagian atas.

Walaupun dengan ukuran yang cukup besar, rupanya gable box ini memiliki ukuran standar dan ideal untuk jenis makanan tertentu. Bisnis kuliner yang sering mengaplikasikan gable box ini di antaranya yaitu bisnis kue, seperti brownies, kue bolu, muffin, hingga cupcake.

Di negara tertentu, Jenis packaging makanan gable box umumnya dipakai untuk kemasan kue donat, bisa juga digunakan untuk bungkus kado istimewa kepada sahabat, keluarga, maupun kekasih dengan memberinya hiasan pita dibagian samping.

2. Paper lunch box

Jenis packaging makanan berikutnya yaitu lunch box, mungkin sering kamu jumpai untuk jenis makanan tertentu seperti makanan khas Jepang dalam bentuk bento. Bento sendiri terdiri dari paket lauk dan nasi seperti ayam, salad, karaage, dan lain sebagainya.

Bahan luarnya terbuat dari karton, tapi tempat meletakkan makanan terbuat dari mika. Tempat makanannya mempunyai sekat untuk membagi setiap tipe makanan. Jadi, lauk yang ada tidak akan bercampur satu sama lain. Jenis packaging makanan ini sangat mudah dibawa. Sehingga, kamu dapat meletakkan logo bisnis pada komponen luarnya.

3. Standing pouch

Selanjutnya standing pouch. Keunggulan jenis packaging makanan yang satu ini yaitu mempunyai bentuk yang ramping, Kemasan seperti ini sangat sesuai dipakai untuk makanan instan ataupun yang berbentuk bubuk.

Sebelumnya, standing pouch biasanya berwarna cokelat. Tetapi, seiring berjalannya waktu, kini ada standing pouch yang transparan. Dengan begitu, calon pembeli atau konsumen dapat memperhatikan isi dari sebuah produk. Ada juga yang menghiasi kemasan komponen luar dengan warna-warna dan logo agar terlihat lebih menarik.

4. Food pail

Tak hanya paper lunch box saja, makanan Jepang maupun jenis masakan chinese food biasanya juga menerapkan packaging food pail. Di negara asalnya, jenis packaging makanan ini begitu populer serta dilengkapi dengan sumpit. tujuannya membuat konsumen lebih mudah menikmati makanan saat berada di perjalanan maupun saat berada di rumah.

Desainnya juga kelihatan simpel dan unik. Umumnya, food pail menerapkan warna-warna yang cerah untuk menarik konsumen, misalnya warna merah dengan mencantumkan logo atau warna kuning terang untuk menunjukkan jenis makanan tertentu.

Baca Juga : Packaging Makanan Unik Agar Produk Terlihat Menarik

5. Paper bowl

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner berkuah, paper bowl sangat sesuai untuk digunakan. Misalnya mie ayam, bakso, ataupun digunakan untuk rice box dengan bumbu-bumbu kuah.

Ciri khas dari jenis packaging makanan ini yaitu berbentuk bulat serta dibuat dengan bahan khusus, yakni kertas yang tahan panas. Biasanya tersedia juga paper bowl dalam berbagai macam warna yang menarik dan menggugah selera siapa saja yang akan merasakan kuliner tersebut.

6. Plastik dove

Jenis packaging makanan kekinian yang menggunakan plastik dove biasanya mempunyai ketebalan, sehingga dapat melindungi makanan dengan baik dan mencegah kebocoran. Beberapa macam makanan yang bisa menggunakan kemasan ini yaitu donat, biskuit, roti, dan lain sebagainya.

7. Paper bag

Paper bag disebut juga dengan kemasan food to go. Dikarenakan bentuknya yang gampang dibawa dan begitu sederhana. Sekilas kemasannya seperti kantung, bahan yang digunakan yaitu kertas anti minyak dan anti air.

Jenis packaging makanan ini biasanya dijumpai untuk membungkus makanan cepat saji seperti burger, kentang, dan lainnya. Paper bag sangat layak bagi kamu yang akan membuka bisnis fast food.

8. Alumunium foil cup

Jenis packaging makanan terakhir untuk bisnis yaitu almunium foil cup. Kemasan alumunium foil cup mulai diketahui banyak orang dalam beberapa waktu belakangan. Apalagi dengan maraknya masakan yang pengolahannya dengan cara dipanggang. Beberapa di antaranya yaitu spaghetti, lasagna, dan lain sebagainya.

Alumunium foil cup akan mempermudah kamu dalam meletakkan makanan. Keunggulannya yaitu cukup praktis dan membuat bentuk makanan tidak berubah. Sehingga, tampilannya akan semakin menarik dan membuat makanan menjadi tahan lebih lama.

Itulah 8 jenis packaging makanan untuk memikat pembeli yang sesuai untuk bisnis kamu. sudahkah kamu memutuskan akan menerapkan jenis packaging makanan yang mana? Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk temukan beragam rekomendasi Paper Cup di IRPPAPERCUP.COM

Related Posts

Leave a Reply